Pilihan Rempah Alami Untuk Menjaga Kesehatan | Qerja

Pilihan Rempah-Rempah Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami

Eka Utami, 2 months ago
Pilihan Rempah-Rempah Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami

Pekerjaan sehari-hari membuat kita sibuk dan terkadang melupakan kesehatan. Ketika tubuh lelah tanpa diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga, maka kita akan merasakan sakit. Untuk mengatasi masalah dengan cepat, kita akan langsung mengambil obat dan menjadi sehat kembali.

Namun, sebenarnya kita punya pilihan untuk menjaga kesehatan dengan lebih alami. Berikut beberapa jenis rempah yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.

Jahe

Rempah-Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami
Sumber: 1195198

Pada saat cuaca dingin, Anda bisa meminum minuman jahe untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Air jahe yang ditambah irisan lemon atau madu akan memberi tambahan manfaat vitamin C dan antibakteri pada tubuh. Selain itu, jahe bisa menjadi obat alami untuk flu dan pilek secara alami.

Selain itu, rempah ini juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit hingga membantu mencegah kanker usus besar. Jahe juga bisa mengurangi rasa mual.

Kunyit

Kunyit biasa terdapat dalam makanan berkuah kuning. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jamu untuk kesehatan. Rempah ini dipercaya bisa meredakan radang sendi dan menghilangkan rasa sakit. Khasiat kunyit dalam menghilangkan rasa sakit disebut lebih baik dari aspirin dan ibuprofen.

Beberapa studi terakhir menyebutkan bahwa kunyit juga bisa memberikan efek antioksidan yang dapat mencegah kerusakan hati akibat racun. Belakangan, para peneliti sedang mencari tahu manfaat kunyit untuk mengobati iritasi usus besar.

Baca Juga: Tips Memulai Kebiasaan Minum Air Putih di Kantor

Kayu Manis

Rempah-Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami
Sumber: Mareefe

Kayu manis yang terkandung dalam kue dan ditaburkan di atas minuman Anda ternyata berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Rempah ini juga bermanfaat sebagai anti-peradangan alami sehingga dapat mencegah berbagai penyakit autoimun dan kanker.

Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah, lemak jahat, dan kolesterol dalam darah. Jika gula dalam darah seimbang, maka akan berkontribusi pada penurunan berat badan. Dengan begitu, Anda akan lebih sehat.

Pala

Rempah ini ternyata bisa membantu mengatasi insomnia. Anda bisa menambahkan sejumput pala dalam segelas susu yang dikonsumsi sebelum tidur. Dengan mendapat tidur yang cukup, Anda akan lebih sehat dan bisa menghadapi hari kerja dengan lebih baik.

Selain itu, pala dikenal sebagai rempah yang efektif untuk mengobati depresi. Pala membantu menurunkan tekanan darah saat stres secara alami. Kandungan mineral yang ada di dalam rempah ini baik untuk mengatur sirkulasi dan tekanan darah. Pala juga dapat membantu memperbaiki suasana hati, dan bertindak sebagai tonik.

Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah yang biasa digunakan sebagi penyedap dalam makanan dan minuman. Cengkeh sering dimanfaatkan untuk perawatan gigi, dan masalah-masalah terkait gigi lainnya.

Rempah ini juga mengandung antioksidan alami. Cengkeh membantu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, dan menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Pada akhirnya, cengkeh bisa membant mencegah perkembangan penyakit kronis. Dengan mengonsumsi kue dan minuman mengandung cengkeh, Anda bisa lebih sehat.

Rempah-rempah ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Kita bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di alam untuk menjaga kesehatan. –Qerja

Baca Juga: Lima Langkah Diet Sehat Untuk Pekerja Kantoran



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next