Lima Cara Menemukan Lowongan Kerja Tersembunyi | Qerja

Lima Cara Mudah Untuk Menemukan “Lowongan Kerja Tersembunyi”

Eka Utami, 1 year ago
Lima Cara Mudah Untuk  Menemukan “Lowongan Kerja Tersembunyi”

Setiap perusahaan punya cara yang berbeda dalam melakukan perekrutan tenaga kerja terbaik. Sebagian perusahaan berinovasi dengan memilih membuat “lowongan kerja tersembunyi” daripada mengiklankannya secara terang-terangan. Beberapa alasan yang mendasari perusahaan menerapkan strategi ini antara lain untuk menghemat uang untuk iklan, dan keinginan mendapatkan kandidat pegawai dari referral.

Buat Anda yang baru mengenal dunia kerja, mungkin belum terlalu hapal tentang gaya perekrutan semacam ini. Berikut cara menemukan “lowongan kerja tersembunyi” di perusahaan impian Anda.

Networking

Lima Cara Menemukan “Lowongan Kerja Tersembunyi”
Sumber: Pixabay

Salah satu tujuan berjejaring adalah untuk mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik. Anda bisa memperoleh banyak informasi tentang lowongan kerja yang tidak diiklankan perusahaan dari kolega. Jika beruntung, Anda malah akan mendapat rekomendasi dari orang yang sudah duduk di posisi tinggi di perusahaan.

Anda bisa mulai membangun jaringan dengan menghadiri berbagai acara yang memberi peluang untuk bertemu kolega. Anda bisa datang ke berbagai acara networking, mulai dari temu alumni, konferensi, pertemuan organisasi kamar dagang dan industri.

Selain itu,jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri undangan dari sepupu atau tetangga, siapa tahu pintu rezeki Anda ada di sana. Untuk mengoptimalkan usaha tersebut, Anda perlu berlatih cara menyisipkan informasi kelebihan dan keterampilan diri saat terlibat obrolan dengan kolega yang menyiratkan info lowongan.

Menjadi Sukarelawan

Salah satu cara untuk memulai hubungan dengan perusahaan impian adalah dengan menjadi sukarelawan. Jika perusahaan impian Anda membuka lowongan tenaga kerja lepas untuk sebuah event besar, maka cobalah untuk mendaftar.

Pekerjaan sukarelawan ini mungkin tidak sesuai dengan keahlian, atau bisa saja Anda hanya kebagian tugas membagikan flyer saja. Meski begitu, cara ini merupakan tiket Anda untuk mulai menjalin hubungan dengan perusahaan.

Saat acara berlangsung, Anda akan mengenal sejumlah orang yang sudah bekerja di perusahaan. Anda dapat mengekspresikan keinginan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Jika Anda menunjukkan kinerja yang baik sebagai sukarelawan,  seseorang akan memberikan rahasia lowongan kerja tersembunyi dan rekomendasi.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Mendaftar Lowongan Management Trainee?

Mencari Tahu Lowongan di Dalam Perusahaan

Jika Anda berminat menetap di perusahaan, tetapi untuk posisi yang berbeda, maka cobalah cari tahu lowongan kerja dari rekan di divisi lain. Anda bisa bertemu menemui teman kantor dari departemen lain di lift, atau di kantin saat makan siang. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu teman yang bisa jadi penghubung dengan karyawan di departemen yang diincar.

Setelah bertemu “orang dalam”, Anda bisa mengorek banyak informasi tentang lowongan kerja tersembunyi. Misalnya, jika ada kabar bahwa ada seseorang di departemen tersebut yang mengundurkan diri, maka hampir dipastikan perusahaan akan membuka lowongan. Sebelum perusahaan menyebarkan iklan, Anda bisa mengajukan diri untuk mengisi posisi yang kosong.

Menyalakan Peringatan Berita Baru

Kalau Anda sudah memilih satu atau dua perusahaan idaman, maka ikuti akun media sosial resmi dari perusahaan tersebut. Kemudian, Anda juga bisa menyalakan peringatan berita baru di Google tentang tempat kerja yang diincar. Google akan memasok berita terkini tentang perusahaan impian kepada Anda.

Anda harus jeli untuk membaca setiap berita dari perusahaan. Jika Anda mengetahui kabar bahwa perusahaan impian akan melakukan merger atau membuka kantor baru, artinya lowongan kerja teranyar akan segera dibuka.

Hal ini merupakan pertanda baik bahwa perusahaan sedang tumbuh dan berkembang. Selain itu, setelah memenuhi pikiran dengan berita terkini, maka Anda akan punya bahan obrolan saat wawancara kerja nanti.

Menghubungi Perusahaan Langsung

Lima Cara Menemukan “Lowongan Kerja Tersembunyi”
Sumber: Pixabay

Anda bisa memanfaatkan media sosial profesional untuk menemukan manajer perekrutan di perusahaan impian. Setelah itu, Anda dapat mengirim email –atau membuat janji untuk menelepon langsung- manajer tersebut. Anda bisa memperkenalkan diri, menjelaskan latar belakang pendidikan, dan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mungkin Anda tidak akan medapatkan pekerjaan pada saat itu juga. Tetapi, tindakan tersebut akan membuat Anda selalu diingat manajer perekrutan. Manajer menyenangi profesional yang bisa membuat perusahaan menghemat waktu dan biaya untuk perekrutan. Sebagai bonus, Anda bisa saja mendapat rekomendasi dari pejabat yang mengambil keputusan.

Jadi, jangan tunggu iklan lowongan kerja yang membutuhkan tenaga profesional seperti Anda. Kini saatnya Anda untuk “jemput bola”. Semoga Anda berhasil menemukan pekerjaan impian di perusahaan terbaik. –Qerja

Baca Juga: Tips Mencari Lowongan Kerja Di Jakarta Yang Bisa Kamu Lakukan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next