10 Tanda-tanda Kecanduan Internet Yang Umum | Qerja

10 Tanda-tanda Kecanduan Internet Paling Umum. Apakah Anda Mengalaminya?

Eka Utami, 2 weeks ago
10 Tanda-tanda Kecanduan Internet Paling Umum. Apakah Anda Mengalaminya?

Internet telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Sistem jaringan komputer yang terhubung secara global ini membantu kita dalam melakukan pekerjaan, melancarkan komunikasi, hingga menjadi sumber informasi dan hiburan. Internet memang bisa memberikan segudang manfaat, namun kita bisa terbuai dengan segala kemudahan yang ditawarkan hingga tak bisa lepas darinya.

Berdasarkan studi neurologis dan neuroimaging, orang yang kecanduan internet  mengalami perubahan biologis pada bagian otak korteks prefrontal, korteks temporal, dan ventral striatum. Korteks prefrontal adalah bagian orak yang berfungsi mematangkan kemampuan kognitif, mengambil keputusan, mengembangkan kepribadian, dan kemampuan untuk bersosialisasi.

Sementara korteks temporal dan ventral striatum berperan dalamg mengkompromikan fungsi eksekutif dalam perencanaan dan penalaran serta meningkatnya risiko impulsif. Gejala perubahan biologis di beberapa bagian otak tersebut serupa dengan kecanduan terhadap zat adiktif.

Selain perubahan nyata pada bagian otak, kecanduan internet juga bisa dilihat dari beberapa gejala yang terlihat secara kasat mata. Berikut beberapa tanda kecanduan internet.

Terisolasi

Berdasarkan riset peneliti dari University of Oxford yang dikutip dari Detik.com, durasi ideal untuk melakukan aktivitas online dengan berbagai jenis gawai adalah sepanjang 257 menit atau sekitar 4 jam 17 menit dalam sehari. Menurut pada ilmuwan, seseorang yang hanya menggunakan internet dalam durasi tersebut, maka bisa memiliki kemampuan teknologi yang mumpuni, tanpa mengurangi waktu bersosialisasi.

Namun, seseorang yang telah kecanduan internet akan online dalam waktu yang lama sehingga tidak punya waktu untuk berhubungan dengan dunia nyata dan terisolasi dalam dunianya sendiri.

Lupa Waktu

Ketika orang sudah terpaku dengan gawai dalam selama berjam-jam, maka ia akan kehilangan kepekaan untuk merasakan perubahan waktu. Apalagi jika berselancar di dunia maya atau bermain game dalam ruang tertutup.

Tanpa terasa, orang kecanduan internet sudah menghabiskan waktu seharian di depan layar.

Insomnia

Mengutip pernyataan ilmuwan dari Universitas Manchester dari situs Kompas.com, cahaya sian atau warna biru kehijauan yang dipancarkan layar ponsel atau komputer dapat menurunkan produksi melatonin tubuh. Akibatnya kita tidak merasa mengantuk dan akan terus terjaga.

Orang yang sudah kecanduan internet dan memandangi layar dalam waktu lama di malam hari, pasti kesulitan tidur. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka ia akan mengalami insomnia.

Ketidakjujuran

Tanda-tanda Kecanduan Internet. Apakah Anda Mengalaminya?
Sumber: Pixabay

Jika kita terlalu lama menggunakan internet untuk menonton, bermain, sampai mengecek media sosial, maka pekerjaan lain akan terabaikan. Orang yang sudah kecanduan internet akan mulai tidak jujur terhadap durasi waktu penggunaan internet hingga mencari alasan pembenaran bila ada tugas yang tertunda.

Dusta-dusta kecil harus ditutupi dengan manipulasi data dan fakta. Akibatnya kebohongan akan semakin besar.

Kecemasan

Sebagaimana kita tahu bahwa internet menawarkan berbagai macam kemudahan. Kita mencari lokasi dengan dipandu Google Maps, membaca ulasan travel blogger sebelum liburan, sampai mengikuti saran dari artikel tertentu sebelum menghadiri wawancara kerja. Selain itu, internet memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Ketika orang yang sudah kecanduan internet kehilangan kemudahan dan harus menghadapi dunia nyata, maka akan merasa canggung, cemas, sampai depresi.

Baca Juga: Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Euforia saat Menggunakan Komputer

Euforia adalah perasaan gembira yang berlebihan. Orang yang sudah kecanduan internet akan melihat komputer atau gawai lainnya seperti kebutuhan pokok. Ketika menemukan komputer, ia seperti melihat makanan yang akan memenuhi kebutuhan hidup dan mengatasi rasa lapar.

Nutrisi yang Buruk

Saat berselancar di dunia maya dengan berbagai jenis gawai, kita tidak banyak bergerak. Kita hanya duduk diam memandangi layar ponsel, laptop atau komputer dalam waktu lama. Kalau sudah keasyikan membaca, bermain, atau menonton, kita bisa sampai mengabaikan jam makan, sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan badan menjadi kurus.

Sementara itu, sebagian orang yang duduk terlalu lama di depan gadget sambil mengudap camilan tak sehat juga akan mengalami masalah nutrisi dan kegemukan.

Masalah Kesehatan Mata

Orang yang kecanduan internet lebih banyak menggunakan matanya untuk menatap komputer atau tablet. Apabila seseorang terlalu sering melihat layar tanpa berkedip, maka akan mengalami mata kering.

Padahal semua orang perlu berkedip  untuk melepaskan air mata yang menenangkan dan melapisi mata. Jadi, salah satu tanda orang yang sudah kecanduan internet adalah mulai mengalami mata kering, diikuti dengan masalah kesehatan mata lainnya.

Nyeri Leher

Tanda-tanda Kecanduan Internet. Apakah Anda Mengalaminya?
Sumber: Pixabay

Saat menggunakan komputer yang terhubung dnegan internet terlalu lama, kita akan duduk dalam posisi yang sama dalam beberapa jam. Padahal, posisi tersebut bisa menyebabkan ketegangan postural yang signifikan pada leher, punggung, dan bahu.

Otot-otot di bagian tubuh tersebut kelelahan dan merasa sakit sehingga kita akan mengalami nyeri yang signifikan di seluruh leher dan daerah punggung bagian atas.

Sakit Kepala

Kecanduan internet bisa menyebabkan sakit kepala. Ketika mata terpaku pada layar komputer seharian, maka otot mata menjadi letih. Efeknya berdampak pada sakit kepala dan pandangan yang kabur.

Intinya, kita tidak boleh berlebihan dalam hal apa pun, termasuk memanfaatkan jaringan internet. Kendalikan diri Anda agar tidak sampai kecanduan internet. –Qerja

Baca Juga: Hal yang Bisa Dilakukan Saat Jaringan Internet Kantor Terputus



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next