10 Orang Terkaya Di Dunia Tahun 2019 | Qerja

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2019

Eka Utami, 2 months ago
Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2019

Setiap tahun, berbagai media merilis daftar orang terkaya di dunia. Media memperlihatkan bagaimana para pebisnis sukses mengelola bisnis, menambah pendapatan, meningkatkan keuntungan, hingga mengisi pundi uang lebih banyak. Dengan membaca profil orang-orang terkaya itu, kita bisa memetik pelajaran yang menjadi kunci kesuksesan mereka.

Kali ini Qerja akan menampilkan daftar orang terkaya di dunia dari urutan 10 hingga 1, yang dilansir Bloomberg Billionaires Index tanggal 21 Agustus 2019. Situs ini menyediakan data peringkat orang terkaya dunia yang diperbaharui setiap hari setelah penutupan perdagangan di New York.

Larry Ellison

Larry Ellison adalah pendiri perusahaan software Oracle pada tahun 1977. Ellison melihat kebutuhan pasar akan basis data. Ia melepas peran CEO Oracle pada 2014, tetapi masih menjabat sebagai ketua dewan. Setelah menyadari kebutuhan komputasi awan yang besar, Oracle memutuskan mengakuisisi perusahaan cloud-software Netsuite pada 2016.

Kini, kekayaan Ellison ditaksir mencapai US$ 57,5 miliar (Rp 817 triliun). Pada Maret 2018, Ellison juga meluncurkan startup kesehatan bernama Sensei. Ia pun bergabung dengan dewan Tesla pada Desember 2018, setelah membeli 3 juta saham Tesla.

Larry Page

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2019
Sumber: Yahoo.com

Larry Page adalah orang yang mendirikan Google bersama Sergey Brin pada tahun 1998. Page adalah CEO pertama Google sampai tahun 2001. Kini, Page duduk di pucuk pimpinan Alphabet Inc., perusahaan induk Google, Calico, Nest, dan banyak lagi.

Nilai kekayaan Page saat ini diperkirakan mencapai US$ 57,6 miliar (Rp 819 triliun). Ia memegang 20 juta saham kelas C Google. Jika harga saham kelas C sebesar US$ 1.138, maka Page memiliki US$ 22,76 miliar (Rp 323 triliun) dari Google saja.

Charles Koch dan David Koch

Sejak 1967, Charles Koch telah menjadi chairman dan CEO Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat (berdasarkan pendapatan). Ia berbagi kendali perusahaan bersama saudaranya, David Koch yang menjadi wakil presiden eksekutif. Sebenarnya, bisnis ini merupakan usaha yang dibangun ayah mereka, Fred C. Koch pada 1940. Dengan keahlian manajemen yang baik, Charles dan David telah memperluas bisnis tersebut hingga 2600 kali.

Kini, pendapatan perusahaan tersebut mencapai US$ 110 miliar (Rp 1564 triliun) dari bisnis pemurnian minyak mentah, jaringan pipa, pupuk, bahan kimia, cangkir Dixie, dan karpet Stainmaster. Charles dan David Koch memiliki 42 persen saham di perusahaannya. Nilai kekayaan mereka mencapai US$ 58,5 miliar (Rp 832 triliun).

Amancio Ortega

Amancio Ortega adalah bos Zara, merk fesyen kelas atas. Orang terkaya nomor enam dunia ini memiliki harta senilai US$ 63,5 miliar (Rp 903 triliun). Menurut catatan Liputan6, Ortega mengelola  59 persen saham Inditex, memiliki jet privat Global Express BD-700, hingga aset real estate di Madrid.

Selain itu, kehidupan Ortega tidak banyak terekspos media. Menurut Bloomberg, Ortega hanya memberikan kesempatan wawancara pada tiga jurnalis. Namun, kita bisa belajar dari kesuksesan Ortega dengan mengetahui kunci keberhasilan Zara. Ortega adalah orang yang bisa menjadikan masa lalu sebagai motivasi, tidak berhenti berinovasi, mencari tahu keinginan pelanggan, hingga melakukan perubahan positif dengan cepat.

Baca Juga: Kekayaan 8 Orang Sama Dengan Setengah Warga Dunia

Mark Zuckerberg

Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2019
Sumber: Yahoo.com

Anda pasti mengenal Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook. Ia tercatat sebagai orang terkaya kelima di dunia dengan harta sebanyak US$ 71,7 miliar (Rp 1019 triliun). Pria kelahiran tahun 1984 ini sempat menjadi orang terkaya termuda pada usia 23 tahun.

Menurut artikel yang dilansir CNBC Indonesia, Zuckerberg hanya digaji US$ 1 per tahun oleh Facebook. Zuckerberg mendapat kekayaannya dari kepemilikan saham Facebook. Pada awal 2019, Liputan 6 menulis bahwa Zuckerberg menikmati keuntungan US$ 15 miliar (Rp 213 triliun) dari kenaikan saham Facebook.

Warren Buffett

Warren Buffett dikenal sebagai tokoh bisnis, investor, dan dermawan asal Amerika Serikat. Sejak 1970, Buffet menjadi chairman dan pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway sejak tahun 1970. Berkshire terus berkembang dengan melakukan berbagai aksi investasi dan akuisisi. Berkshire mengakuisisi Coca-Cola, mengambil kendali GEICO, dan berinvestasi di Goldman Sachs.

Seiring kesuksesan Berkshire, kekayaan Buffet pun terus bertambah. Pada era 1990-an, kekayaan Buffett bertambah tiga kali lipat dari US$ 3,3 miliar menjadi US$ 10,7 miliar. Kini, pria berusia 89 tahun tersebut tercatat memiliki kekayaan senilai US$ 78,3 miliar (Rp 1113 triliun). Walaupun memiliki banyak uang, Buffett tetap menjalankan hidup sederhanan dan mengelola hartanya dengan bijak.

Bernard Arnault

Bernard Arnault terjun ke dunia barang-barang fesyen mewah sejak 1984 dengan mengakuisisi Boussac Saint-Frères, perusahaan yang menaungi Christian Dior. Empat tahun kemudian, Arnault mulai membangun LVMH (Louis Vuitton Moet Hennessy), dari hasil merger dua perusahaan. Ia juga masih memegang 97 persen saham di Christian Dior.

Pada Juli lalu, miliarder berusia 70 tahun ini sempat menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya kedua di dunia. Kekayaan Arnault sempat tercatat mencapai US$ 108 miliar (Rp 1536 triliun) setelah menikmati laba LVMH sebesar US$2,5 miliar (Rp 35 triliun). Berdasarkan catatan Bloomberg Billionaires Index pada 21 Agustus 2019, nilai kekayaan Arnault masih berkisar pada angka US$ 95,9 miliar (Rp 1364 triliun).

Bill Gates

Bill Gates adalah pendiri Microsoft Corporation, pembuat software terbesar di dunia. Ia merupakan pemegang saham terbesar perusahaan tersebut sampai mengundurkan diri pada 2014. Meski begitu, ia masih menjadi orang terkaya kedua di dunia dengan estimasi nilai kekayaan US$ 106 miliar (Rp 1507 triliun).

Selain dari Microsoft, aset keuangan Gates lainnya datang dari investasi Cascade Investment LLC, perusahaan yang yang mengendalikan saham di banyak perusahaan publik, termasuk Kereta Api Nasional Kanada, Deere dan Ecolab. Selain itu, Gates juga menggunakan uangnya untuk membeli properti sampai pulau pribadi, dan koleksi benda seni. Orang kaya yang satu ini juga terkenal sebagai filantropi. Ia dan istrinya memiliki Yayasan Bill & Melinda Gates yang melakukan berbagai kegiatan sosial.

Jeff Bezos

Jeff Bezos adalah orang terkaya di dunia dalam sejarah modern. Menurut Bloomberg Billionaires Index, estimasi kekayaan Bezos mencapai US$ 112 miliar (Rp 1593 triliun).

Ia mendirikan perusahaan Amazon pada 1994. Kini, Bezos adalah CEO dan pemegang 16 persen saham di perusahaan tersebut. Seiring dengan peningkatan harga saham Amazon, maka kekayaan Bezos pun semakin besar. Asal tahu saja, sejak IPO Amazon pada 1997, nilai saham Amazon telah mengalami kenaikan hingga 97 persen.

Beberapa orang yang tercatat di dalam daftar di atas memiliki kekayaan yang tidak jauh berbeda dari peringkat di atas atau di bawahnya. Jadi, data ini bisa berubah dengan cepat karena aksi korporasi atau setelah laporan keuntungan. Bisa saja orang kaya nomor 10 menduduki peringkat 9 atau keluar dari daftar pada hari berikutnya. Tetapi, nama-nama yang terdaftar tidak banyak berubah, hanya bertukar tempat saja.

Dari orang-orang terkaya ini, kita bisa belajar tentang kerja keras dan mengelola bisnis dan keuangan yang baik. Kita bisa menerapkannya pada kehidupan sehingga bisa sukses seperti mereka. –Qerja

Baca Juga: 10 Quotes Inspirasi Karier dari Tokoh-Tokoh Sukses Dunia

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next