Lima Aplikasi Pengunci Layar Smartphone | Qerja

Biar Aman, Pakai Lima Aplikasi Pengunci Layar Smartphone Ini

Eka Utami, 2 weeks ago
Biar Aman, Pakai Lima Aplikasi Pengunci Layar Smartphone Ini

Kita sering mendapati masalah jika layar smartphone tidak dikunci. Misalnya, ketika telepon genggam dimasukkan ke dalam tas, layar terketuk benda lain, kemudian ada aplikasi tertentu terbuka dan menjalankan perintah tanpa sepengetahuan kita. Bila layar yang tidak sengaja terbuka adalah aplikasi ojek online atau media sosial, maka kita akan terkesan memesan layanan pengantaran sembarangan atau menulis status tanpa arti.

Masalah lain yang mungkin muncul karena layar smartphone tidak terkunci bisa berasal dari teman dan pasangan. Apalagi kalau orang dekat kita suka iseng membuka dan membajak smartphone. Hal ini akan mengganggu privasi.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda perlu memasang aplikasi pengunci layar di smartphone agar aman terkendali.

CM Locker

Biar Aman, Pakai Aplikasi Pengunci Layar Smartphone Ini
Sumber: Play.google.com

CM Locker mengamankan ponsel  dengan kunci pin dan pola. Anda juga bisa menggunakan kunci sidik jari apabila spesifikasi smartphone mendukung. Dengan fitur fungsi pengunci slide to lock pada CM Locker, maka smartphone biasa Anda akan tampak seperti iPhone.

Jika ada teman yang mencoba membuka smartphone Anda, maka CM Locker akan mengambil foto si “penyusup”. Gambar terssebut akan dikirim ke email Anda secara instan. Selain itu, aplikasi pengunci layar ini juga dilengkapi dengan fitur anti-pencurian. Anda bisa menghubungkan CM Locker dengan akun Facebook untuk mengunci dari jauh dan melacak lokasi smartphone.

Gesture Lock Screen

Jika Anda menganggap kunci pin dan pola terlalu membosankan, maka cobalah aplikasi Gesture Lock Screen. Anda bisa berkreasi dengan membuat pengunci layar yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa menggambar simbol bintang, hati, segitiga, bujur sangkar, angka, huruf, dan tanda tangan sebagai “kata sandi”.

Seperti aplikasi pengunci layar smartphone lainnya, Gesture Lock Screen juga dilengkapi fitur pelacak penyusup. Aplikasi akan memotret siapa saja yang salah membuka kunci layar ponsel Anda.

Baca Juga: Aplikasi Streaming Musik Di Smartphone Yang Wajib Kamu Punya!

SlideLock Locker

SlideLock Locker adalah aplikasi pengunci layar yang sederhana. Anda hanya perlu menggeser layar ke kanan untuk membuka kunci, dan menggeser layar ke kiri untk mengakses kamera. Jika ingin meningkatkan keamanan smartphone, Anda bisa menambah pin atau pola. Aplikasi yang simple ini tidak menghabiskan baterai.

Fitur unggulan yang dibanggakan SlideLock Locker adalah tampilan notifikasi dari aplikasi pada smartphone Anda. Dengan mengetuk layar dua kali, Anda langsung bisa membuka notifikasi. Sementara jika ingin mengabaikan notifikasi, cukup dengan menggesernya saja.

Hi Locker

Hi locker adalah aplikasi pengunci layar yang memadukan gaya klasik dengan Android Lollipop yang modern. Aplikasi ini memiliki dua mode untuk membuka layar dengan PIN atau gambar. Untuk pengguna smartphone Samsung dan gawai yang menggunakan Android Marshmallow bisa menggunakan pengunci sidik jari.

Aplikasi ini dilengkapi fitur untuk menyapa penggunanya. Hi Locker bisa diatur secara otomatis untuk menyampaikan salam selamat pagi, siang dan malam. Anda juga dapat memasukkan nama atau status favorit di layar yang terkunci. Hi Locker juga menyediakan fitur untuk menampilkan, menyembunyikan pemberitahuan di layar.

AppLock

Biar Aman, Pakai Aplikasi Pengunci Layar Smartphone Ini
Sumber: Play.google.com

Applock adalah aplikasi pengunci layar yang melindungi privasi Anda dengan kata sandi, pola, dan sidik jari. Selain layar, Applock juga bisa mengunci Facebook, Whatsapp, Galeri, Messenger, Snapchat, Instagram, SMS, Kontak, Gmail, dan aplikasi lainnya. AppLock bahkan dapat melindungi kenangan Anda dengan menyembunyikan gambar dan video dari Galeri dan hanya terlihat di tempat khusus.

Lebih lanjut, Applock dilengkapi keyboard acak agar orang lain mengintip kode pin. Selain itu, ada juga fitur potret wajah “penyusup”, pencegah penghapusan aplikasi, dan kunci pengaturan sistem. Jadi, selain mencegah orang iseng yang mencoba melihat isi smartphone, AppLock juga mengantisipasi kemungkinan perubahan setting jika ponsel dimainkan anak-anak.

Aplikasi pengunci layar smartphone membantu Anda menghindari masalah kehilangan data dan aplikasi di ponsel, serta melindungi privasi. Pilih aplikasi yang memberi perlindungan, tetapi tidak memberatkan beban ponsel Anda. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Pilihan Aplikasi Streaming TV Online Terbaik Saat Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next