Tips Packing Barang Untuk Dinas Luar Kota | Qerja

Tak Perlu Bingung Lagi Kalau Dinas Keluar Kota! Baca Tipsnya Di Sini!

Eka Utami, 4 weeks ago
Tak Perlu Bingung Lagi Kalau Dinas Keluar Kota! Baca Tipsnya Di Sini!

Salah satu tantangan yang sering kita hadapi sebelum dinas luar kota adalah packing barang. Terkadang, kita perlu waktu khusus dan waktu lama untuk mengemas kebutuhan selama perjalanan bisnis. Jika tidak cermat, maka bisa saja ada barang penting yang tertinggal.

Kalau sudah begini, kita terancam ketinggalan pesawat, sampai kehilangan kesempatan berharga bertemu mitra kerja. Untuk memudahkan Anda, berikut kami bagikan tips packing untuk dinas luar kota.

Buat Daftar Barang

Sebelum mulai packing, ada baiknya Anda membuat daftar barang yang akan dibawa. Tulis semua kebutuhan perjalanan dinas luar kota mulai dari baju kerja hingga charger handphone dan kartu nama. Barang-barang yang akan dibawa disesuaikan dengan jumlah hari, jenis acara, dan cuaca.

Catatan ini sapat dijadikan panduan untuk packing. Berdasarkan daftar tersebut, Anda bisa mengambil barang dari lemari, lalu menjajarkannya di atas tempat tidur atau karpet. Anda bisa mencoret poin dalam daftar jika barang yang dibutuhkan sudah masuk ke dalam koper atau ransel. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari kemungkinan ada barang yang tertinggal.

Pilih Pakaian yang Sesuai

Poin ini merupakan bagian penting dari pembuatan daftar barang yang perlu dibawa untuk dinas luar kota. Pasalnya packing untuk perjalanan bisnis berbeda dengan traveling biasa. Anda harus membawa pakaian resmi yang belum tentu bisa dilipat atau digulung dengan mudah.

Tips memilih pakaian adalah bawahan berwarna netral seperti hitam, biru atau coklat yang cocok dengan berbagai jenis atasan. Sementara atasannya adalah kemeja atau blus polos atau bermotif dengan warna dasar yang serasi dengan bawahan. Jangan lupa membawa pakaian dalam yang disesuaikan jumlah hari dinas luar kota, dengan beberapa ekstra. Selain itu, Anda juga perlu membawa baju kasual serbaguna untuk jalan-jalan atau perjalanan pulang.

Baca Juga: Mengubah Perjalanan Bisnis Menjadi Liburan Pribadi

Gulung dan Lipat

Jika membaca berbagai artikel tips packing, semua orang menyarankan Anda utuk menggulung pakaian demi menghemat ruang dalam koper atau ransel. Anda memang harus mengikuti saran tersebut terutama untuk baju yang tidak mudah kusut. Tetapi, pada perjalanan dinas luar kota, Anda mungkin perlu membawa pakaian resmi yang bisa berkerut. Maka, Anda bisa melipat pakaian jenis ini, kemudian meletakkannya di atas semua gulungan pakaian.

Anda bisa mengelompokkan pakaian berdasarkan hari dalam perjalanan. Buatlah satu paket pakaian berikut baju dalaman untuk satu hari. Susun posisi paket tersebut sesuai rencana hari pemakaian. Mulailah dengan meletakkan baju yang akan dikenakan di hari terakhir di dasar koper.

Tas Khusus Peralatan Mandi

Peralatan mandi mulai dari sabun, shampo, pasta gigi, sikat gigi, alat cukur, pembersih wajah dan sebagainya harus diletakkan di dalam satu tas plastik tertutup. Hal ini untuk menghindari kebocoran botol berisi cairan agar tidak membasahi pakaian. Anda tentu tak mau baju resmi yang sudah disusun rapi terkena tumpahan shampo atau sabun.

Pilihlah peralatan mandi kemasan kecil yang memang didesain untuk kebutuhan packing perjalanan. Pastikan semua peralatan mandi tersebut masuk dalam tas ukuran kecil, sehingga Anda bisa memasukkannya di celah koper atau ransel.

Mengemas Perlengkapan Kerja

Tips Packing Barang untuk Dinas Luar Kota
Sumber: Pixabay

Anda bisa membawa laptop pada tas terpisah dari koper berisi pakaian. Hal ini untuk memudahkan akses terhadap alat kerja tersebut. Pada tas laptop itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa barang pribadi yang mungkin diperlukan pada waktu tak terduga. Misalnya, bahan bacaan, dompet, dokumen perjalanan, ponsel dan pengisi dayanya, hingga obat-obatan.

Dengan packing barang pribadi dalam tas berbeda, Anda tidak perlu repot saat petgas bandara meminta kelengkapan data. Anda juga bisa membaca materi sebelum meeting, mengisi daya ponsel di bandara, hingga meminum obat jika merasakan mabuk dalam perjalanan.

Tips terakhir, apabila Anda langsung bekerja setelah perjalanan, maka gunakan pakaian resmi yang tidak mudah kusut. Anda bisa mengakalinya dengan menutup bagian atas menggunakan luaranresmi seperti blazer. Namun, bila Anda melakukan perjalanan sebelum hari pertemuan bisnis, maka pilih pakaian kasual yang paling berat untuk meringankan koper. Semoga perjalanan bisnis Anda kali ini menyenangkan! –Qerja

Baca Juga: Tips Perjalanan Bisnis Satu Hari



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next