8 Pekerjaan Terbaik Untuk Kepribadian Introvert | Qerja

Delapan Pekerjaan Terbaik Untuk Kepribadian Introvert

Eka Utami, 4 months ago
Delapan Pekerjaan Terbaik Untuk Kepribadian Introvert

Introvert adalah salah satu jenis kepribadian di mana seseorang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood dari dalam diri daripada stimulasi dari luar. Para introvert tidak suka kegiatan sosial yang membuat lelah.

Beberapa ciri pribadi introvert antara lain pendiam, suka bekerja sendiri, memiliki beberapa teman dekat, terbiasa introspeksi diri, pengamat, berpikir sebelum bertindak, lebih suka menulis daripada berbicara, dan lebih perasa.

Dengan karakteristik introvert tersebut, maka Anda harus memilih pekerjaan yang paling pas dengan kepribadian. Berikut ini adalah delapan pekerjaan terbaik untuk kepribadian introvert yang bisa kamu pilih.

Penulis

Pekerjaan Terbaik untuk Introvert
Sumber: Pixabay

Para introvert lebih suka mengungkapkan perasaannya dalam tulisan daripada berbicara. Selain itu, orang dengan kepribadian ini cenderung menginginkan kesunyian dan keheningan. Dalam kesendirian tersebut, introvert bisa berpikir dan berimajinasi, lalu menunangkannya dalam kata-kata. Maka, salah satu pekerjaan terbaik untuk introvert adalah penulis.

Menurut data yang dihimpun dari situs Qerja, perusahaan menjanjikan gaji sebesar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta untuk para penulis konten. Tetapi, jika mampu menulis panjang, dan menghasilkan buku bagus, maka Anda bisa dapat penghasilan dari penjualan buku dan royalti yang besar.

Penerjemah

Jika Anda seorang introvert yang menguasai bahasa kedua setelah bahasa ibu, maka bisa mencoba meniti karir sebagai penerjemah. Pekerjaan ini mengharuskan Anda mengonversi dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain. Sebagian besar pekerjaan penerjemah dilakukan sendiri.

Anda hanya perlu berhubungan dengan atasan, rekan kerja, atau klien sebelum dan sesudah bekerja –bahkan cara berkomunikasi bisa dilakukan dengan surat elektronik sehingga tak perlu bertemu muka-.

Berdasarkan data dari review gaji di situs Qerja, kisaran gaji penerjemah sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 10 juta. Jika Anda bersedia dibayar tidak terlalu besar, maka bisa memilih menjadi freelance translator. Namun, Anda dapat “kemewahan” dengan bekerja dari kamar sendiri.

Paralegal

Bagi pribadi introvert yang tertarik pada bidang hukum, maka bisa menekuni pekerjaan sebagai paralegal. Tidak seperti pengacara yang harus berbicara di depan banyak orang, paralegal  bertugas untuk memelihara dan mengatur dokumen, melakukan penelitian hukum, dan menyusun berkas-berkas.

Paralegal menghabiskan banyak waktu untuk meneliti seluk-beluk hukum suatu kasus dan melakukan penelitian yang sangat terfokus. Pekerjaan ini harus didukung dengan dasar ilmu hukum yang mumpuni.

Untuk memuluskan jalan mendapat pekerjaan ini, Anda mesti mengambil kuliah hukum dan mendapat gelar sarjana. Berdasarkan pengakuan paralegal yang menulis di review Qerja, gaji untuk profesi ini rata-rata sebesar Rp 4 juta.

Akuntan

Sebenarnya, ada beberapa jenis pekerjaan yang terkait dengan bidang akuntansi. Mulai dari akuntan publik, auditor, petugas pembukuan, sampai analis anggaran dan biaya.

Jika Anda seorang introvert yang sangat terganggu dengan keharusan bersosialisasi dengan orang baru, maka sebaiknya jangan menjadi akuntan publik yang harus sering bertemu berbagai klien yang berbeda. Jika ingin benar-benar bekerja dalam kesendirian, maka Anda bisa mengambil peran sebagai petugas pembukuan atau analisis biaya.

Secara umum, akuntan lebih banyak terlibat dengan dokumen keuangan daripada bertemu dengan orang lain. Sebagian besar pekerjaan tersebut dilakukan sendiri. Bahkan, jika ada masalah juga harus dipecahkan sendiri. Menurut review gaji Qerja, rata-rata gaji staf akuntan dimulai dari Rp 4 juta, dan akuntan berpengalaman bisa mendapat bayaran Rp 10 juta.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja untuk Kandidat Introvert

Manajer Media Sosial

Pekerjaan Terbaik untuk Introvert
Sumber: Pixabay

Meski ada kata ‘sosial’ pada judul pekerjaan ini, namun sebagian tugas yang harus dilakukan tidak melibatkan interaksi langsung dengan orang lain. Manajer media sosial bertanggungjawab untuk mempertahankan citra baik perusahaan di dunia maya.

Setiap hari, Anda hanya bekerja di depan komputer untuk membuat konten media sosial, serta menanggapi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan secara online.

Di luar tugas-tugas yang harus dikerjakan dengan komputer, manajer media sosial hanya perlu berinteraksi dengan beberapa orang seperti atasan dan rekan kerja. Namun, ia tidak perlu bertemu klien. Maka, pekerjaan ini memang cocok buat introvert. Gaji manajer media sosial mulai dari Rp 4 juta, sampai Rp 19,5 juta.

Web Developer

Web developer adalah otak di balik semua situs yang pernah And akunjungi. Mereka menulis kode dan mengembangkan laman web yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Maka, kepekaan rasa yang dimiliki para introvert sangat dibutuhkan pada pekerjaan ini.

Pekerjaan ini juga cocok untuk para penyendiri karena bisa dilakukan tanpa perlu berinteraksi langsung dengan banyak orang. Sebelum menekuni bidang ini, ada baiknya Anda mengecek gaji web developer yang berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 14 juta.

Editor Video

Orang berkepribadian introvert juga punya tempat di sela-sela kemegahan industri film. Bukan untuk bermain peran di depan layar kaca, melainkan mengedit gambar.

Terkadang, tugas ini dianggap sebagai “pekerjaan kotor” di industri film karena harus membereskan ‘kekacauan’ pada proses produksi. Setelah mendapat rekaman mentah, Anda bisa menyusun gambar, dan menambahkan sentuhan kreatif pada karya tersebut. Pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri di dalam ruangan sehingga cocok untuk introvert.

Selain di industri film, pekerjaan editor video juga dibutuhkan untuk produksi konten media sosial yang sedang hits saat ini. Sebagian pekerjaan dilakukan sendiri atau dalam sebuah grup kecil. Menurut review gaji Qerja, pekerjaan editor video bisa menghasilkan pemasukan mulai dari Rp 2,5 juta, hingga Rp 8 juta.

Seniman

Para seniman menyampaikan ide, pesan, dan emosi melalui karya seni berupa lukisan, patung, tembikar, hingga ilustrasi. Pada proses pengerjaannya, seniman butuh waktu sendiri, berkomunikasi dengan diri, sehingga menghasilkan karya indah. Bakat ini biasanya sudah ada dalam diri dan bisa diperdalam dengan mengikuti kuliah formal.

Lebih dari itu, sebagian besar seniman juga merupakan wirausaha yang mengelola bisnis sendiri. Mereka mengatur waktu dan cara berinteraksi dengan klien. Makanya, pekerjaan ini pas buat introvert. Soal penghasilan, tergantung pada keindahan karya.

Jika Anda sudah menyadari kepribadian introvert yang ada dalam diri sejak dini, maka mulailah berpikir untuk mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan pekerjaan tersebut di atas. Apabila, Anda sudah “tersesat” dalam bidang ilmu yang lain, maka bisa mengambil pelatihan untuk bisa berkarir di pekerjaan yang cocok untuk introvert. Dengan kemampuan menulis, mengamat, meneliti, menganalisis, hingga perasaan yang peka, para introvert akan sukses di bidangnya masing-masing. –Qerja

Baca Juga: Panduan Kerja dalam Tim untuk Para Introvert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next