Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi | Qerja

Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi, Begini Langkahnya!

Eka Utami, 2 weeks ago
Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi, Begini Langkahnya!

Setiap orangtua perlu memahami cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir. Dengan begitu, ayah dan ibu bisa memberi jaminan kesehatan untuk anak sejak dini secara maksimal.

Orang tua tidak perlu khawatir tentang prosedur pengurusan dokumen. BPJS Kesehatan memahami kerepotan orang tua pasca persalinan sehingga memudahkan syarat dan cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir.

Berikut beberapa hal yang harus dipahami orangtua tentang cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi. Pastikan informasi ini sudah terekam di pikiran Anda sebelum si kecil lahir ke dunia.

Waktu Pendaftaran BPJS Kesehatan untuk Bayi

Cara Daftar BPJS Kesehatan Untuk Bayi, Begini Langkahnya!
Sumber: Pixabay

Berdasarkan Perpres No. 82/2018, Pasal 16 ayat (1), bayi baru lahir dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) wajib didaftarkan ke BPJS Kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan. Jadi, jika si kecil mengalami sakit mendadak, maka biaya pengobatannya akan langsung ditanggung BPJS Kesehatan. Manfaat kesehatan yang akan didapat bayi baru lahir antara lain pelayanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, obat, dan lainnya di fasilitas kesehatan tingkat pertama, rawat jalan, dan rawat inap.

Peraturan memang mengamanatkan untuk mengurus BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir paling lambat 28 hari setelah kelahiran. Namun, ada baiknya orang tua mendaftarkan bayinya menjadi peserta BPJS Kesehatan dalam waktu 3×24 jam, sebelum keluar dari rumah sakit. Jadi, pertanggungan jaminan kesehatan bayi sejak lahir akan ditanggung BPJS. Biasanya, pihak rumah sakit akan memberi tahu informasi ini sejak awal, apalagi jika orangtua selalu menggunakan BPJS Kesehatan saat periksa kehamilan hingga persalinan.

Syarat Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi

Setelah mengerti arti penting pengetahuan tentang cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir, sekarang Anda perlu tahu dokumen yang dibutuhkan. Berikut syarat-syarat yang harus disiapkan.

  1. Surat keterangan lahir dari bidan atau rumah sakit
  2. KTP orangtua
  3. Kartu Keluarga (KK) Asli
  4. Kartu JKN-KIS atau BPJS Kesehatan orangtua

Kalau perlu, Anda bisa menyiapkan semua berkas sebelum berangkat ke rumah sakit atau bidan untuk persalinan. Anda bisa memasukkan semua dokumen dalam satu tas yang berisi perlengkapan ibu dan bayi.

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Dengan Mudah Yang Bisa Anda Lakukan

Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi

Ketika bayi lahir dan ibu sudah masuk ruang perawatan, kini giliran ayah atau perwakilan keluarga lainnya untuk mengikuti prosedur cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir. Anda hanya perlu mengikuti langkah sederhana berikut ini.

  1. Datang ke kantor cabang atau kantor pusat BPJS Kesehatan
  2. Melampirkan syarat atau dokumen yang dibutuhkan
  3. Setelah mengurus, kartu langsung aktif saat itu

Kartu tersebut bisa langsung digunakan untuk mengurus administrasi di rumah sakit. Dengan demikian, biaya perawatan bayi sudah dijamin BPJS.

Iuran BPJS Kesehatan Bayi

Pada saat daftar BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir, orangtua juga harus membayar iuran rutin untuk kepesertaan si kecil. Pembayaran disatukan dengan iuran BPJS Kesehatan keluarganya. Begitu orangtua membayar iuran, maka jaminan kesehatan langsung berlaku saat itu. Besarnya iuran terhitung sejak bayi lahir sampai usia dua tahun.

Beberapa kondisi lain yang perlu dipahami orangtua yaitu ketika bayi lahir meninggal, maka tidak dikenakan iuran. Sementara bila bayi lahir hidup, didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan, lalu meninggal sebelum 28 hari, maka iuran ditagihkan sejak bayi lahir.

Konsekuensi Keterlambatan Daftar

Dengan mengurus BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir sebelum 28 hari sejak dilahirkan, maka Anda tidak perlu menunggu masa verifikasi kelayakan pendaftaran selama 14 hari. Status kepesertaan bayi langsung aktif saat itu juga.

Jika terlambat mengurus pendaftaran BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir, maka orangtua yang harus menanggung semua biaya perawatan dan pengobatan anak. Padahal, Anda tahu sendiri ongkos rumah sakit untuk perawatan bayi tidak murah. Sebagai gambaran, menurut data yang dihimpun Kumparan, tarif NICU di berbagai rumah sakit di kawasan Depok, Jawa Barat berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta-an per malam.

Jadi, jangan lama-lama! Segera pelajari cara daftar BPJS Kesehatan untuk bayi dan urus dokumen secepatnya setelah si kecil lahir. Jaminan kesehatan ini merupakan bentuk kasih sayang orangtua untuk si kecil. –Qerja

Baca Juga: Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan dengan Mudah



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next