Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah | Qerja

Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah Yang Bisa Anda Lakukan

Eka Utami, 1 month ago
Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah Yang Bisa Anda Lakukan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat tugas untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di bidang kesehatan. Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional, negara ingin memastikan seluruh penduduk Indonesia mendapat jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata.

Setiap peserta BPJS akan mendapat manfaat berupa pemeriksaan, pengobatan, hingga konsultasi medis di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Selain itu, peserta juga bisa dirujuk ke tempat pelayanan kesehatan tingkat lanjutan untuk memperoleh pemeriksaan medis spesialis, dan pelayanan kesehatan lainnya.

Biasanya, karyawan dan keluarganya sudah didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan oleh perusahaan. Tetapi, jika belum menjadi peserta, Anda bisa mendaftarkan diri secara mandiri. Berikut tiga cara daftar BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan dengan mudah.

Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa berkas yang diperlukan yaitu:

– Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

– Fotokopi KTP (diutamakan KTP elektronik)

– Fotokopi Buku Tabungan (Salah satu peserta yang ada di dalam Kartu Keluarga)

– Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar

– Fotokopi Buku Nikah

– Fotokopi Akta Kelahiran anak atau surat keterangan lahir yang menjadi tanggungan

– Untuk Warga Negara Asing bisa melampirkan KITAS

Selain data, kalau bisa Anda juga sudah tahu fasilitas kesehatan terdekat yang akan dipilih. Dengan melengkapi dokumen di atas, maka proses pendaftaran akan lebih mudah. Jika semua berkas lengkap, Anda tidak perlu bolak-balik dari rumah ke kantor BPJS lagi.

Baca Juga: Cara Cepat Membedakan BPJS Kesehatan Asli dan Palsu

Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Diri (dan Keluarga) Sebagai Peserta

Setelah semua dokumen siap, langkah berikutnya adalah mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Anda akan diminta mengisi formulir pendaftaran dengan data yang jelas dan lengkap. Pastikan nama, alamat, jenis iuran, dan fasilitas kesehatan ditulis dengan benar. Jika Anda bingung, petugas BPJS akan membantu.

Saat formulir sudah lengkap, Anda bisa menyerahkan lembar isian tersebut kepada petugas. Petugas akan memasukkan data Anda ke sistem. Lalu Anda akan mendapat virtual account serta besaran iuran yang harus segera dibayar.

Membayar Iuran

Langkah berikutnya, Anda bisa langsung membayarkan iuran melalui bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yaitu BRI, BNI atau Bank Mandiri. Lalu Anda akan mendapat bukti pembayaran yang harus diserahkan kepada petugas BPJS.

Berbekal bukti pembayaran, petugas akan mencetak kartu BPJS Kesehatan. Anda bisalangsung mengambil kartu tersebut, tetapi baru bisa aktif setelah 14 hari.

Seperti yang Anda baca pada uraian di atas, cara daftar BPJS Kesehatan ternyata sangat mudah. Intinya, Anda hanya perlu mengumpulkan data-data, mengisi formulir, membayar iuran, dan langsung dapat kartu BPJS Kesehatan.

Jika ada kekurangan mendaftar BPJS Kesehatan secara offline adalah Anda harus meluangkan waktu di hari kerja untuk mengurus pendaftaran di kantor BPJS dan mengantri.

Namun, BPJS sudah menyiapkan solusi dari masalah tersebut. Sekarang Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan secara online. Untuk mengetahui cara mendaftar BPJS Kesehatan secara online, Anda bisa membaca artikel kami berikutnya. –Qerja

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan dan Keluarga



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next