Penyebab Jerawat Dan Tanda Masalah Kesehatan | Qerja

Penyebab Jerawat Dan Tanda Masalah Kesehatan Yang Diungkapnya!

Eka Utami, 4 weeks ago
Penyebab Jerawat Dan Tanda Masalah Kesehatan Yang Diungkapnya!

Jerawat adalah benjolan merah meradang dan bersisik di permukaan kulit.  Umumnya, jerawat muncul pada usia remaja yang kelenjar minyaknya mulai aktif. Tapi, jerawat juga bisa muncul di kulit orang dewasa dan bisa menjadi penanda masalah kesehatan.

Jerawat terjadi karena kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambt tersumbat dengan minyak dan sel kulit mati.  Simak ulasan penyebab jerawat di beberapa bagian wajah berikut ini.

Dahi

Jerawat yang muncul di dahi sering dikaitkan dengan masalah kesehatan pencernaan. Ada kemungkinan, tubuh Anda kesulitan memecah bahan makanan tertentu. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengurangi minuman bersoda dan yang mengandung kafein. Anda harus sering minum air putih dan makan makanan seimbang.

Selain itu, jerawat di dahi juga mengindikasikan stres dan jadwal tidur yang tidak teratur. Untuk mengatasinya, Anda perlu memperbaiki kualitas istirahat dengan tidur selama tujuh jam setiap malam.

Tepi Wajah

Jika jerawat tersebar di tepi wajah, seperti di sepanjang garis rambut atau dekat telinga, maka ada kemungkinan masalah tersbeut disebabkan produk perawatan rambut. Produk kecantikan yang mengandung minyak dan bahan kimia bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan karena penggunaan penutup kepala seperti topi dan bandana yang tidak bersih.

Untuk mengatasi masalah jerawat di daerah ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui bahan-bahan dalam produk kecantikan yang digunakan. Kemudian, Anda dapat mengubah cara perawatan rambut dan wajah dengan menggunakan bahan alami. Selain itu, pastikan penutup kepala yang sering Anda pakai dicuci secara rutin.

Baca Juga: Ternyata, Ini Lima Manfaat Keringat Bagi Tubuh

Zona T

Zona T mengacu pada area wajah dari dahi di antara dua alis, hidung, hingga dagu. Wilayah ini memang lebih licin karena memiliki kelenjar minyak daripada area wajah lainnya. Ketika wajah terkena kotoran atau riasan yang tidak dibersihkan dengan sempurna, maka akan timbul jerawat dan komedo di sekitar area ini. Selain itu, jerawat yang ada di daerah ini juga menandakan beberapa masalah kesehatan seperti ketidakseimbangan pencernaan, alergen makanan, hingga disfungsi hati dan tekanan darah tinggi.

Bila Anda mendapati jerawat di daerah ini, maka bisa mencoba mengubah pola makan dengan meninggalkan daging merah, makanan cepat saji, hingga hidangan yang pedas. Sebagai gantinya, Anda harus lebih sering mengonsumsi sayuran.

Pipi

Jerawat di bagian atas pipi sering muncul ketika Anda sering melakukan aktivitas di luar rumah. Debu dan kotoran yang menempel di wajah Anda setelah berjalan di trotoar atau berkendara bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Selain itu, jerawat juga dapat muncul kerika pipi sering bersentuhan dengan barang-barang seperti ponsel jarang dilap atau sarung bantal yang belum dicuci. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus rajin mencuci muka dan membersihkan barang-barang, kalau perlu lap ponsel dengan desinfektan.

Lebih lanjut, jerawat di area pipi juga bisa menjadi pertanda konsumsi gula tinggi. Jadi, cara mengatasinya tentu dengan membatasi makanan dan minuman manis.

Dagu

Arti Letak Jerawat yang Bisa Menjadi Penanda Masalah Kesehatan
Sumber: Pixabay

Ketika jerawat nampak di area dagu, maka hal itu menandakan ketidakseimbangan hormon. Kelebihan hormon dapat menstimulasi kelenjar minyak dan menyumbat pori-pori di mana bakteri jerawat tumbuh. Ketidak seimbangan hormon bisa terjadi pada pria atau wanita menjelang menstruasi.

Ketidakseimbangan hormon dapat diredakan dengan makanan atau suplemen mengandung omega-3. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan diet dan tidur teratur.

Secara umum, kemunculan jerawat di wajah bisa menandakan kebersihan yang tidak terjaga dengan baik, atau pola makan dan tidur yang tidak sehat. Jadi, bila jerawat terlihat, Anda harus memperbaiki gaya hidup. –Qerja

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next