Cara Memilh Pekerjaan Bila Banyak Tawaran Masuk | Qerja

Cara Memilih Pekerjaan Bila Banyak Tawaran Masuk Ke Email Anda

Eka Utami, 4 months ago
Cara Memilih Pekerjaan Bila Banyak Tawaran Masuk Ke Email Anda

Mendapat beberapa tawaran pekerjaan dalam satu waktu adalah sebuah keberuntungan. Namun, pada saat yang bersamaan kita juga akan merasakan dilema berkepanjangan.

Semua tawaran itu menarik, dan kita harus memilih salah satu. Di sini, kita akan merasa galau. Berikut ini beberapa panduan untuk memilih pekerjaan terbaik jika mendapat beberapa tawaran menarik.

Sejalan dengan Tujuan Karir

Setiap orang memiliki tujuan karir masing-masing. Misalnya, Anda adalah tipe pekerja yang punya ambisi menduduki posisi tertentu dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan. Maka, pastikan Anda memilih perusahaan yang sejalan dengan tujuan karir tersebut.

Biasanya, Anda bisa mendapat informasi tentang jenjang karir di perusahaan saat sesi interview. Pewawancara akan menjelaskan jalur karir berikut rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk naik jabatan.

Jika Anda menggali lebih jauh, pewawancara juga akan menjelaskan sistem penilaian bagi karyawan untuk mencapai posisi lebih tinggi. Dengan informasi tersebut, Anda bisa menimbang pekerjaan yang paling realistis dan sejalan dengan tujuan karir.

Membuka Kesempatan Berkembang

Ukuran kesuksesan seseorang dalam pekerjaan tidak selalu ditentukan dengan seberapa cepat menaiki tangga karir. Terkadang, Anda bisa berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama, tetapi merasa beruntung karena bisa mendapat keahlian dan keterampilan baru. Hal itu merupakan tanda bahwa Anda dapat tumbuh dan berkembang.

Jadi, sebelum memilih pekerjaan yang paling sesuai, coba cari tahu perusahaan yang memberikan kesempatan tumbuh dan berkembang paling besar. Anda bisa mencari informasi tentang pelatihan yang diadakan perusahaan, atau cuti untuk sekolah.

Budaya Kerja yang Sesuai

Anda akan menghabiskan sekitar 70 persen kehidupan di tempat kerja. Jadi, pilihlah tempat kerja yang paling bisa membuat Anda nyaman. Beberapa tipe budaya perusahaan yang dapat dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kepribadian serta cara kerja Anda antara lain kolaborasi, independensi, fleksibilitas, atau penuh tantangan.

Cara mencari tahu tentang budaya kerja perusahaan bisa dimulai saat Anda melakukan wawancara kerja. Anda bisa mengingat kembali bagaimana perasaan nyaman saat masuk ke ruang kantor, dan membangun koneksi dengan pewawancara. Selain itu, Anda juga bisa melihat reputasi perusahaan di mata pelanggan dan klien. Jika punya teman yang masih atau pernah bekerja di perusahaan, Anda bisa menanyakan pengalaman kerja mereka.

Baca Juga: Empat Alasan Untuk Menolak Tawaran Wawancara Kerja

Gaji Reasonable

Kami tidak langsung menyarankan Anda memilih pekerjaan dengan gaji tinggi dibandingkan lowongan kerja dengan perusahaan yang menawarkan materi lebih sedikit. Alasannya karena uang belum tentu dapat menjamin kebahagiaan Anda di tempat kerja kelak. Biasanya, perusahaan yang menjanjikan bayaran besar juga menuntut banyak waktu dan energi Anda. Buat apa banyak uang, tapi Anda tidak bisa menikmatinya karena terlalu sibuk bekerja.

Tapi, Anda tetap berhak mendapat pekerjaan dengan bayaran yang reasonable. Jangan merendahkan nilai dan keahlian Anda dengan gaji yang pas-pasan. Jadi, bila Anda tidak memilih pekerjaan dengan gaji besar, pastikan penghasilan bulanan Anda tetap bisa menutupi biaya makan, ongkos transportasi, serta sewa tempat tinggal. Ingat juga untuk memasukkan perhitungan anggaran untuk kebutuhan tersier seperti rekreasi, tabungan, dan investasi.

Pertimbangkan Tunjangan

Pertama, Anda perlu memastikan perusahaan yang menawarkan pekerjaan memberikan tunjangan standar asuransi kesehatan, gigi, penglihatan, hingga dana pensiun. Jika ada perusahaan yang melewatkan salah satu daftar tunjangan itu, maka letakkan pada nomor urut terakhir atau coret dari daftar pilihan.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas tambahan yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa perusahaan ada yang menawarkan tunjangan rekreasi, biaya pulsa, dan sebagainya. Informasi ini seharusnya sudah ada dalam catatan Anda sejak sesi wawancara yang lalu.

Intuisi

Setelah menimbang poin-poin di atas, Anda perlu memberikan waktu untuk diri sendiri merenungi pilihan terbaik. Pada masa ini, abaikan dulu perkataan teman dan keluarga yang menyarankan mengambil sebuah pekerjaan karena prestise.

Percayalah pada kata hati Anda tentang pekerjaan terbaik. Tawaran mana yang paling membuat Anda tertarik dan bersemangat? Itulah jawabannya.

Selamat atas tawaran kerja yang sudah Anda dapatkan. Hal ini membuktikan bahwa Anda adalah kandidat berkualitas yang diinginkan banyak perusahaan. Semoga Anda bisa memilih tempat berlabuh yang terbaik. –Qerja

Baca Juga: Membandingkan Dua Tawaran Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next