Lima Permainan Olahraga Otak Sederhana | Qerja

Lima Permainan Olahraga Otak Sederhana Yang Bisa Dicoba

Eka Utami, 2 weeks ago
Lima Permainan Olahraga Otak Sederhana Yang Bisa Dicoba

Jika sudah terbiasa hidup sehat dengan rajin latihan fisik, maka Anda tidak boleh lupa untuk melakukan latihan agar bisa menguatkan memori dan kemampuan berpikir. Olahraga otak bisa berupa kegiatan sederhana atau permainan yang membantu pembentukan saraf baru dan menghindarkan kita dari ancaman pikun.

Meski sekarang banyak aplikasi yang menawarkan permainan asah otak di dunia maya, namun, para ahli merekomendasikan olahraga otak yang melibatkan aktivitas dunia nyata. Berikut beberapa pilihan olahraga otak untuk Anda.

Menggambar Peta

Pilihan Olahraga Otak Sederhana yang Bisa Dicoba
Sumber: Pixabay

Mungkin Anda sudah sangat hapal jalan dari rumah ke kantor, supermarket, atau rumah sakit terdekat, yang dilalui setiap hari. Nah, sekarang coba tantang diri Anda untuk menggambar jalur tersebut berikut tata letak beberapa bangunan. Lalu bandingkan hasil gambar Anda dengan peta sebenarnya. Apakah Anda masih melewatkan tempat penting?

Jika Anda berhasil membuat peta lingkungan sekitar dengan baik, tantangan berikutnya cobalah menggambar area yang lebih besar. Misalnya, peta kota Anda berikut landmark-nya. Kegiatan menggambar peta ini termasuk olahraga yang akan mengaktifkan berbagai area di otak Anda. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di The Quarterly Journal of Experimental Psychology, menggambar bisa meningkatkan daya ingat dengan mendorong integrasi dari aspek semantik, visual, dan motorik dari jejak memori.

Menggunakan Tangan yang Tidak Dominan

Jika Anda pengguna tangan kanan yang aktif, maka cobalah beraktifitas dengan tangan kiri sesekali. Sebaliknya, bila Anda kidal, bisa melakukan olahraga otak dengan menggunakan tangan kanan untuk menulis. Penggunaan tangan yang berlawanan dengan kebiasaan sangat menantang, Anda bisa merasakan sulitnya mengendalikan tangan sehingga tulisan yang dibuat tidak terlalu bagus.

Kegiatan ini adalah olahraga otak sederhana yang bagus untuk meningkatkan aktivitas di kepala Anda. Menurut ahli neurobiologi Lawrence Katz dalam buku Keep Your Brain Alive: 83 Neurobic Exercises to Help Prevent Memory Loss and Increase Mental Fitness, penggunaan tangan yang tidak dominan dapat memperkuat pikiran seseorang.

Baca Juga: Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Menyelesaikan Matematika Sederhana

Pilihan Olahraga Otak Sederhana yang Bisa Dicoba
Sumber: Pixabay

Setiap hari kita dihadapkan pada hitung-hitungan matematika. Mulai dari saat belanja, menghitung waktu, hingga beberapa tugas kantor. Jika ingin olahraga otak, maka selesaikan persoalan matematika sederhana itu tanpa alat tulis dan kalkulator. Hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian di otak Anda.

Berdasarkan penelitian Ryuta Kawashima dari Universitas Tohuku yang dikutip dari The Guardian, operasi matematika sederhana merangsang aktivitas otak sebelah kiri dan kanan. Otak kiri berfungsi untuk hal-hal metodis seperti matematika, sementara otak kanan untuk pemikiran kreatif.

Mendengarkan (dan Memainkan) Musik

Salah satu olahraga otak yang menyenangkan adalah mendengarkan musik. Saat musik dibunyikan, maka akan menghasilkan getaran, masuk ke saluran telinga, ditransmisikan melalui saraf pendengaran ke batang otak, dan dirangkai kembali menjadi sesuatu yang dikenal sebagai musik. Ketika seseorang mendengar satu komposisi musik, maka area lobus temporal medial otak meningkat. Bagian otak tersebut berfungsi menciptakan ingatan jangka panjang.

Selain itu, belajar memainkan alat musik juga bisa memperkuat hubungan di antara bagian-bagian otak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pelatihan musik dapat meningkatkan memori verbal, penalaran spasial, dan keterampilan membaca.

Permainan Asah Otak

Berdasarkan pengetahuan umum, berbagai permainan asah otak baik untuk kesehatan pikuran. Jika Anda suka permainan kata, maka cobalah teka-teki silang. Namun, bila Anda lebih tertarik dengan angka, maka dapat olahraga otak dengan sudoku.

Sebagian penelitian yang menyebutkan bahwa teka-teki silang sebenarnya tidak berpengaruh memori dan fungsi kognitif. Tapi, kalau mau menjadikan permainan ini bermanfaat untuk kesehatan otak, maka tantang diri Anda untuk menyelesaikan teka-teki silang lebih cepat atau lebih sulit.

Setelah melakukan olahraga otak secara rutin, Anda bisa merasakan perubahan pada daya ingat dan kekuatan berpikir. Selamat mencoba! –Qerja

Baca Juga: Game Memory, Permainan-Permainan Seru Untuk Mengasah Daya Ingat!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next