6 Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Fresh Graduate | Qerja

Enam Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Para Fresh Graduate

Eka Utami, 5 days ago
Enam Ide Bisnis Yang Bisa Dicoba Para Fresh Graduate

Fresh graduate yang baru lulus kuliah tapi belum dapat pekerjaan, tak perlu berkecil hati. Kita bisa tetap berusaha untuk mendapat penghasilan meski bukan dari gaji bulanan. Uang yang didapat bisa digunakan untuk ongkos mencari pekerjaan dan biaya hidup sehari-hari.

Usaha untuk pemula tidak memerlukan modal besar. Jenis barang atau jasa yang dijual pun bisa disesuaikan dengan keahlian kita sendiri. Berikut ini adalah bebebrapa ide bisnis untuk fresh graduate yang bisa dilakukan untuk mengisi pundi uang sambil menunggu panggilan kerja.

Kerajinan Tangan

Jika Anda terampil membuat kerajinan tangan, mulailah menjadikan hobi ini sebagai usaha yang lebih serius. Anda bisa membuat bunga kertas, boneka kain, sulaman, pigura, atau aksesoris cantik. Anda bisa menjualnya di media sosial, atau menjajakannya saat ada acara wisuda teman-teman kampus.

Ide desain dan cara pembuatan berbagai jenis kerajinan tangan bisa ditemukan Youtube atau Instagram. Anda harus rajin mengulik agar bisa menghasilkan karya baru yang berbeda dari produk yang ada di pasaran. Bahan sederhana yang relatif murah bisa Anda sulap menjadi barang bernilai tinggi dengan sentuhan tangan kreatif.

Katering

Biasanya, keahlian mahasiswa yang jago masak sudah terkenal di antara teman-temannya sejak di bangku kuliah. Maka, sebagian orang yang cerdik melihat peluang bisnis bisa memulai usaha makanan sambil belajar di kampus. Mereka sering mendapat pesanan untuk pembuatan kue ulang tahun, konsumsi acara, atau pengadaan makanan ringan untuk rapat organisasi.

Kalau Anda sudah punya reputasi sebagai tukang masak handal, maka bisa mengembangkan bisnis katering setelah lulus kuliah. Misalnya, jika sebelumnya hanya melayani pesanan kue, kini Anda harus berani menerima order nasi kotak besar. Dengan begitu, peluang pasar akan semakin luas. Untuk mendukung usaha ini, seorang fresh graduate  perlu meningkatkan keahlian memasak dan mencoba resep baru sehingga menu yang ditawarkan semakin beragam.

Beternak

Bisnis ini mungkin dinilai terlalu jauh dari bayangan anak kampus –kecuali yang berkuliah di jurusan pertanian dan peternakan-. Mungkin fresh graduate menganggap kalau usaha peternakan membutuhkan modal besar karena harus membeli hewan ayam atau kambing. Padahal, bisnis di bidang peternakan bisa dimulai dengan menjual telur atau budidaya ikan lele.

Berdasarkan analisis Wildan Fatoni yang ditulis di buku Pengangguran Kaya Raya yang dikutip dari Okezone.com, usaha bisnis budidaya lele di kolam terpal untuk pemula bisa dimulai dengan modal Rp 2 juta. Dengan budidaya yang benar dan pemasaran yang baik, And abisa mendapat keuntungan mencapai Rp 3,9 juta.

Baca Juga: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Event Organizer

Pengalaman berorganisasi di kampus bisa jadi modal untuk fresh graduate membuka bisnis event organizer. Anda sudah tahu rasanya membuat susunan acara, berdebat dengan anggota tim kerja, mencari sponsor, hingga menangani properti.

Selain itu, Anda juga sudah mengenal pemilik tempat penyewaan sound system, meja dan kursi, serta perlengkapan acara lainnya. Tinggal mengumpulkan beberapa rekan yang mau bekerja sama, maka Anda bisa mulai membangun bisnis ini.

Sebagai permulaan, Anda bisa membidik teman-teman sendiri sebagai “pasar”. Siapa tahu ada rekan di kampus yang mau menikah selepas lulus kuliah dan membutuhkan jasa EO. Ketika hasil kerja sudah diakui banyak orang, maka Anda akan dapat panggilan untuk mengurus acara lain, mulai dari ulang tahun, sunatan, hingga bridal shower dan baby shower.

Reseller Produk

Kalau Anda belum punya modal besar untuk membuat produk, cobalah menjadi reseller. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu memiliki kenalan produsen atau pedagang besar. Pastikan mitra kerja Anda tersebut memiliki reputasi yang baik.

Selain jaringan, Anda juga memerlukan keahlian marketing untuk mendukung kesuksesan bisnis reseller ini. Bermodal kata-kata yang persuasif, Anda bisa menjual produk dari produsen kepada pasar yang lebih luas. Lagi-lagi, Anda perlu media sosial untuk memasarkan produk ini.

Desain Grafis

Kesannya bisnis ini hanya cocok buat fresh graduate yang berasal dari jurusan desain saja. Padahal, sebenarnya usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang rajin dan tekun mengulik software gambar, serta bisa memberikan sentuhan seni di dalam karyanya. Anda bisa membuat usaha sendiri atau bermitra dengan teman lain yang ahli menggambar pemasaran.

Kalau Anda jeli, sebenarnya kebutuhan hasil desain grafis harga miring di sekitar kampus sangatlah besar. Anda bisa menawarkan jasa pada organisasi kampus yang butuh spanduk, flyer, pin atau bahkan kaus untuk acara yang harganya disesuaikan dengan proposal mereka. Modal Anda hanya komputer, software dan bakat seni. Jika punya jaringan pembuat spanduk atau baliho, Anda dapat mengambil seluruh proyek pengadaan alat promosi yang dibutuhkan panitia acara.

Sebenarnya, fresh graduate sudah punya sumber daya yang cukup untuk menjalankan bisnis. Para lulusan baru sedikit banyak sudah tahu ilmu pemasaran dasar dari kampus, punya jaringan, dan target pasar. Anda hanya butuh kemauan dan kejelian melihat peluang untuk memulai usaha yang bisa dijalankan sambil menunggu panggilan kerja. –Qerja

Baca Juga: Berapa Sebenarnya Kisaran Gaji Fresh Graduate Yang Ada Saat Ini?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next