Cara Mengatasi Kesalahan Lamaran Kerja | Qerja

Cara Mengatasi Kesalahan Lamaran Kerja Yang Terlanjur Dikirim

Eka Utami, 5 months ago
Cara Mengatasi Kesalahan Lamaran Kerja Yang Terlanjur Dikirim

Setiap orang pernah berbuat kesalahan. Terkadang, kealpaan terjadi pada momen penting, salah satunya saat mengirim surat lamaran kerja. Celakanya, kita baru menyadari kesalahan tersebut setelah mengetuk tanda ‘send’ di email.

Untuk sesaat, kita akan menjadi panik. Kita mengutuk diri sendiri karena kecerobohan tersebut. Namun, kita harus segera bangkit, belajar dari kesalahan, dan berusaha memperbaikinya.

Jadi, jika Anda baru saja menyadari kesalahan dalam surat lamaran kerja yang baru saja dikirim, jangan stres. Berikut cara mengatasinya.

Abaikan Kesalahan Kecil

Jika kesalahan yang Anda lakukan hanya sedikit typo dalam beberapa kata, maka abaikan saja. Anda tidak perlu mengirimkan surat lamaran lagi dan meminta maaf. Mungkin, Anda tidak akan mendapat poin tambahan di mata perekrut. Paling-paling, perekrut hanya akan menilai Anda sebagai orang yang ceroboh karena melakukan kesalahan penulisan.

Alasan lain yang bisa membuat Anda sedikit lega meski telah mengirim surat lamaran yang mengandung typo, adalah jenis pekerjaan. Sebagai contoh, seseorang yang melamar untuk posisi manajer restoran tidak harus bisa menulis dan mengarang kalimat dengan sempurna.

Memang, perekrut tidak akan menyukai surat lamaran saat membacanya pertama kali. Namun, bila Anda bisa menunjukkan pengalaman kerja dan bukti keterampilan yang baik, maka ia juga akan mengabaikan typo di surat lamaran.

Kesalahan kecil seperti typo memang bisa dianggap sepele. Tetapi, bila kesalahan tata bahasa cukup banyak, maka Anda akan tampak tidak serius dalam membuat surat lamaran, dan mungkin tidak bisa terlalu berharap untuk lolos ke tahap berikutnya. Lain kali, Anda harus lebih teliti untuk mengecek surat lamaran sebelum dikirim.

Baca Juga: 7 Kesalahan Dalam Membuat CV Lamaran Kerja

Kirimkan Revisi Surat Lamaran

Kalau Anda salah mencantumkan nomor telepon, email, masa kerja sebelumnya, jabatan, dan gelar, maka perlu mengirimkan surat lamaran baru yang telah diperbaiki. Kesalahan mencantumkan nomor telepon juga termasuk typo, namun bisa berdampak besar pada kelangsungan proses perekrutan Anda. Begitu juga dengan kesalahan penulisan masa kerja yang tidak sinkron satu sama lain yang akan membingungkan perekrut.

Penulisan lamaran kerja yang baik dan benar juga penting untuk jenis pekerjaan tertentu. Jika Anda menyadari  telah mengirimkan surat yang penuh typo untuk melamar pekerjaan sebagai editor, tentu harus mengakui kesalahan. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan itikad baik untuk memperbaiki keadaan.

Pada saat mengirimkan surat lamaran yang telah diperbaiki, Anda perlu menyertakan catatan pada badan email. Sebutkan alasan Anda mengirim surat lamaran kedua, dan poin kesalahan pada berkas sebelumnya.

Anda juga bisa menyampaikan permintaan maaf secara lisan. Selain itu, Anda dapat memperbaiki kesalahan penulisan data faktual di surat lamaran pada sesi wawancara mendatang.

Segera Perbaiki

Selain dua kemungkinan di atas, Anda juga bisa memperbaiki kesalahan pengiriman lamaran kerja secara langsung tanpa meninggalkan jejak. Jika perusahaan membuka pendaftaran calon tenaga kerja secara online melalui aplikasi tertentu, maka akan ada menu “update”.

Jadi, Anda bisa segera mengirim lamaran versi baru dan menghapus kesalahan sebelumnya. Sayangnya, tidak semua kasus bisa diselesaikan dengan sesederhana itu.

Semua orang pernah berbuat kesalahan. Jika Anda sadar, jujur, dan berusaha memperbaiki kesalahan dengan segera, maka perekrut akan menganggap Anda sebagai calon karyawan berkualitas. –Qerja

Baca Juga: Pernah Ditolak Perusahaan Impian? Berikut Tips Menyiapkan Lamaran Kerja Untuk Kesempatan Kedua



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next