Cara Membuat Lamaran Kerja Bagi Fresh Graduate | Qerja

Cara Membuat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate Dengan Mudah

Eka Utami, 1 year ago
Cara Membuat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate Dengan Mudah

Bagi fresh graduate yang belum pernah bekerja, tentu memiliki kesulitan  dalam membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah permohonan yang diajukan oleh seorang calon tenaga kerja kepada perusahaan tertentu.

Surat ini menjadi pengantar atau pembuka kata dari berkas lain yang menunjukkan daftar keahlian dan pengalaman –seperti curriculum vitae– yang kita kirimkan kepada perusahaan.

Namun, Anda bisa menemukan berbagai jenis surat lamaran kerja. Anda harus bingung menentukan surat lamaran kerja yang paling pas untuk ditiru.

Tapi, kalau diperhatikan, Anda akan menemukan bahwa format surat lamaran kerja sebenarnya tidak jauh berbeda. Berikut cara membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduate.

Kepala Surat Berisi Nama dan Alamat

Panduan Membuat Surat Lamaran kerja untuk Fresh Graduate
Sumber: Pixabay

Fresh graduate bisa memulai menulis surat lamaran kerja dengan mencantumkan tanggal pembuatan surat. Tanggal surat biasanya diletakkan di pojok kanan atas.

Kemudian, di sebelah kiri atas, Anda perlu menuliskan nama penerima surat dan alamat perusahaan yang dituju. Jika Anda tidak tahu nama pimpinan HRD, maka tuliskan saja: Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD Perusahaan XXX. Bagian ini ditulis satu baris di bawah tanggal surat.

Pembuka Surat

Pembuka surat lamaran kerja merupakan kata pengantar yang dimulai dengan salam resmi: Dengan Hormat. Lalu, isi dari kalimat pembuka adalah tentang bagaimana Anda mengetahui lowongan kerja perusahaan. Apakah Anda melihat iklan dari surat kabar, media sosial, atau situs lowongan kerja?

Setelah itu, pada kalimat berikutnya, Anda bisa menunjukkan harapan untuk bergabung di perusahaan. Pastikan Anda menuliskan posisi yang diinginkan dengan tepat. Hal ini karena bisa saja perusahaan membuka beberapa lowongan dalam waktu yang sama.

Baca Juga: Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran

Biodata Pribadi

Isi badan surat berikutnya adalah biodata pribadi. Sebelum masuk ke dalam daftar keterangan pribadi tersebut, fresh graduate bisa menuliskan pengantar: “Saya yang bertandatangan di bawah ini:” Lalu, Anda baru menyebutkan nama, tempat tanggal lahir, gelar pendidikan tertinggi, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Mungkin Anda sempat menemukan contoh surat lamaran kerja yang mencantumkan alamat lengkap calon pegawai di bagian biodata. Pada bagian ini, Anda bisa menimbang sendiri, apakah akan berhubungan dengan perusahaan melalui pos, email, atau lainnya.

Jika Anda berbalas surat melalui media elektronik, tentu alamat email lebih penting dibanding alamat rumah. Lagipula, penulisan alamat rumah dengan lengkap akan membuat surat lamaran tampak terlalu padat.

Pengalaman Kerja

Panduan Membuat Surat Lamaran kerja untuk Fresh Graduate
Sumber: Pixabay

Fresh graduate mungkin akan kesulitan mengisi bagian ini. Sebagai lulusan baru yang belum pernah bekerja, tidak punya banyak pengalaman yang bisa dibanggakan.

Namun, Anda bisa menulis pengalaman kerja saat magang, ketika menjadi asisten dosen, sukarelawan, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencantumkan pelatihan yang relevan dengan pekerjan yang ditawarkan.

Beberapa pengalaman kerja di berbagai bidang atau keikutsertaan dalam organisasi mungkin tidak terlalu terkait dengan bidang yang akan Anda geluti. Tetapi, catatan itu bisa menggambarkan etos kerja Anda.

Tapi, sebagai saran, Anda harus memilah pengalaman dan keahlian yang paling penting dan menonjol. Kemudian, ceritakan dalam satu paragraf yang singkat, jelas dan padat.

Lampiran

Sebagaimana disebutkan pada paragraf awal, surat lamaran kerja adalah pengantar untuk berkas lainnya. Jadi, di luar surat lamaran ini, Anda juga menyertakan lampiran seperti CV, pas foto, fotokopi ijazah, transkrip nilai, sertifikat pelatihan  dan sebagainya.

Anda bisa menuliskan beberapa berkas yang dilampirkan sebelum bagian penutup. Tuliskan saja bahwa lampiran ini bisa jadi pertimbangan perekrut untuk menerima Anda sebagai karyawan.

Penutup

Penutup surat juga berisi tentang harapan pelamar kerja agar bisa bergabung dengan perusahaan. Setelah itu, ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan.

Terakhir, Anda perlu menulis “Hormat kami” di pohok kanan bawah. Tak lupa sertakan tanda tangan yang tertulis nama lengkap di bagian akhir.

Demikan cara menulis surat lamaran kerja yang baik. Anda tidak perlu berpanjang-panjang dengan mencantumkan kata-kata berbunga atau menjejalkan seluruh daftar pengalaman organisasi.

Buatlah surat lamaran kerja yang efektif dan berisi informasi terpenting. Semoga panduan ini bisa membantu Anda membuat surat lamaran kerja dan “mendarat” di perusahaan yang diimpikan selama ini. –Qerja

Baca Juga: Cara Mengatasi Kesalahan Lamaran Kerja Yang Terlanjur Dikirim



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next