Pindah Kerja atau Tetap di Zona Nyaman, Pilih Yang Mana Ya? | Qerja

Pindah Kerja atau Tetap di Zona Nyaman, Pilih Yang Mana Ya?

Eka Utami, 4 months ago
Pindah Kerja atau Tetap di Zona Nyaman, Pilih Yang Mana Ya?

Salah satu dilema di dunia kerja terjadi ketika kita mendapat kesempatan untuk pindah perusahaan, tetapi masih berat meninggalkan segala hal yang sudah dicapai selama ini. Godaan ini muncul saat kita sedang jenuh atau terjebak pada pekerjaan, meski sudah menduduki posisi mapan.

Namun, keputusan pindah kerja atau tetap di zona nyaman memang harus didasari alasan yang kuat. Berikut beberapa alasan pindah kerja dan meninggalkan zona nyaman.

Mengembangkan Diri

Dengan memilih keluar dari zona nyaman, artinya Anda telah berani mengambil risiko. Seketika itu juga Anda sudah mengalahkan rasa takut akan kegagalan.Memang, keputusan pindah kerja belum tentu menjadi pilihan yang terbaik.

Tetapi, jika Anda tetap gagal setelah pindah kerja, maka Anda akan terus belajar. Bila bisa mengambil pengajaran pada setiap pengalaman, maka Anda akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan pekerja yang lebih tangguh. Semua itu dimulai dengan keberanian mengambil risiko keluar dari zona nyaman.

Mencapai Puncak Performa Kerja

Saat melangkah keluar dari zona nyaman di tempat kerja baru, Anda akan menghadapi tantangan baru. Bisa jadi tantangan kali ini di luar ekspektasi Anda.

Saat mencoba menaklukan tantangan, Anda akan berpikir kreatif di “luar kotak” dan mengambil langkah yang berisiko kegagalan. Hal ini akan membuat Anda merasa cemas dan sedikit takut.

Kecemasan tidak selalu berakibat buruk. Berdasarkan sebuah studi diterbitkan dalam Journal of Individual Differences yang kami kutip dari Forbes.com, orang yang melihat tekanan sebagai tantangan justru mendapatkan energi dari kecemasan.

Peningkatan energi memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja. Jadi, tak heran jika orang yang  keluar dari zona nyaman, bisa berhasil di pekerjaan baru.

Memperluas Jaringan

Pindah Kerja atau Tetap di Zona Nyaman?
Sumber: Fotografielink

Setelah pindah ke perusahaan baru, Anda akan mengenal lebih banyak orang. Dengan bergaul, berdiskusi, dan bekerja sama dengan kolega baru, maka Anda akan menambah wawasan lebih luas dibandingkan saat berdiam di dalam zona nyaman.

Lebih dari itu, jaringan kerja yang luas akan bermanfaat untuk karir Anda di masa mendatang. Orang-orang di dalam jaringan Anda bisa memberikan dukungan, bimbingan, kesempatan, dan status dalam dunia kerja.

Baca Juga: Empat Tanda Anda Terlalu Nyaman dengan Pekerjaan

Jadi, keluar dari zona nyaman bisa membuat Anda lebih berani, mengasah kreativitas, mendorong performa kerja sampai menemukan optimal sampai jaringan baru. Dengan begitu, Anda akan bisa membuat lompatan besar dalam karir.

Beberapa alasan di atas bisa jadi memperkuat keyakinan Anda untuk segera pindah kerja. Tapi, bertahan di zona nyaman bukan hal yang buruk juga. Berikut beberapa pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Masih Bisa Tumbuh dan Berkembang

Tinggal di dalam zona nyaman bukan berarti stagnan. Anda bisa mencoba untuk tumbuh dan berkembang. Cobalah untuk mengevaluasi diri dan mencari tahu kekurangan dalam pekerjaan selama ini. Jangan-jangan Anda belum memaksimalkan segala kemampuan.

Kemudian, Anda mulai untuk memfokuskan energi dan perhatian pada pekerjaan. Pilih (atau minta pada atasan) tugas yang paling dikuasai, sehingga Anda bisa mendedikasikan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan dengan baik. Setelah itu, Anda baru dapat mengetahui seberapa besar kontribusi yang bisa Anda berikan pada perusahaan.

Waktu Belum Tepat

Pindah Kerja atau Tetap di Zona Nyaman?
Sumber: Geralt

Kehidupan Anda bukan hanya seputar pekerjaan. Anda juga memiliki masalah pribadi di luar tugas-tugas kantor yang menumpuk. Mungkin saat ini Anda masih punya banyak cicilan, butuh dana untuk sekolah anak, atau mengurus orantua yang sakit.

Ketika masalah di luar pekerjaan masih terlalu banyak, sebaiknya Anda tidak keluar dari zona nyaman. Tunggu sampai semua keadaan stabil, baru kemudian Anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba tantangan baru.

Zona Nyaman Adalah Tempat Aman

Pekerjaan yang sedang Anda jalani sekarang adalah zona nyaman yang membuat Anda merasa paling aman. Anda sudah begitu mengenal dan menguasai pekerjaan ini. Anda tahu bagaimana harus bertindak. Anda bisa memprediksi tantangan yang akan datang di depan mata.

Saat masalah datang, Anda bahkan punya cara untuk menghadapi stres. Jadi, untuk apa keluar dari zona nyaman? Anda bisa tetap bertahan dan menciptakan “rumah” yang lebih baik lagi.

Jadi, apakah Anda sudah bisa memutuskan memilih pindah kerja atau tetap bertahan di zona nyaman? Semoga Anda dapat pilihan terbaik untuk karir ke depan. –Qerja

Baca Juga: Ancaman Zona Nyaman Bagi Kesuksesan Anda



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next