Lima Gunung Favorit Para Pedaki Di Indonesia | Qerja

Lima Gunung Favorit Para Pedaki Di Indonesia Yang Bisa Anda Kunjungi

Eka Utami, 4 months ago
Lima Gunung Favorit Para Pedaki Di Indonesia Yang Bisa Anda Kunjungi

Gunung-gunung memang menawarkan ketenangan dan pemandangan indah yang memanjakan mata.Pekerja kantoran yang hobi hiking pasti akan ‘lari’ ke gunung untuk melepas diri dari stres akibat rutinitas kerja.

Para pendaki tersebut punya tempat favorit untuk melepas penat di atas ketinggian. Berikut ini rekomendasi lima gunung favorit para pendaki di Indonesia yang bisa Anda kunjungi juga.

Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Rekomendasi Gunung Favorit Pendaki
Sumber: Gedepangrango.org

Gunung Gede dan Gunung Pangrango sering disebut bersamaan dan dianggap menyatu dengan sebutan Gunung Gede-Pangrango. Padahal, keduanya adalah dua gunng yang berbeda, di mana Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 mdpl, dan Gunung Pangrango dengan tinggi 3.019 mdpl. Kedua puncak gunung tersebut memang dihubungkan oleh punggung gunung serupa sadel yang dikenal sebagai Kandang Badak.

Gunung yang terletak di Cianjur, Bogor, dan Sukabumi  ini memang menjadi favorit pendaki, salah satu alasannya karena lokasi yang tidak jauh dari ibukota Jakarta. Saking terkenalnya, Anda harus booking selama  3-30 hari sebelum pendakian. Tak heran, gunung ini memang menyajkan panorama alam yang indah seperti Alun-alun Surya Kencana, Lembah Mandalawangi, dan sebagainya. Namun, Anda harus menunggu untuk menikmati keindahan alam di Gunung Gede Pangrango, karena selama puncak kemarau jalur pendakian ditutup untuk umum sejak 12 Agustus 2019 sampai 20 Agustus 2019.

Gunung Semeru

Gunung berapi dengan ketinggian sekitar 3.676 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di Jawa. Hal itu membuat para pendaki semakin tertantang untuk menaklukkannya.  Apalagi gunung ini juga memiliki panorama alam yang indah, mulai dari bekas lahar panas yang terlihat dari kaki gunung, hingga Danau Ranu Kumbolo yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl. Tidak ketinggalan hamparan verbana ungu yang tampak seperti padang bunga lavender.

Gunung Semeru semakin populer di kalangan masyarakat awam sejak menjadi inspirasi musisi Taah Air, dan lokasi syuting film 5 cm pada 2012 lalu. Banyak pendaki pemula yang ingin menikmati pengalaman layaknya di film, dan pendaki senior yang rindu kembali menikmati keindahan alamnya. Anda bisa memulai pendakian dari danau Ratu Pani, Taman Nasional Bromo Tengger. Tapi, jangan lupa untuk melengkapi izin, mengikuti briefing, dan mematuhi peringatan dengan tetap menjaga diri agar berada di luar empat kilometer dari puncak.

Baca Juga: Tips Liburan Hemat Dengan Budget Di Bawah Rp1 juta

Gunung Merbabu

Setelah jalur pendakian sempat ditutup pada 20 Mei 2019, kini Merbabu telah dibuka kembali buat siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam di gunung tersebut. Gunung Merbabu memang menjadi salah satu favorit pendaki karena pemandangan sepanjang jalan pendakian yang sangat indah. Jika mendaki dari jalur Selo di Kabupaten Boyolali, Anda akan disuguhkan pemandangan sabana dan bunga edelweiss.

Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.145 mdpl ini masih bersahabat untuk para pendaki pemula karena karakteristik jalur pendakian yang tidak sulit walaupun harus melewati bukit-bukit.  Namun, ketika sudah sampai di puncak, Anda tidak akan menyesal karena bisa melihat hamparan awan dan puncak gunung lain –termasuk Gunung Merapi- di hadapan.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Bagi pendaki berpengalaman, Gunung Rinjani adalah salah satu target pendakian yang harus ditaklukan. Gunung Rinjani juga menjadi favorit pendaki dari mancanegara, apalagi setelah UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai UNESCO Global Geopark pada 2018 lalu.

Untuk mencapai puncak Rinjani bisa melalui tiga jalur pendakian yaitu jalur Senaru, jalur Sembalun, dan jalur Torean. Trek yang dilewati untuk mendaki memang terbilang berat. Tetapi, Anda bisa menemukan pemandangan indah selama mendaki hingga sampai di puncak. Mulai dari Danau Segara Anak, Kawah Batujari,  spot sunset di Plawangan Sembalun, padang sabana Sembalun Lawang, Goa Susu dan Goa Payung Mas, hingga pemandian air panas dengan suhu yang berbeda-beda.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl adalah gunung tertinggi di Indonesia, dan bahkan di Asia Tenggara. Gunung yang berada di perbatasan Provinsi Sumatra Barat dan Jambi tersebut bisa diakses dari desa Kersik Tuo, Jambi. Pendakian gunung dimulai dari Pintu Rimba yang sudah berada pada ketinggian 1.800 mdpl.

Awalnya, jalur pendakian Gunung Kerinci berupa hutan yang masih rimbun tak begitu menanjak. Medan pendakian mulai terasa menanjak, terjal, dan ekstrim setelah melintasi Shelter I hingga puncak. Gunung ini selalu menjadi tujuan favorit pendaki berpengalaman yang suka tantangan. Namun, Gunung Kerinci sedang erupsi beberapa hari lalu, jadi pendaki diminta tidak mendekati kawah dan puncak.

Nama-nama gunung yang menjadi favorit pendaki sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gunung-gunung tersebut ada yang bisa dijajal pendaki pemula, dan menjadi target tantangan pendaki yang sudah expert. Jika Anda suka mendaki, bisa mencoba untuk menaklukkannya. –Qerja

Baca Juga: Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Akhir Pekan

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next