Lima Tips Liburan Ke Kepulauan Karimunjawa | Qerja

Lima Tips Liburan Ke Kepulauan Karimunjawa

Eka Utami, 1 month ago
Lima Tips Liburan Ke Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa adalah kawasan wisata taman laut yang terletak di Laut Jawa. Wilayah ini telah ditetapkan sebagai taman nasional yang menyimpan warna-warni terumbu karang, dan kekayaan biota di bawah lautnya.

Keindahan Karimunjawa sudah terkenal di kalangan wisatawan baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Bila Anda belum pernah berkunjung ke Karimunjawa, berikut kami bagikan tips berlibur ke kepulauan di utara Jawa tersebut.

Cara Menuju Karimunjawa

Lima Tips Berlibur ke Karimunjawa
Sumber: Jepara.go.id

Jepara adalah kota di Pulau Jawa yang paling dekat dengan Karimunjawa. Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merencanakan perjalanan ke Jepara terlebih dahulu. Anda bisa naik pesawat, bus, atau kereta menuju Semarang, kemudian ke Jepara lewat jalur darat selama dua jam. Anda juga dapat langsung ke Jepara dengan mengunakan bus –waktu perjalanan sekitar 10 jam dari Jakarta-.

Setelah tiba di Jepara, Anda mesti berangkat ke Pelabuhan Kartini dengan menggunakan becak –ongkosnya sekitar Rp 35 ribu dari Terminal Jepara-. Dari pelabuhan, Anda dapat menyeberang ke Karimunjawa dengan Kapal Bahana Express dengan harga tiket sekitar Rp 150-175 ribu, dan durasi perjalanan dua jam.

Namun, tiket kapal cepat harus dipesan jauh-jauh hari karena keterbatasan daya tampung dan jam keberangkatan. Selain itu, Anda juga bisa memilih menumpang Kapal Singinjai dengan ongkos sekitar Rp 80 ribu, namun harus menempuh perjalanan selama 4 jam.

Menemukan Penginapan Di Karimunjawa

Sebagian hotel dan penginapan di Karimunjawa bisa di-booking secara online. Pada saat high season liburan, Anda harus melakukan pemesanan penginapan di Karimunjawa sebelum berangkat agar bisa mendapat kamar. Namun, jika Anda berlibur di waktu low season, masih bisa mendapat homestay atau penginapan yang di-booking saat kedatangan. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 80 ribu per malam, tergantung jenis penginapan, pelayanan, dan lokasi.

Menurut travel blogger, jika ingin memesan penginapan di Karimunjawa sebaiknya pilih tempat yang dekat dengan dermaga atau alun-alun karena lokasinya tak jauh dari fasilitas umum seperti restoran, atau warung. Namun, bila Anda suka suasana tenang, maka pilihlah hotel yang letaknya agak jauh ke dalam pulau atau menjorok di tepi pantai.

Baca Juga: Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia

Transportasi di Dalam Pulau

Anda bisa berkeliling di Pulau Karimunjawa dengan menyewa motor dengan biaya Rp 75 ribu untuk 12 jam. Biaya tersebut tidak termasuk bahan bakar minyak. Jika memutuskan menjelajah Karimunjawa dengan motor, pastikan Anda mahir berkendara dengan roda dua karena medan yang akan dilalui berbukit dan bergelombang.

Sementara jika Anda mau menyewa mobil untuk melihat tempat menarik di Pulau Karimunjawa, maka harus merogoh kocek agak dalam. Harga sewa mobil dari hotel ke alun-alun dan sebaliknya bisa mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 400 ribu.

Sementara bila ingin berkeliling Karimunjawa dengan mobil sepanjang hari, Anda harus membayar hingga Rp 650 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk sopir dan bensin.

Wajib Island Hopping

Lima Tips Berlibur ke Karimunjawa
Sumber: Jepara.go.id

Karimunjawa terdiri dari 27 pulau dengan karakteristik berbeda. Jadi, kalau sudah sampai Karimunjawa, Anda mesti melakukan island hopping. Selama tur island hopping, Anda bisa sekalian snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut Karimunjawa, hingga mengunjungi penangkaran hiu.

Caranya ikut sharing tour ke beberapa pulau seperti Menjangan Besar, Geleang, Gosong Cemara, dan Menjangan Kecil dengan ongkos Rp 200 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk kapal, guide, peralatan snorkeling, pelampung, makan siang, dan dokumentasi.

Anda juga dapat ikut private tour dengan biaya berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta-an, tergantung jumlah peserta yang ikut dalam perjalanan. Pada private tour, Anda bisa memilih setidaknya lima pulau untuk dikunjungi dalam satu kali perjalanan.

Mencicipi Seafood

Selain island hopping, kegiatan lain yang tak boleh ketinggalan jika berkunjung ke Karimunjawa adalah mencicipi seafood di alun-alun. Alun-alun adalah tempat tujuan alternatif untuk makan siang atau makan malam.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai aneka makanan laut, mulai dari ikan, cumi, lobster, kepiting dan kerang. Harga satu ekor ikan mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu, sementara lobster dibanderol Rp 70 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kesegaran. Selain seafood, Anda juga bisa menemukan jenis kuliner lain seperti bakmi, nasi goreng, bakso, mie ayam, jagung bakar, sampai kelapa muda.

Jika Anda merasa perlu membawa buah tangan juga, maka dapat pergi ke alun-alun untuk mencari berbagai suvenir khas tempat wisata seperti gantungan kunci, magnet kulkas dan kaus bertuliskan ‘Karimunjawa’.

Anda juga dapat membeli aneka makanan khas daerah pesisir seperti teri, kerupuk, cumi kering, dan terasi. Namun, oleh-oleh paling berharga dari Karimunjawa adalah pengalaman berharga dan perasaan bahagia setelah mengunjungi tempat menarik dan melihat pemandangan bawah laut yang indah. –Qerja

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Sedang Hits!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next