Untung Rugi Membuat Anggaran Bulanan Pekerja | Qerja

Untung Rugi Membuat Anggaran Bulanan Bagi Pekerja

Eka Utami, 3 weeks ago
Untung Rugi Membuat Anggaran Bulanan Bagi Pekerja

Salah satu cara mengatur keuangan bulanan Anda adalah dengan membuat anggaran. Berbekal rencana keuangan, kita bisa membelanjakan uang dengan lebih cermat, menekan pengeluaran yang tidak perlu, hingga menambah tabungan. Namun, terkadang anggaran yang dibuat sendiri malah membuat kita kesulitan.

Jadi, sebenarnya anggaran bulanan memberi keuntungan atau malah menyebabkan kerugian? Simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Anggaran Bulanan

Keuntungan anggaran bulanan yang akan dibahas sebenarnya sudah Anda ketahui. Bahkan, buat Anda yang sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, bisa merasakan manfaat dari penganggaran tersebut.

Mengontrol Keuangan

Anggaran bulanan sangat berguna buat Anda yang punya masalah belanja tak terkendali. Orang-orang yang terbiasa menggesek kartu dengan mudah setiap kali melakukan pembayaran seringkali mengalami defisit keuangan di akhir bulan. Ketika uang sudah habis, mereka bingung kemana larinya semua penghasilan yang didapat dari hasil keringat.

Maka, dengan membuat anggaran bulanan, Anda akan mendapat keuntungan karena bisa menelusuri setiap pengeluaran. Berdasarkan catatan tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi dan memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Dengan kontrol anggaran maka kondisi finansial Anda akan menjadi lebih sehat.

Memahami Kebiasaan Belanja

Sebelum punya anggaran, Anda mungkin tidak merasa kalau mengeluarkan uang terlalu banyak saat belanja barang tertentu. Atau, Anda mungkin terlampau sering makan di luar rumah. Namun, saat menyusun anggaran dan menelusuri pengeluaran bulanan, Anda akan tahu kebiasaan boros yang tidak disadari selama ini.

Dengan memahami kebiasaan belanja tersebut, Anda bisa introspeksi dan mengubah gaya hidup. Misalnya, jika terlalu banyak mengeluarkan uang untuk pos makan dan minum sehari-hari, maka Anda bisa mengubah kebiasaan untuk masak dan bawa bekal sendiri di kantor. Sementara itu, jika pengeluaran terbesar Anda untuk pakaian, maka cobalah membatasi belanja online atau kunjungan ke mall.

Menambah Tabungan

Keuntungan dan Kerugian Anggaran Bulanan
Sumber: Skitterphoto

Jika sudah terbiasa membuat anggaran bulanan dan mematuhinya dengan disiplin tinggi, maka Anda akan memiliki sisa uang yang cukup besar sebelum gajian berikutnya. Anda bisa menabung uang tersebut atau menambah investasi.

Uang tabungan yang Anda kumpulkan bisa digunakan untuk membeli barang mewah yang selama ini diinginkan. Jadi, impian untuk memiliki ponsel atau laptop baru yang canggih bisa diwujudkan. Anda juga dapat menggunakan uangtersebut untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat menarik.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Millennial

Kerugian Anggaran Bulanan

Selama ini kita hanya tahu bahwa dengan memiliki anggaran bulanan, maka akan berdampak positif untuk keuangan. Namun, terkadang penganggaran juga bisa mendatangkan kerugian.

Kesulitan Mencari Metode yang Tepat

Terkadang, metode penganggaran yang Anda buat tidak cocok dengan penghasilan, kebutuhan, dan pengeluaran. Hal ini malah membuat Anda melanggar perencanaan sendiri, dan akhirnya malah tekor.

Jadi, Anda memang harus mencoba mencari cara penganggaran yang tepat berdasarkan  kebiasaan belanja dan pengeluaran. Misalnya, jika pemasukan berfluktuasi, mungkin Anda butuh membuat anggaran setiap pekan. Bila tidak cocok, maka Anda harus berpikir lagi pada bulan berikutnya.

Stres Mengikuti Anggaran

Ketika tidak punya anggaran, Anda akan mengeluarkan uang saat menginginkannya. Barang atau pengalaman yang Anda beli akan memuaskan hasrat dan membuat diri merasa senang pada saat itu juga. Jadi, meski tidak punya uang di akhir bulan, Anda akan merasa senang setiap kali berbelanja.

Beda hal jika Anda baru mulai menjalankan hidup lebih tertib dengan panduan anggaran. Anda akan merasa terkekang untuk menghabiskan uang. Apalagi jika dana yang sudah dianggarkan tidak cukup untuk memenuhi keinginan sesaat, maka Anda bisa stres sendiri. Solusi untuk hal ini tentu saja dengan mencari hiburan yang lebih murah atau bahkan gratis agar tidak merusak perencanaan keuangan.

Kesimpulannya, tidak setiap saran keuangan baik dan cocok dengan semua orang. Anggaran bulanan memang bagus untuk membantu untuk Anda yang punya keterbatasan penghasilan, pengeluaran yang bervariasi, dan ingin membereskan utang. Sementara buat Anda dengan variabel pengeluaran yang hampir seragam setiap bulan, mungkin tak perlu membuat anggaran. Bagi orang tertentu, penganggaran hanya akan membuat tambahan pekerjaan dan tekanan saja. –Qerja

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Karyawan dengan Gaji di Bawah Rp 4 juta



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next