Lima Tanaman Untuk Menghiasi Meja Kerja Kantor | Qerja

Lima Tanaman Untuk Menghiasi Meja Kerja Kantor

Eka Utami, 9 months ago
Lima Tanaman Untuk Menghiasi Meja Kerja Kantor

Tanaman di dalam kantor bukan hanya sebagai penghias ruangan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat lainnya. Menurut Gitanjali Rajamani, CEO GreenMyLife yang dikutip dari Indiatimes.com, tanaman di ruang kerja telah terbukti meningkatkan kualitas udara, meningkatkan fokus pekerja, meningkatkan kreativitas, menurunkan stres, menstabilkan suasana hati, dan bahkan mengurangi kasus demam dan batuk pada karyawan.

Lebih dari itu, menurut penelitian, tanaman di kantor bisa meningkatkan produktivitas sekitar 20-45 persen. Jadi, kita bisa memanfaatkan tanaman untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja di kantor.

Meski perusahaan sudah menghiasi sudut ruangan dengan berbagai tanaman, tampaknya kita juga butuh sedikit warna hijau yang menyegarkan di meja kerja. Berikut ini adalah beberapa pilihan tanaman yang cocok untuk menghiasi meja kerja.

Kaktus

Jenis kaktus yang cocok untuk dipajang di meja kerja adalah kaktus yang hanya bisa tumbuh maksimal 6-20 sentimeter. Tanaman ini bisa membantu membersihkan udara di sekitar Anda, dan memperbaiki suasana hati.

Perawatan kaktus di meja kerja Anda sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan air pada tanaman setiap dua hingga tiga pekan sekali, atau di saat tanahnya terlihat kering. Jadi, kaktus Anda akan baik-baik saja meski ditinggal cuti –asalkan tidak ada orang lain yang iseng menyiram tanaman berlebihan-. Selain itu, kaktus butuh sinar matahari penuh, atau bisa diakali dengan tambahan lampu di atas meja.

Bambu Mini

Bambu mini adalah salah satu pilihan tanaman untuk dekorasi meja kerja yang sempurna. Sebagian orang percaya bahwa bambu mewakili elemen kayu yang akan membawa keberuntungan. Tanaman ini akan menciptakan perasaan aman dan sejahtera.

Tanaman ini perlu lebih banyak perhatian daripada kaktus. Anda harus memastikan media tanam bambu cukup air. Selain itu, bambu membutuhkan sinar matahari yang cukup, tapi harus dijauhkan dari AC dan sumber pemanas. Bambu mini juga perlu dipangkas secara teratur.

Baca Juga: 7 Benda Pengusir Stress Yang Harus Ada di Meja Kerja Anda

Lidah Buaya Mini

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mampu menyerap zat kimia di udara. Jika tanaman lidah buaya menunjukkan bintik coklat, artinya kadar bahan kimia di sekitar Anda sudah berlebihan. Selain itu, lidah buaya juga bagus untuk kesehatan kulit. Anda bisa memotong lidah buaya dan menggosokkannya di area yang luka atau eksim.

Tanaman ini cukup kuat dan tidak mudah mati. Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus atau penyiraman ekstra.

Lidah Mertua

Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, ada yang menyebut lidah mertua atau pedang-pedangan. Sedangkan nama latin tanaman ini adalah Sansevieria. Lidah mertua cocok diletakkan di meja kantor, sudut ruang kerja, dan bahkan pabrik. Tanaman ini bisa menyerap berbagai jenis racun yang terkandung di udara seperti formaldehyde, xylene, toluene, serta nitrogen oksida, dan sebagai gantinya, ia akan melepaskan oksigen.

Lidah mertua juga tidak memerlukan perawatan yang merepotkan. Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari.

Lili Paris

Seperti lidah mertua, lili paris juga berperan sebagai pembersih udara alami di sekeliling meja kerja Anda. Menurut sebuah penelitian, satu pot lili paris bisa menjadi filter udara di ruangan seluas 200 kaki. Berdasarkan riset NASA, lili paris mampu menghilangkan 90 persen formaldehyde di udara di sekitarnya. Tanaman ini juga dapat mengurai benzena dan nikotin dalam tembakau.

Kabar baiknya lagi, lili paris adalah tanaman mudah tumbuh dan perawatan pun tak sulit. Tanaman ini cocok untuk pemula.

Umumnya, tanaman yang cocok buat menghiasi meja kerja bisa memberikan warna yang menyegarkan, memiliki manfaat kesehatan seperti membersihkan udara, dan mudah dirawat. Selain tanaman berdaun hijau di atas, Anda juga bisa memilih beberapa jenis bunga untuk mempercantik meja kerja seperti baby breath dan anggrek. Namun, Anda perlu menyediakan waktu dan tenaga lebih banyak untuk mengurusnya. Pilihlah tanaman yang paling cocok untuk meja kerja Anda. –Qerja

Baca Juga: Empat Manfaat Keberadaan Tanaman di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next