Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online | Qerja

Sebelum Bayar Iuran, Cari Tahu Dulu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Eka Utami, 4 weeks ago
Sebelum Bayar Iuran, Cari Tahu Dulu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Setiap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan hendaknya melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan tentang layanan pemerintah tersebut. Anggota BPJS  mesti memahami manfaat BPJS, fasilitas kesehatan, jenis penyakit yang ditanggung, hingga cara bayar iuran setiap bulan.

Nah, untuk urusan iuran, pemerintah memberi kemudahan pada peserta, mulai dengan menyiapkan berbagai fasilitas pembayaran, hingga kemudahan cara cek tagihan BPJS Kesehatan. Begini cara cek tagihan sebelum Anda bayar iuran.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Situs BPJS

Jika terbiasa menggunakan layanan internet di rumah, Anda mesti tahu cara cek tagihan BPJS Kesehatan di situs resmi melalui komputer. Pengetahuan ini juga berguna buat Anda ingin membayar iuran BPJS Kesehatan di sela jam kerja. Anda dapat melihat dulu nominal uang yang harus disetorkan sebelum berangkat ke kantor BPJS terdekat, ATM, kantor pos, atau mini market. Simak langkah-langkah ini.

  • Masuk ke situs resmi BPJS Kesehatan: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/
  • Klik menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan” di sebelah kiri halaman utama (atau sebelah kanan Anda). Setelah mengetuk menu tersebut, Anda akan membuka halaman baru BPJS Checking secara otomatis
  • Pada halaman baru, Anda diminta mengisi dua kolom yang terdiri dari Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan Tanggal Lahir. Setelah itu, Anda perlu memasukkan angka validasi yang telah disediakan. Klik “cek”
  • Kemudian, Anda akan dapat melihat rincian pembayaran pembayaran yang telah dilakukan dan tagihan yang belum dilunasi

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui SMS

Sebelum Bayar Iuran, Cari Tahu Dulu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan
Sumber: Kaboompics

Bila Anda tidak terbiasa menggunakan layanan internet, atau kehabisan kuota, maka bisa mengecek tagihan lewat SMS. Layanan informasi BPJS Kesehatan lewat pesan singkat bisa diakses di nomor 08777-5500-400. Berikut panduannya:

  • Ketik pesan dengan format: Tagihan<spasi>Nomor Induk Kependudukan atau Tagihan<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA)
  • Kirim ke 08777-5500-400
  • Tunggu balasan dari BPJS Kesehatan yang berisi pesan tagihan Anda

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN

Melihat kebiasaan masyarakat yang akrab dengan berbagai jenis aplikasi untuk segala kebutuhan, maka pemerintah pun mengembangkan aplikasi mobile JKN. Melalui aplikasi tersebut, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah. Salah satu fitur aplikasi Mobile JKN adalah kemudahan mengecek tagihan.

  • Unduh dan install aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store atau App Store
  • Klik “Pendaftaran Menggunakan Mobile” untuk membuat akun pada aplikasi
  • Setelah memiliki akun, maka log in
  • Pilih menu Tagihan, lalu Premi
  • Aplikasi akan menampilkan informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan

Baca Juga: Lima Fakta Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Tokopedia

Situs jual beli Tokopedia juga menghadirkan fitur pembayaran iuran BPJS Kesehatan secara online. Tokopedia menjanjikan kemudahan melunasi tagihan BPJS Kesehatan semudah membeli token listrik dan paket roaming. Bahkan, Tokopedia juga menawarkan promo dan cashback setiap kali Anda melakukan transaksi pembayaran BPJS Kesehatan. Selain pembayaran BPJS Kesehatan Tokopedia juga melengkapi fitur untuk cek tagihan asuransi dari pemerintah tersebut. Inilah caranya.

  • Buka laman Tokopedia BPJS Kesehatan
  • Masukan nomor peserta BPJS Kesehatan yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan Anda
  • Sistem akan mengeluarkan rincian pembayaran BPJS Kesehatan Anda secara otomatis

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di Traveloka

Sebelum Bayar Iuran, Cari Tahu Dulu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan
Sumber: Stocksnap

Penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel, Traveloka juga menyediakan fitur khusus agar pengguna bisa membayar iuran BPJS Kesehatan secara online dengan mudah. Masyarakat yang ingin melunasi pembayaran lewat Traveloka pu bisa mengecek tagihan di situs tersebut. Begini caranya.

  • Kunjungi situs web Traveloka melalui gadget atau buka aplikasi Traveloka App di ponsel
  • Pengguna Traveloka App perlu memperbarui aplikasi ke versi 2.19 untuk dapat menikmati layanan ini
  • Pastikan Anda memiliki akun Traveloka dan masuk ke akun tersebut, atau bisa mendaftar secara gratis
  • Pilih menu “Bill Payment” atau “Bayar Tagihan”, lalu klik “BPJS Kesehatan”. Menu ini tersedia di bagian kanan atas untuk versi desktop dan di bawah info akun TravelokaPay pada laman utama Traveloka App.
  • Masukan nomor Virtual Account dan jumlah bulan yang ingin dicek
  • Jika nomor VA benar dan tagihan tersedia, maka menu pop-up akan muncul menampilkan informasi yang dibutuhkan

Selain melalui situs, SMS dan berbagai aplikasi, Anda juga bisa cek tagihan BPJS Kesehatan lewat Care Center di nomor telepon 1500 400, layanan jemput bola BPJS  Kesehatan Mobile Customer Service (MCS), dan di Mal Pelayanan Publik (MPP)  di Jakarta, Bekasi, Batam, Surabaya, Banyuwangi dan Denpasar. Bahkan, admin akun Twitter @BPJSKesehatanRI pun siap membantu Anda untuk mendapat informasi ini. Anda tinggal memilih cara yang paling mudah.i

Setelah mengetahui informasi tagihan, Anda bisa menyiapkan dana dengan nominal yang pas sebelum berangkat ke loket pembayaran. Anda juga dapat memastikan uang yang ada di rekening atau e-money cukup untuk membayar tagihan. –Qerja

Baca Juga: Cara Bayar BPJS Kesehatan Dengan ATM Ternyata Sangat Mudah!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next