6 Keuntungan Meningkatkan Skill Fresh Graduate | Qerja

Enam Keuntungan Meningkatkan Skill Kerja buat Fresh Graduate

Eka Utami, 1 year ago
Enam Keuntungan Meningkatkan Skill Kerja buat Fresh Graduate

Dunia kerja yang dinamis terus berubah seiring dengan perkembangan industri dan teknologi. Para pencari kerja, khususnya dari kalangan fresh graduate, harus bisa beradaptasi dengan situasi terkini dan tren yang sedang terjadi. Caranya dengan meningkatkan skill agar bisa bersaing di pasar kerja.

Jadi, setelah lulus kuliah, fresh graduate tidak boleh berhenti belajar. Keahlian baru yang dipelajari akan membuat Anda semakin dekat dengan kesuksesan. Berikut beberapa keuntungan meningkatkan skill kerja buat fresh graduate.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pentingnya Meningkatkan Skill Kerja buat Fresh Gaduate
Sumber: Pixabay

Dengan berbekal skill yang mumpuni, Anda akan lebih percaya diri untuk datang ke sesi wawancara dan menunjukkan segala keahlian baru yang sudah dikuasai. Bahkan, ketika sudah dalam masa percobaan, Anda akan menunjukkan bahwa bisa mengerjakan tugas kantor lebih baik, hingga membuat perubahan positif di angkatan kerja. Atasan akan menyadari upaya Anda untuk menonjol daripada yang lain. Perusahaan memandang karyawan yang berpengetahuan luas, kompeten, dan proaktif sebagai aset yang berharga.

Meningkatkan Daya Saing di Pasar Kerja

Lembar ijazah disertai lampiran sertifikat pelatihan, seminar dan workshop, hingga bukti kerja sukarela akan menghantarkan seorang kandidat fresh graduate lolos seleksi administrasi kerja. Jika berhasil membuktikan semua skill tersebut pada tes tertulis hingga sesi wawancara, maka user akan melihat Anda sebagai calon tenaga kerja yang potensial. Keterampilan tersebut akan membuat Anda menjadi pelamar kerja yang kompetitif sehingga meningkatkan peluang untuk diterima perusahaan.

Kemampuan Kerja Lebih Besar

Perusahaan berharap mendapat kandidat siap kerja. Calon atasan Anda ingin karyawan yang mandiri, dan mampu mengantisipasi serta menyelesaikan masalah sendiri. Skill kerja baru yang dipelajari setelah lulus sebagai fresh graduate akan membuat Anda bisa menawarkan solusi dari permasalahan yang terjadi bahkan di pekan pertama bekerja.

Peluang Karier Lebih Baik

Upaya untuk meningkatkan skill setelah menjadi fresh graduate akan berbuah manis ketika Anda mendapat peluang karier lebih baik dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Misalnya, jika meningkatkan eterampilan memnggunakan Microsoft Excel, maka Anda bisa melamar kerja di luar bidang ilmu utama yang digeluti. Anda dapat mengajukan apply ke perusahaan yang membuka lowongan untuk pekerjaan menganalisis data, membuat spreadsheet dan laporan. Penguasaan ilmu utama ditambah skill baru akan membuat daya tawar Anda lebih baik sehingga bisa mendapat tawaran upah lebih tinggi.

Baca Juga: Hard Skill vs Soft Skill, Lebih Penting Mana?

Oke, sampai di sini Anda sudah menyadari betapa pentingnya meningkatkan skill kerja buat fresh graduate. Jika tertarik untuk mulai belajar keahlian baru, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini.

Penelitian

Pentingnya Meningkatkan Skill Kerja buat Fresh Gaduate
Sumber: Pixabay

Sebelum memilih untuk mengikuti pelatihan, kursus, seminar atau workshop, Anda perlu melakukan penelitian tentang pasar tenaga kerja untuk memahami keinginan pengusaha. Caranya dengan melihat iklan lowongan kerja yang beredar, sampai situs resmi pemerintah yang menerbitkan data pasar tenaga kerja. Hasil penelitian akan membantu fresh graduate mendapatkan informasi tentang tren, tantangan, dan kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini.

Sebagai pendatang baru di dunia kerja, fresh graduate harus tahu bahwa tahun 2020 mendatang merupakan pintu gerbang menuju era revolusi industri keempat, di mana teknologi akan menggantikan mayoritas pekerja manusia di berbagai bidang. Hal ini akan meningkatkan persaingan antar kandidat. Ahli Sumber Daya Manusia dan ahli strategi internasional World Economic Forum sudah membuat panduan 10 keahlian yang dibutuhkan untuk sukses di tahun 2020. Skill yang diperlukan yaitu pemecahan masalah, berpikir kritis, kreativitas, manajemen SDM, team work, kecerdasan emosional, membuat keputusan, pelayanan, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Mengukur Kemampuan Diri

Setelah berhasil mengumpulkan data tentang keahlian yang dibutuhkan pengusaha, langkah selanjutnya adalah mengukur kemampuan diri. Anda dapat membuat daftar skill yang sering dicari di situs-situs lowongan kerja. Kemudian, Anda bisa membandingkan dengan keahlian yang dikuasai saat ini.

Bedasarkan kedua data tersebut, Anda bisa melihat celah kekurangan diri. Mungkin Anda sudah menguasai keterampilan untuk menjalankan program komputer tertentu. Tetapi, keahlian Anda baru dalam tahap pemula, sedangkan perusahaan menginginkan tenaga kerja yang expert dalam program tersebut. Jadi, Anda bisa memutuskan apakah perlu mengambil pelatihan panjang, atau kursus singkat saja.

Menunjukkan Skill Baru

Pada tahap ini, Anda sudah menjadi fresh graduate yang sudah mempunyai skill baru dan siap masuk ke dunia kerja. Kini saatnya Anda menunjukkan keahlian tersebut agar bisa masuk ke radar perekrut.

Anda bisa memperbaharui keterangan profil akun media sosial profesional, serta menambahkan data pada CV dan resume. Anda juga perlu berlatih pidato singkat untuk menghadapi sesi wawancara kerja atau saat menghadiri job fair. Pastikan Anda sudah menyebut keahlian baru tersebut pada saat memperkenalkan diri.

Keterampilan kerja yang mumpuni akan membuka peluang lebih luas. Semoga Anda skses dalam upaya pencarian kerja. Nah, bagi kalian yang sedang mencari cara untuk meningkatkan skill, tidak ada salahnya untuk mencoba platform Ubelajar.

Ubelajar adalah sebuah platform belajar online yang menggunakan metode webminar. Dengan menggunakan Ubelajar, kamu bisa belajar dimana saja, kapan saja, langsung dari smartphone kamu.

Ada ratusan video pelatihan online yang bisa kamu akses untuk belajar langsung bersama para Master Trainer berpengalaman. Penasaran untuk mencoba? Yuk, daftar Ubelajar dan tingkatkan skill kamu sekarang juga! –Qerja

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Skill Secara Mudah? Gunakan Platform Belajar Online Ubelajar!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next