Alami Pemadaman Listrik Siasati Dengan Cara Ini | Qerja

Alami Pemadaman Listrik, Selamatkan Pekerjaan Dengan Cara Ini

Riyan Sugandy, 8 months ago
Alami Pemadaman Listrik, Selamatkan Pekerjaan Dengan Cara Ini

Pemadaman listrik di sejumlah daerah di pulau Jawa sejak Minggu (4/8/2019) tentunya akan menimbulkan berbagai efek terhadap pekerjaan Anda. Walaupun di beberapa daerah listrik sudah bisa digunakan kembali, tetapi masih terdapat pemadaman untuk wilayah tertentu.

Bisa dibayangkan berapa banyak pekerjaan Anda yang harus terganggu jika kondisi listrik ini belum kembali normal dalam waktu dekat. Lalu, bagaimana cara untuk menyiasati pemadaman listrik ini agar Anda bisa tetap produktif untuk menyelesaikan pekerjaan Anda? Beberapa cara ini bisa Anda lakukan sekarang juga.

Manfaatkan Cloud Storage

Menggunakan teknologi cloud akan sangat membantu Anda dalam kondisi seperti ini. Penyedia layanan cloud tentunya tidak bergantung pada kondisi listrik di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan data yang Anda miliki akan rusak atau hilang.

Layanan cloud storage yang banyak digunakan diantaranya Google Drive, Dropbox dan Amazon Drive. Anda bisa menggunakan layanan ini secara gratis dengan kapasitas tertentu.

Dengan menggunakan layanan cloud storage, Anda juga bisa langsung berkolaborasi dengan rekan kerja atau atasan Anda. Sehingga hasil pekerjaan bisa dinilai secara lebih cepat.

Baca juga : Strategi Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 30-an

Gunakan Uninterruptible Power Supply

Uninterruptible Power Supply atau yang biasa dikenal sebagai UPS adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai sumber tenaga cadangan jika listrik terputus. Perangkat ini memang bukan sebuah perangkat yang essential, tetapi cukup bermanfaat jika kita masih berada dalam kondisi listrik yang belum stabil.

Dengan menggunakan UPS, Anda setidaknya bisa menyelamatkan file yang sedang Anda kerjakan sehingga tidak rusak atau hilang karena belum disimpan. UPS akan menjadi sumber tenaga bagi PC atau laptop Anda selama 5-15 menit, tergantung dari spesifikasi yang Anda beli. Biasanya harga UPS ini cukup beragam mulai dari lima ratus ribu hingga dua jutaan untuk penggunaan skala rumah tangga.

Bekerja Dari Mall

Bagi Anda yang bekerja di kantor tentunya tidak menjadi masalah jika listrik mati karena gedung perkantoran sudah dilengkapi dengan genset. Tapi bagaimana jika kantor Anda tidak memilikinya?

Nah, bekerja dari mall terdekat bisa menjadi pilihan Anda tentunya. Memang bukan sebuah hal yang praktis, tapi setidaknya suplai listrik di mall biasanya tidak akan terenti walaupun listriknya mati.

Selain persediaan listrik, Anda juga memanfaatkan wifi yang biasanya tersedia di mall unttuk bekerja. Jadi, bila kantor Anda mengalami pemadaman, langsung saja kunjungi mall terdekat untuk mulai bekerja.  Setidaknya deadline pekerjaan Anda bisa terselesaikan tanpa harus menunggu listrik benar-benar stabil.

Tiga cara diatas tadi tentunya bisa dilakukan oleh Anda untuk menyiasati masalah pemadaman listrik yang mungkin terjadi lagi di masa depan. Nah, dari tiga pilihan tadi, kira-kira mana yang akan Anda pilih jika terjadi lagi pemadaman listrik, Qolega? – Qerja

Baca Juga : Minat Bekerja Di Bagian Sales? Cek Gaji Sales Dan Benefit Lainnya Di Sini!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next