Cara Meminta Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen | Qerja

Begini Etika Meminta Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen

Eka Utami, 3 weeks ago
Begini Etika Meminta Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen

Surat rekomendasi adalah salah satu dokumen yang bisa membantu kita dalam proses pencarian kerja. Dengan memegang dokumen rujukan, berarti kita telah mendapat pengakuan dari orang lain terkait keterampilan dan keahlian kerja, serta etos kerja dan dedikasi. Surat rekomendasi ini akan memperkuat argumen yang terdapat dalam lamaran atau resume pelamar kerja.

Biasanya, seseorang bisa mendapat rekomendasi jika telah bekerja beberapa kali. Surat tersebut bisa didapat dari atasan di tempat kerja sebelumnya.

Namun, bila seseorang belum punya pengalaman kerja sama sekali, maka dapat meminta surat rekomendasi dari dosen di kampus. Begini etika meminta surat rekomendasi dari dosen.

Pilih Dosen yang Tepat

Rekomendasi kerja bisa diminta dari dosen yang pernah membimbing Anda saat praktikum, magang, skripsi, penelitian, atau bahkan kegiatan ekstrakurikuler di luar mata kuliah. Jika aktif berkegiatan di kampus, maka Anda akan lebih punya banyak pilihan pemberi rujukan. Apalagi, jika Anda menonjol dalam setiap aktivitas tersebut. Dengan demikian dosen bisa mengamati cara kerja Anda dan memberikan rekomendasi yang bagus.

Nah, dari beberapa dosen yang pernah menjadi pembimbing, pilihlah orang yang paling mengenal karakter dan gaya kerja Anda, bukan yang paling terkenal di kalangan mahasiswa. Dosen yang tepat bisa menulis rekomendasi spesifik tentang kepribadian dan keunggulan Anda.

Memperkenalkan Diri

Begini Etika Meminta Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen
Sumber: Pixabay

Setelah Anda memilih dosen yang paling tepat, kini saatnya menghubunginya kembali. Meski sudah merasa dekat dengan sang pengajar, Anda tetap harus memperkenalkan diri ketika mengontaknya lagi setelah sekian lama. Ingatlah bahwa dosen mengajar ratusan mahasiswa. Jadi, dosen belum tentu mengingat setiap orang, meski Anda adalah mahasiswa yang menonjol saat mengikuti bimbingannya.

Jadi, ketika menelepon atau mengirim surat elektronik, Anda harus menyampaikan informasi nama, jurusan kuliah, dan angkatan. Selain itu, Anda juga perlu menyebutkan kelas praktikum atau proyek penelitian secara spesifik yang dikerjakan di bawah bimbingan dosen tersebut.

Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Pentingnya Rekomendasi

Menyiapkan Dokumen

Begini Etika Meminta Surat Rekomendasi Kerja dari Dosen
Sumber: Pixabay

Jika dosen sudah menyatakan kesediaan untuk memberi rekomendasi, kini saatnya Anda membuat permohonan surat yang resmi. Anda harus meluangkan waktu untuk menulis permintaan rekomendasi yang baik.

Surat tersebut berisi maksud dan tujuan rekomendasi untuk melamar kerja, serta kegiatan, pelatihan, dan pekerjaan yang dilakukan setelah lulus kuliah. Selain itu, jangan lupa ceritakan tujuan karier dan kekuatan individu yang ingin disebutkan secara khusus dalam surat rujukan.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan dokumen lain yang bisa menjadi bahan untuk dosen membuat surat rekomendasi. Beberapa berkas yang perlu dilengkapi antara lain resume, daftar pelatihan yang pernah diikuti, sampai makalah atau proyek yang pernah dikerjakan.

Jangan lupa sampaikan tenggat waktu kebutuhan surat rujukan. Anda juga perlu menyebutkan cara membuat dan mengirim surat rekomendasi melalui pos dengan tanda tangan basah atau cukup melalui email saja.

Cari Waktu untuk Bertemu Dosen

Jika Anda masih tinggal di sekitar kampus, atau berada di kota yang tak jauh dari lokasi universitas, maka usahakan untuk bertemu dengan dosen yang bisa memberi rekomendasi kerja. Meski sudah mengirim semua dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan surat rekomendasi, namun pertemuan ini akan membuat dosen bisa “mewawancarai” Anda sebelum menulis rujukan. Jadi, cobalah cari waktu untuk bertemu dosen di sela jam kerja, atau seusai waktu mengajar.

Sementara, buat Anda yang tinggal jauh dari kampus juga bisa beruntung untuk bertemu dosen secara langsung. Saat berkirim surat elektronik, mungkin Anda mendapat informasi bahwa dosen menjadi pembicara pada seminar atau mengisi sesi pelatihan di tempat yang dekat dengan kota Anda. Anda bisa mengejar kesempatan untuk menemui dosen di sela-sela acara tersebut. Dosen akan mengapresiasi upaya dan semangat Anda untuk mendapat rujukan darinya.

Ucapkan Terima Kasih

Bila dosen sudah meluangkan waktu untuk bertemu dan menulis surat rekomendasi khusus, maka sudah selayaknya Anda mengucapkan terima kasih. Tanda terima kasih tidak perlu dengan benda atau barang berharga.

Anda cukup mengucapkan terima kasih dan tetap menjaga hubungan baik dengan dosen di masa mendatang. Anda juga bisa mengabari jika sudah diterima kerja berkat rujukan darinya.

Ingat, bahwa Anda tidak hanya membutuhkan bantuan dosen pada saat ini saja. Mungkin Anda akan menghubunginya lagi jika kelak membutuhkan surat rekomendasi untuk melanjutkan sekolah.

Surat rekomendasi dari dosen ini dibutuhkan untuk pekerjaan di bidang yang sesuai dengan ilmu yang dipelajari di kampus. Surat rekomendasi ini akan melancarkan proses seleksi kerja yang Anda ikuti. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Enam Etika Meminta Rekomendasi Kerja dari Koneksi



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next