Enam Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan | Qerja

Enam Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

Eka Utami, 1 week ago
Enam Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

Pisang adalah salah satu makanan sehat yang populer di dunia. Buah ini bisa dikonsumsi begitu saja, dicampur dengan smoothie. Dan, yang paling penting, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di mana saja, di pasar atau supermarket terkemuka.

Selain rasanya enak, buah pisang juga memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk Anda.

Baik untuk Pencernaan

Buah pisang berukuran sedang mengandung 3 gram serat. Dengan mengonsumsi pisang saja, Anda sudah bisa memenuhi 10 persen kebutuhan serat dalam sehari. Buah kuning ini juga merupakan sumber prebiotik. Prebiotik adalah sejenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna, tapi bisa menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam usus Anda.

Pisang juga menjadi salah satu pilihan buah yang dianjurkan untuk penderita diare. Alasannya karena seseorang yang mengalami diare kehilangan elektrolit seperti kalium dalam jumlah besar. Hal itu, membuat penderita menjadi lemah. Dengan mengonsumsi pisang, kebutuhan kalium tubuh akan terpenuhi kembali.

Menjaga Tekanan Darah

Manfaat Kesehatan Buah Pisang yang Perlu Anda Tahu
Sumber: Pixabay

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Mineral tersebut akan membantu menghilangkan natrium, yang kemudian dibuang saat buang air kecil. Ketika kandungan natrium dalam tubuh rendah, maka tekanan darah pun menurun. Selain itu, kalium juga akan membuat dinding pembuluh darah menjadi rileks, sehingga membuat tekanan darah lebih rendah.

Lebih lanjut, kalium juga dapat menurunkan risiko stroke. Bahkan, menurut data yang dikutip dari Medicalnewstoday, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20 persen risiko kematian dari semua masalah kesehatan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C dan B6 dalam pisang mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium  dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian yang dikutip dari Medicalnewstoday, orang yang mengonsumsi 4069 miligram kalium per hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 49 persen.

Sementara itu, vitamin C yang terkandung dalam pisang juga bisa melawan faktor penyakit jantung. Dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, maka bisa mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida darah. Adapun vitamin B6 yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengurangi kadar homosistein tinggi yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Enam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata

Sumber Antioksidan untuk Tubuh

Seperti halnya sayur dan buah lainnya, pisang juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Salah satu jenis antioksidan kuat yang terkandung dalam pisang adalah dopamin. Namun, dopamin di sini tidak masuk ke aliran darah ke otak sehingga tidak berpengaruh dalam perubahan hormon dan memperbaiki suasana hati.

Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan dengan melindungi sel dari radikal bebas. Antioksidan pada pisang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Kesehatan Buah Pisang yang Perlu Anda Tahu
Sumber: Pixabay

Sebagaimana kita tahu bahwa berat badan berlebih dapat mengganggu kesehatan dan penampilan. Orang yang kegemukan akan sulit bergerak, dan malah lebih mudah terserang penyakit. Maka, jika Anda berniat untuk diet, maka masukkan buah pisang ke dalam menu harian Anda.

Pisang adalah makanan yang mengandung nutrisi dan serat yang tinggi, namun rendah kalori. Satu buah pisang ukuran sedang hanya mengandung 100 kalori. Selain itu, serat larut yang terkandung dalam pisang memiliki kecenderungan untuk memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu lama. Jadi, Anda bisa mengendalikan diri untuk makan lagi dalam waktu dekat setelah mengonsumsi pisang.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 13 persen dari kebutuhan mangan harian Anda. Mineral tersebut membantu tubuh membuat kolagen dan melindungi kulit serta sel-sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain buahnya, kulit pisang juga dipercaya bisa menyehatkan kulit dan rambut. Kulit pisang dapat digunakan untuk merawat kulit yang mengalami masalah jerawat.

Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi pisang setiap hari. Buah ini akan memberi berbagai manfaat kesehatan untuk Anda. –Qerja

Baca Juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next