Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini | Qerja

Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini

Eka Utami, 7 days ago
Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini

Trend perkembangangan teknologi telah mengubah cara kerja saat ini. Sekarang, orang tidak perlu datang ke kantor setiap hari untuk menyelesaikan tugas dari atasan.

Dengan jaringan internet, pekerja bisa mengakses informasi penting untuk materi kerja dari mana saja. Bahkan, alat-alat kerja pun bisa bergerak otomatis tanpa harus ada campur tangan manusia. Inilah beberapa trend perkembangan teknologi di dunia kerja yang sudah marak belakangan ini.

Penggunaan Komputasi Awan (Cloud Computing)

Tren Teknologi di Dunia Kerja
Sumber: Pixabay

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Kata ‘awan’sendiri dipakai untuk mendeskripsikan internet yang sering digambarkan di dalam diagram jaringan komputer. Pada sistem komputasi awan, internet dijadikan pusat pengelolaan data dan aplikasi. Data dan aplikasi yang tersimpan bisa dipakai semua orang yang diberikan hak akses (login).

Dengan memahami definisi tren komputasi awan, maka kita jadi tahu seberapa besar manfaat teknologi ini untuk perusahaan. Keuntungan penggunaan komputasi awan bagi perusahaan yaitu fleksibilitas praktik kerja karyawan karena data dan aplikasi dapat diakses dari mana saja. Selain itu, perusahaan juga bisa menghemat biaya infrastruktur dan hardisk, dan hanya perlu membayar kompensasi berkala untuk menggunakan layanan komputasi awan. Teknologi komputasi awan juga menjadi solusi dari risiko bencana kehilangan data atau ketika perusahaan kehilangan sumber daya manusia di bidang IT.

Munculnya Coworking Space

Coworking space adalah sebuah tempat kerja yang digunakan oleh orang-orang yang berasal dari berbagai perusahaan, startup, hingga pekerja lepas. Di dalam coworking space, kita akan menemukan ruang besar terbuka dan sejumlah ruang kecil yang disewa oleh individu, komunitas, atau perusahaan. Seiring dengan kemunculan startup baru beberapa tahun belakangan, tren coworking space pun semakin meluas di berbagai kota besar di Indonesia.

Selain ruang kerja, pengelola coworking space juga menawarkan berbagai fasilitas yang membuat pengguna merasa nyaman dalam bekerja. Mulai dari jaringan internet yang bagus, ruang khusus rapat, konferensi video, hingga tempat presentasi, sampai camilan dan kopi. Semua fasilitas itu bisa didapat dengan biaya terjangkau. Selain itu, keuntungan bekerja di coworking space adalah networking, di mana Anda bisa bertemu dengan freelancer, blogger, konsultan, hingga founder startup.

Baca Juga: Tiga Cara Tetap Produktif Bekerja di Coworking Space

Trend Remote Work

Dahulu, kerja di sektor formal mesti dilakukan di kantor. Tetapi, dengan perkembangan teknologi, kemudahan dan kecepatan jaringan internet, hingga kemunculan berbagai coworking space, membuat perusahaan tidak lagi menerapkan aturan kaku tersebut. Sekarang, karyawan atau tim kerja bisa bekerja dari mana saja, di tempat yang membuat pekerja merasa lebih produktif. Tren bekerja dari mana saja disebut remote work.

Remote work adalah salah satu wujud fleksibilitas dalam dunia kerja. Sekarang, bukan hanya karyawan yang harus patuh pada aturan perusahaan, tetapi manajemen juga mesti memahami kebutuhan pekerjanya. Pada sistem kerja remote work ini, pekerja memang mendapat kemudahan untuk bekerja di luar kantor, sebagai konsekuensi dari kenyamanan tersebut, karyawan harus siap dan mudah dihubungi, serta berkomitmen pada deadline kerja.

Internet of Things (IoT)

Tren Teknologi di Dunia Kerja
Sumber: PIxabay

Secara harfiah, Internet of Things (IoT) artinya internet dan alat-alat (perangkat). Cara kerja Iot adalah memanfaatkan argumentasi pemrograman yang menghasilkan interaksi antar alat atau mesin dan perangkat. Dengan Iot, kerja benda-benda yang terhubung itu tampak bergerak dengan otomatis tanpa campur tangan manusia.

Otomatisasi telah memudahkan pekerjaan di berbagai sektor. IoT bisa digunakan pada palang pintu kereta otomatis, monitoring pendeteksi banjir, mematikan peralatan rumah tangga otomatis, hingga memantau kondisi pasien tanpa ada kunjungan dokter. Dengan berkembangnya tren IoT, maka kebutuhan tenaga kerja kasar mungkin berkurang. Untuk itu, kualitas sumber daya manusia harus ditingkatkan agar bisa menjadi tenaga ahli untuk membuat atau pengawas program dalam IoT.

Penggunaan Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan salah satu trend teknologi yang saat juga banyak diterapkan di dunia kerja. Walaupun sifatnya masih terbatas, tidak menutup kemungkinan penggunaan AI akan lebih besar di masa mendatang.

AI saat ini lebih banyak digunakan dalam bidang komputasi dan juga pemodelan sehingga perusahaan lebih mampu memaksimalkan informasi yang mereka miliki. AI juga dipilih untuk pekerjaan yang sifatnya membutuhkan ketelitian dan kecepatan tingkat tinggi. Dengan maraknya penggunaan AI, banyak yang memprediksi di masa depan akan banyak pekerjaan yang digantikan oleh teknologi yang satu ini.

Nah, sebagai pekerja cerdas tentunya kita harus selalu mengikuti setiap perkembangan teknologi yang ada. Jangan sampai ketinggalan dan kurang update skill kita agar tidak kalah bersaing di dunia kerja nantinya.  –Qerja

Baca Juga: 4 Cara Teknologi Digital Mengubah Karier Anda



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next