Ternyata, Ini Lima Manfaat Keringat Bagi Tubuh | Qerja

Ternyata, Ini Lima Manfaat Keringat Bagi Tubuh

Eka Utami, 1 year ago
Ternyata, Ini Lima Manfaat Keringat Bagi Tubuh

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit. Setiap tetesan keringat yang keluar dari badan terdiri dari air, natrium, klorida, dan sebagainya. Berbagai zat yang keluar bersama keringat bisa menyebabkan bau tak sedap. Maka, sebagian orang akan berusaha menghindari kegiatan yang menyebabkan berkeringat.

Berkeringat di tempat kerja atau pada situasi tertentu memang mengganggu. Namun, bila sering melakukan aktivitas yang membuat badan berkeringat, maka kita akan mendapat berbagai manfaat kesehatan. Berikut beberapa fungsi keringat bagi tubuh yang ternyata sangat bermanfaat.

Mengontrol Suhu Tubuh

Fungsi utama dari berkeringat adalah mengontrol suhu tubuh. Ketika Anda berolahraga atau mengalami demam, maka badan akan terasa panas. Dengan berkeringat, maka panas tersebut akan keluar dari dalam tubuh.

Keringat yang keluar dari tubuh menandakan bahwa Anda memiliki mekanisme yang baik untuk menjaga temperatur tetap dingin. Sebaliknya, jika Anda kepanasan tapi tak bisa berkeringat, maka panas akan terjebak alam tubuh.

Menyehatkan Kulit

Keringat keluar dari tubuh melalui pori-pori kulit. Air keringat akan mendorong kotoran di pori-pori yang menjadi pemicu jerawat dan noda pada kulit. Dengan demikian, keringat juga berperan dalam membersihkan dan menyegarkan kulit.

Selain itu, ternyata keringat bisa berperan sebagai antibiotik alami. Menurut Ahli Dermatologi dari Manhattan Whitney Bowe di situs Wellandgood.com,keringat adalah sumber antimikroba yang disebut dermicin yang bisa membantu melindungi kulit terhadap infeksi dari kuman berbahaya. Jadi, Anda bisa membiarkan keringat beberapa saat di kulit sebelum dibersihkan. Dengan begitu, Anda akan membiarkan keringat menjalankan fungsinya untuk menyehatkan kulit.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

Melancarkan Sirkulasi Darah

Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya, tubuh akan mengeluarkan keringat. Pada saat yang sama, jantung akan bekerja lebih keras sehingga melancarkan sirkulasi darah.

Darah yang kaya oksigen dan nutrisi tersebar ke seluruh tubuh, mengalir ke paru-paru dan menguatkan sel-sel lainnya. Peredaran darah yang lancar akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Mengurangi Stres

Kita mengeluarkan keringat karena tubuh terasa panas –saat berolahraga, berada di bawah sinar matahari, sauna, dan sebagainya-. Panas tersebut membuat tubuh memompa darah lebih cepat sehingga menciptakan lonjakan oksigen yang meningkatkan serotonin di otak. Serotonin tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kortisol yang berkontribusi terhadap kecemasan dan depresi. Akhirnya, pikiran menjadi lebih tenang.

Selain itu, keringat yang keluar setelah olahraga mendorong hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Ketika suasana hati terasa baik, stres akan hilang, dan badan menjadi sehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Saat beraktifitas berat atau berada di tengah cuaca panas, maka tubuh akan berkeringat. Bila tubuh mengeluarkan banyak air, maka Anda akan cenderung sering minum. Ketika Anda mengonsumsi banyak cairan, maka ginjal juga akan aktif mengeluarkan racun tubuh.

Cairan yang masuk ke tubuh akan membersihkan sistem dan membantu mengendalikan timbulnya batu ginjal. Hal ini membuktikan bahwa sistem ekresi tubuh berjalan dengan baik.

Selain manfaat kesehatan di atas, salah satu fungsi berkeringat yang sering disebut adalah detoksifikasi racun dalam tubuh. Namun, pernyataan tersebut perlu diluruskan. Berdasarkan hasil penelitian yang dikutip dari Nationalgeographic.com, keringat memang membawa zat racun dari dalam tubuh, namun jumlahnya sangat kecil. Sementara sisa racun yang berisiko mengganggu kesehatan masih mengendap di dalam tubuh meski kita banyak mengeluarkan keringat.

Jadi, jangan takut berkeringat! Jika Anda aktif melakukan kegiatan yang menimbulkan keringat, maka tubuh akan menjadi sehat. –Qerja

Baca Juga: Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next