Enam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata | Qerja

Enam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Eka Utami, 2 years ago
Enam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata penting untuk menunjang pekerjaan karyawan kantoran, terutama yang sering menatap layar komputer dalam waktu lama. Menyadari pentingnya kesehatan indra penglihatan, kita sudah melakukan berbagai cara untuk meminimalisir dampak kerusakan mata.

Misalnya, bekerja di tempat yang terang, mengatur posisi layar komputer, dan mengistirahatkan mata di sela pekerjaan. Namun, ada baiknya jika upaya menjaga kesehatan mata didukung dengan nutrisi dari dalam tubuh. Berikut beberapa pilihan makanan terbaik untuk kesehatan mata.

Ikan

Biasanya, orang berkedip setiap 10 detik untuk melepaskan “air mata” yang menenangkan dan melapisi mata. Tetapi, ketika Anda tidak sering berkedip karena menonton televisi , melihat tablet atau bekerja di depan layar komputer terlalu lama, maka mata akan kering. Nah, salah satu cara untuk menjawab masalah mata kering adalah dengan mengonsumsi ikan.

Berbagai jenis ikan, khususnya salmon, mengandung asam lemak omega 3. Lemak sehat ini baik untuk menambah kadar asam lemak pada retina, mencegah katarak dan degenerasi makula –satu kondisi di mana penglihatan kabur secara bertahap dan akhirnya menghilang-.

Telur

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata
Sumber: Pixabay

Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar. Kedua zat tersebut merupakan karotenoid yang terdapat pada retina yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari, asap rokok, dan polusi udara.

Berdasarkan sebuah studi yang dikutip dari situs Healthline.com, konsumsi 1,3 kuning telur per hari selama 4,5 pekan dapat meningkatkan lutein dalam darah sebesar 28-50 persen dan zeaxanthin sebesar 114-142 persen.  Selain itu, telur merupakan makanan sehat yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Sayuran Hijau

Selain telur, zat lutein an zeaxanthin juga ditemukan pada sayuran hijau. Menurut hasil penelitian yang dikutip dari situs WebMD.com, lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi kecacatan dan ketidaknyamanan akibat silau, meningkatkan kontras, dan mengurangi waktu pemulihan fotostres, dan dapat meningkatkan jangkauan visual.

Beberapa macam sayuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi adalah bayam, kale, brokoli, dan sawi. Anda bisa memasukkan sayuran tersebut ke dalam menu harian agar kesehatan mata selalu terjaga.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan dan Keluarga

Wortel

Wortel dikenal luas sebagai makanan yang baik untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A berperan penting dalam indera penglihatan sebagai komponen pada rhodopsin yang membantu Anda melihat pada malam hari. Selain itu, wortel juga mengandung lutein yang bisa mencegah degenerasi makula.

Banyak orang yang percaya kalau mengonsumsi sayuran mentah akan mendapat lebih banyak nutrisi daripada sayuran yang dimasak. Tetapi hal tersebut tidak berlaku pada wortel. Justru Anda harus mengonsumsi wortel yang dimasak agar tubuh bisa menyerap dan memanfaatkan beta karoten lebih efisien.

Kacang-kacangan

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata
Sumber: Pixabay

Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh termasuk sel-sel mata dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak.

Anda bisa memilih jenis kacang yang mengandung beberapa nutrisi sehat sekaligus. Misalnya, almond yang mengandung vitamin E dan omega 3 sekaligus. Selain almond, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi jenis kacang lain seperti kacang polong, kacang tanah, kacang merah, dan walnut.

Jeruk

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C. Vitamin C akan berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata Anda. Kandungan gizi pada jeruk ini juga dapat memerangi perkembangan katarak, dan risiko degenerasi makula.

Anda bisa mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus atau dimakan begitu saja sebagai camilan. Beberapa jenis jeruk yang bisa dicoba antara lain jeruk lemon dan jeruk bali.

Dengan mengonsumsi makanan terbaik yang mengandung nutrisi yang tepat, maka kesehatan mata Anda akan selalu terjaga. Mata yang baik akan mendukung pekerjaan Anda di kantor. –Qerja

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next