Tips Liburan Dengan Budget Di Bawah 1 juta | Qerja

Tips Liburan Hemat Dengan Budget Di Bawah Rp1 juta

Eka Utami, 1 year ago
Tips Liburan Hemat Dengan Budget Di Bawah Rp1 juta

Mau liburan, tapi budget hanya Rp 1 juta? Pasti bisa kok! Asalkan bisa menyiasati beban biaya perjalanan yang timbul dari akomodasi liburan yang kita lakukan.

Jadi, mesti kantong lagi tipis, Anda tetap bisa refreshing di dalam atau di luar kota. Berikut adalah beberapa tips liburan hemat dengan budget di bawah Rp1 juta.

Staycation

Kalau mau liburan hemat dengan budget di bawah Rp 1 juta, pilih lokasi wisata di dalam kota saja. Anda bisa merancang staycation dengan mengunjungi tempat menarik. Misalnya, untuk Anda yang tinggal di Jakarta, bisa pergi ke Kepulauan Seribu di akhir pekan.

Anda dapat mengajak beberapa teman untuk mengikuti paket wisata dua hari satu malam yang biasanya dimulai dengan harga Rp 800 ribuan. Ide staycation lainnya adalah “pindah tidur” di hotel yang dekat dengan destinasi wisata atau tempat penyelenggaraan festival di dalam kota.

Jadi, sekali berlibur, Anda bisa menikmati tidur di tempat yang nyaman, berenang atau nge-gym di fasilitas hotel, bahkan bisa berjalan kaki menuju lokasi wisata.

Gunakan Transportasi Massal

Tips Liburan Hemat dengan Bujet di Bawah Rp 1 juta
Sumber: Pixabay

Kalau budget liburan hanya Rp 1 juta, tapi tetap ingin jalan-jalan ke luar kota, maka Anda harus bisa berhemat sejak memulai perjalanan. Pilih moda transportasi massal seperti kereta api kelas ekonomi. Anda sudah bisa pulang-pergi Jakarta-Yogyakarta dengan mengeluarkan ongkos kereta tidak sampai Rp 200 ribu. Bahkan, Anda juga bolak-balik Jakarta- Surabaya dengan kereta ekonomi yang ongkosnya sekitar Rp 300 ribu saja.

Memang, Anda harus bertahan dalam perjalanan panjang di tempat duduk yang tidak terlalu nyaman. Maka, Anda harus mempersiapkan diri untuk perjalanan hemat ini dengan membawa bantal leher, dan jaket tebal.

Menginap di Hostel

Tips Liburan Hemat dengan Bujet di Bawah Rp 1 juta
Sumber: Pixabay

Keuntungan memilih hostel sebagai tempat menginap adalah harganya yang murah dan pasti masuk ke dalam budget Anda yang hanya Rp 1 juta. Wisatawan yang menginap di hostel hanya dikenakan biaya per kasur, bukan per kamar.

Namun, hemat biaya harus “dibayar” dengan kehilangan privasi di dalam kamar karena mesti berbagi ruang tidur dengan orang lain yang tidak dikenal. Tetapi, buat backpacker yang hanya butuh tempat numpang tidur, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Justru hostel akan membuat Anda bisa bertemu orang baru yang bisa jadi teman jalan-jalan yang asyik.

Baca Juga: Kapan Waktu Liburan yang Tepat Bersama Keluarga?

Pilih Kota Tujuan yang Murah

Di tempat tujuan wisata nanti, Anda juga perlu memikirkan biaya makan-minum dan perjalanan dalam kota. Makanya, saat merencanakan perjalanan, Anda juga perlu memikirkan kota tujuan yang menawarkan tempat wisata menarik sekaligus biaya hidup yang murah.

Kunjungilah Yogyakarta, di mana Anda bisa mengelilingi kota, mengunjungi museum, candi, dan tugu dengan biaya transportasi bus trans hanya Rp 3.500 untuk sekali perjalanan. Anda juga bisa mampir ke Kediri, dan bisa mencicipi kuliner lokal sampe kenyang dengan merogoh kocek Rp 5 ribu saja. Hemat kan!

Jadi, biaya makan dan kendaraan yang Anda keluarkan cukup ke dalam keseluruhan budget perjalanan yang hanya Rp 1 juta.

Ikut Open Trip

Trik liburan hemat dengan budget Rp 1 juta yang lainnya adalah dengan mengikuti open trip ke destinasi wisata tertentu. Saat ini banyak agen perjalanan yang menawarkan paket open trip ke tempat menarik.

Anda hanya butuh mengeluarkan Rp 800 ribuan untuk dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata di Sukabumi. Bahkan, sengan hanya Rp 600 ribuan saja, Anda sudah bisa menyelam di spot snorkeling terbaik di Lampung.

Selain murah, keuntungan ikut open trip lainnya adalah rencana perjalanan wisata yang diatur dengan baik. Anda hanya perlu membayar dan menikmati perjalanan. Agen perjalanan pasti sudah memilihkan berbagtempat tujuan wisata populer di kalangan turis. Selain itu, biaya paket wisata yang Anda bayarkan juga sudah termasuk makanan dan minuman.

Batasi Oleh-oleh

Kalau budget liburan Anda hanya Rp 1 juta, jangan berharap bisa membelikan oleh-oleh untuk banyak orang. Beli buah tangan untuk kaluarga dan teman terdekat saja.

Jika biaya transportasi dan akomodasi Anda sudah mencapai Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribu, maka sisa uang untuk oleh-oleh paling hanya Rp 100 ribu saja. Salah satu ide oleh-oleh hemat tapi tetap istimewa misalnya, satu kotak camilan khas kota tujuan wisata yang bisa dimakan beramai-ramai.

Nah, tunggu apa lagi? Anda tidak perlu menunggu uang tabungan menggunung. Anda bisa liburan di akhir pekan ini dengan budget di bawah Rp 1 juta saja. –Qerja

Baca Juga: Liburan di Jakarta dengan Budget Rp 500 ribu? Pilih Tempat Wisata Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next