Panduan Membuat Itinerary Liburan Sesuai Budget | Qerja

Panduan Membuat Itinerary Liburan Sesuai Budget

Eka Utami, 6 days ago
Panduan Membuat Itinerary Liburan Sesuai Budget

Rencana perjalanan liburan atau dikenal dengan istilah ‘itinerary’ merupakan daftar kegiatan serta estimasi budget selama traveling. Catatan tersebut berisi jadwal per hari, akomodasi, transportasi, hingga perkiraan biaya untuk keperluan terkecil seperti belanja oleh-oleh.

Itinerary liburan yang matang akan membuat pengalaman liburan kita optimal karena mencapai semua tujuan yang diharapkan. Berikut ini adalah beberapa panduan membuat rencana perjalanan liburan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Menentukan Tujuan

Panduan Membuat Rencana Perjalanan Liburan
Sumber: Pixabay

Langkah pertama dalam membuat itenary liburan adalah menentukan tujuan. Pada tahap ini, Anda tidak perlu terlalu detail. Pilih saja satu destinasi negara, pulau, provinsi, atau kota yang ingin Anda kunjungi.

Setelah itu, Anda bisa memperkirakan lama waktu singgah di tempat tersebut. Durasi liburan bisa disesuaikan dengan tanggal merah di kalender, atau rencana cuti yang sudah dibicarakan dengan atasan. Jadi, Anda juga dapat menimbang untuk berlibur pada high season atau low season.

Memilih Destinasi Wisata Spesifik

Setelah mendapat gambaran besar untuk rencana perjalanan, Anda bisa mulai riset lebih jauh tentang tujuan wisata yang ingin didatangi. Data tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai situs perjalanan atau ulasan travel blogger. Dari hasil penelusuran, Anda akan mendapat informasi tentang tempat menarik di kota tujuan wisata, makanan khas, hingga event besar yang diselenggarakan warga lokal.

Susun beberapa destinasi wisata yang paling menarik, kemudian pilih beberapa tempat yang bisa didatangi dalam kurun waktu kunjungan Anda. Jika ada beberapa lokasi rekreasi yang berdekatan, maka Anda bisa mengunjunginya dalam satu hari. Jangan lupa cek jam buka-tutup tempat wisata dan moda transportasi yang bisa ditumpangi untuk berpindah lokasi dalam jarak dekat.

Rencanakan Akomodasi

Bila sudah tahu beberapa tempat wisata yang ingin dikunjungi, sekarang Anda bisa mulai memasukkan data tempat penginapan ke dalam rencana perjalanan liburan. Jika memungkinkan, penginapan yang Anda singgahi juga tak terlalu jauh dengan tempat wisata dan pusat jajanan. Jadi, Anda bisa mencari tempat makan siang dan makan malam dengan mudah.

Pemilihan penginapan mestinya disesuaikan dengan biaya yang Anda siapkan. Untuk mendapat informasi hotel atau hostel berikut fasilitasnya, biaya sewa, hingga perbandingan harga terbaik, Anda bisa mencari tahu di situs yang menyediakan layanan pemesanan hotel. Jangan lupa catat nomor tempat penginapan yang akan Anda datangi.

Baca Juga: Kapan Waktu Liburan yang Tepat Bersama Keluarga?

Menentukan Jalur dan Moda Transportasi

Panduan Membuat Rencana Perjalanan Liburan
Sumber: Pixabay

Anda akan menemukan berbagai cara dan rute untuk menuju tempat tujuan liburan dengan riset di berbagai situs perjalanan. Anda bisa memilih jalur darat, udara, atau air –jika tempat tujuan wisata di pulau lain-. Pemilihan moda transportasi mesti disesuaikan dengan bujet dan waktu liburan Anda.

Selain perencanaan keberangkatan, Anda juga harus menyiapkan tiket untuk kembali dari tempat wisata sebelum memulai liburan. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kehabisan tiket perjalanan pada hari kepulangan.  Kalau memungkinkan, Anda bisa sekalian memesan tiket pulang pergi sejak awal.

Buat Jadwal Perjalanan

Setelah semua materi terkumpul, kini saatnya Anda menyusun jadwal perjalanan. Beberapa data yang harus dimasukkan adalah nama tempat, serta perkiraan waktu keberangkatan dan kedatangan. Kalau perlu, Anda juga bisa menambahkan keterangan nomor kontak di tempat yang akan didatangi.

Jadwal perjalanan tersebut bisa dibuat dalam bentuk kolom-kolom yang rapi. Kemudian Anda dapat menyimpan dokumen di Google drive atau email sehingga bisa diakses melalui ponsel. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda juga mencetak hard copy. Hal ini untuk menghindari kemungkinan jika Anda tidak mendapat sinyal atau kehabisan baterai ponsel di tengah jalan.

Menyusun Budget

Sejak awal melakukan riset tempat wisata, Anda sudah dapat membayangkan biaya yang harus dikeluarkan selama traveling. Setelah rencana perjalanan liburan tersusun rapi dalam bentuk jadwal yang runut, Anda bisa mendapat gambaran lebih jelas tentang budget yang dibutuhkan. Dana terbesar yang harus Anda siapkan di awal adalah biaya transportasi dari dan menuju destinasi libran. Biasanya, biaya ini sudah dikeluarkan sebelum Anda berangkat.

Kemudian, Anda mesti bisa memperkirakan besaran pengeluaran dalam sehari, mulai dari biaya makan, tiket masuk tempat wisata, dan transportasi dalam kota. Jangan lupa menambahkan anggaran cadangan untuk berjaga-jaga jika ada hal tak terduga. Anda dapat menambahkan satu kolom perkiraan budget ini di ujung jadwal perjalanan.

Rencana perjalanan liburan sangat berguna untuk memandu Anda selama traveling. Semakin detail itinerary liburan, semakin bagus. Jika disiplin mematuhi rencana, maka Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang optimal tanpa membuang waktu dan uang dengan percuma. –Qerja

Baca Juga: Tips Liburan Hemat Dengan Budget Di Bawah Rp1 juta



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next