5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda | Page 2 | Qerja

5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda

Qerja, 4 years ago
5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda

Mengakomodir rekan kerja yang tidak punya etika juga akan menganggu peningkatan karir Anda. Pekerjaan Anda akan terbengkalai dan Anda akan dimarahi bos.

Lebih baik Anda menegur rekan Anda itu baik-baik, atau pura-pura sibuk menelpon saat dia mendekati meja Anda.

4. Lari Dari Tanggung Jawab
Rekan kerja seperti ini adalah bencana bila ditempatkan dalam satu tim dengan Anda. Dia akan melemparkan tanggung jawab kepada orang lain bila tak dapat menyelesaikan pekerjaan. Saat dimarahi bos, dengan berbagai alasan kemungkinan dia akan menyalahkan Anda dan anggota tim lainnya.

Cara yang bisa dilakukan adalah bekerja sama dengan anggota tim lainnya untuk saling mengawasi tugas, dan selalu update lewat email. Itu untuk menghindari rekan yang lari dari tanggung jawab menyalahkan Anda atau rekan lainnya.

Bagaimana bila Anda harus bekerja dengannya berdua saja? Pastikan pembagian kerja antara Anda dan rekan Anda itu jelas, sehingga Anda tidak akan jadi kambing hitam.

Bila cara ini gagal, lebih baik Anda terus terang pada bos tentang kondisi yang sebenarnya terjadi. Atasan Anda pasti bisa mengerti.

5. Kerabat Atasan
Ada kalanya perusahaan yang Anda tempat Anda bekerja adalah milik keluarga, di mana kerabat dan keluarga atasan akan bekerja dengan Anda. Hampir sama dengan tipe rekan kerja yang sok senior, kerabat atasan biasanya sering sewenang-wenang pada karyawan lain. Posisi mereka juga lebih kuat karena bisa langsung melapor pada atasan Anda.

Supaya karier Anda tidak mandeg, hanya dua hal yang bisa dilakukan. Yang pertama mencoba menjalin hubungan baik dengan mereka dan melakukan pendekatan. Bila Anda bisa membawa diri, mereka akan mendukung karier Anda ke tempat yang lebih baik lagi, karena dianggap bisa dipercaya dan cocok dengan mereka. 

Tidak bisa bermanis-manis dengan mereka? Satu-satunya jalan dengan keluar dari kantor tersebut dan mencari kantor yang lebih professional dalam hal urusan kepegawaian. 

Menghadapi rekan kantor dengan lima tipe di atas memang terkesan ribet. Namun bagaimana Anda bisa membawa diri saat menghadapi rekan kerja seperti akan menentukan bagaimana nasib karier Anda di masa depan.

BACA JUGA:
5 Tipe Rekan Kerja yang Menyebalkan
5 Aturan Menjalin Cinta dengan Teman Kerja
Menghadapi Anak Buah yang Kinerjanya Buruk
5 Trik Terlihat Percaya Diri Meski Sebenarnya Tidak
4 Alasan Tak Perlu Takut Berhenti Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next