Pilar Teknologi Untuk Kesuksesan Di Era Digital | Qerja

Enam Pilar Teknologi Sebagai Modal Kesuksesan di Era Digital

Eka Utami, 1 week ago
Enam Pilar Teknologi Sebagai Modal Kesuksesan di Era Digital

Kita telah memasuki era digital di mana hampir semua hal saling terhubung melalui jaringan internet. Cara kita berinteraksi pun berubah, seringkali menggunakan gawai dan lewat dunia maya. Selain itu, kita juga terbiasa dengan mesin-mesin otomatis yang siap melayani kebutuhan sehari-hari.

Melihat perubahan cara hidup manusia di era digital, maka pelaku bisnis harus menjawab tantangan dengan menawarkan produk atau jasa berbasis teknologi. Mau tak mau, organisasi bisnis harus menguasai ilmu pengetahuan terapan tersebut. Untuk itu, pebisnis mesti mempelajari pilar teknologi yang menjadi kunci sukses di era digital.

Berikut enam pilar teknologi yang harus diketahui gar bisa memimpin orkestra di era digital seperti diungkapkan Akademisi dan Praktisi Bisnis Rhenald Kasali di Kompas.com.

Super App (Aplikasi Super)

Super App adalah aplikasi yang menyediakan berbagai layanan. Pengguna aplikasi bisa melakukan perpesanan, pemesanan, pembayaran dan sebagainya dalam satu platform.

Menurut catatan CNBC Indonesia, super app pertama di dunia adalah WeChat, aplikasi perpesanan dari Tencent Holdings. Selain messaging, WeChat juga menyediakan layanan payment, mini-program, gaming, dan top-up. Sementara itu, super app yang terkenal di Indonesia adalah Go-Jek, dan Grab. Bisnis perusahaan berbagi tumpangan itu terbilang sukses menguasai pasar di era digital, apalagi setelah mengembangkan super app.

Broadband Network

Enam Pilar Teknologi Sebagai Modal Kesuksesan di Era Digital
Sumber: Pixabay

Secara harfiah, broadband berarti jangkauan frekuensi yang luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Metode koneksi broadband ini menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi dalam hal jaringan komputer dan koneksi internet.

Broadband network dengan jangkauan luas dan kecepatan tinggi inilah salah satu pilar yang dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan bisnis di era digital. Dengan adanya broadband network, maka produk super app bisa bekerja dengan baik. Broadband network juga mendukung perubahan cara kerja dan bisnis di berbagai bidang saat ini.

Komputasi Awan (Cloud Computing)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberadaan broadband network telah mengubah dan  memudahkan pekerjaan di berbagai bidang. Para pekerja lebih gampang mengirim dan menerima data digital untuk urusan apa pun, mulai dari data tertulis, gambar, hingga video. Nah, data yang begitu banyak, mesti disimpan dalam tempat yang memuat data sampai tak terhingga. Maka, pilar teknologi berikutnya yang dibutuhkan di era digital adalah komputasi awan atau cloud computing.

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Pada sistem komputasi awan, internet dijadikan pusat pengelolaan data dan aplikasi. Data dan aplikasi yang tersimpan bisa dipakai semua orang yang diberikan hak akses (login). Jadi komputasi awan tidak hanya menampung data, tetapi juga memudahkan kerja kolaborasi bisnis.

Baca Juga: 4 Cara Teknologi Digital Mengubah Karier Anda

Big Data

Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Kata kunci dari Big Data adalah jumlah data yang begitu banyak dan berpotensi terus bertambah setiap hari. Big Data menyimpan informasi dan wawasan, yang bisa menguntungkan organisasi bisnis jika dimanfaatkan dengan benar.

Masalahnya, data di dalam Big Data bervariasi, kompleks dan tidak teratur. Maka, pelaku bisnis memerlukan kemampuan analisis data yang mumpuni agar bisa digunakan dengan baik. Hasil pengolahan data yang baik bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan perusahaan yang tepat sehingga menghasilkan keuntungan. Dengan memanfaatkan Big Data, maka organisasi bisa menguasai pasar di era digital.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)

Enam Pilar Teknologi
Sumber: Pixabay

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat diartikan sebagai mesin atau komputer yang dirancang oleh manusia sehingga mendeteksi atau melakukan suatu hal. Gerakan mesin otomatis tersebut karena adanya program yang dibuat khusus. Dengan kemampuan tersebut, mesin atau komputer sering dianggap memiliki kecerdasan tersendiri.

Teknologi AI bisa mengubah cara kerja di berbagai bidang sehingga perusahaan dapat menciptakan efisiensi biaya dan tenaga kerja. Teknologi AI juga dapat diwujudkan dalam bentuk produk yang bisa digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari. . Beberapa kemampuan AI antara lain memahami bahasa manusia, mengenali wajah dalam foto, hingga mengemudikan kendaraan. Kesuksesan di era digital bisa digapai dengan menguasai pilar teknologi AI dan menciptakan mesin dengan kemampuan beragam.

Internet of Things (IoT)

Pilar teknologi berikutnya adalah Internet of Things (IoT), yang artinya internet dan alat-alat (perangkat). IoT bisa menghasilkan interaksi antara mesin yang bekerja secara individu.   Dengan IoT, perangkat-perangkat bisa bekerja dengan otomatis tanpa campur tangan manusia.

IoT telah mendorong sistem kerja otomatis di berbagai bidang. Pelaku bisnis yang menguasai IoT dapat memberikan solusi dari kebutuhan masyarakat saat ini.

Kesimpulannya, kesuksesan di era digital bisa didapatkan dengan menguasai enam pilar teknologi. Mulai dari menciptakan super app yang memenuhi keinginan pasar dan menyediakan layanan lengkap, produk AI, hingga sistem terhubung dengan IoT. Untuk mengetahui keinginan pasar, maka perlu kemampuan untuk menganalisis informasi yang tepat dalam Big Data. Produk teknologi yang dihasilkan bisa bekerja dengan baik dengan dukungan broadband network dan komputasi awan. –Qerja

Baca Juga: Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next