Lima Kompetisi Esport Terbesar Dunia | Qerja

Lima Kompetisi Esport Terbesar Dunia Dengan Hadiah Jutaan Dolar!

Eka Utami, 1 year ago
Lima Kompetisi Esport Terbesar Dunia Dengan Hadiah Jutaan Dolar!

Kompetisi Esport adalah kompetisi yang berkembang seiring kepopuleran berbagai jenis game online di dunia. Esport dikategorikan ke dalam olahraga karena membutuhkan konsentrasi, daya tahan, dan stamina seperti halnya catur atau bridge.

Seperti halnya olahraga lain, esport juga dipertandingkan dalam berbagai kompetisi yang dilaksanakan di tingkat regional maupun dunia. Berikut ini adalah beberapa kompetisi esport terbesar yang ada di dunia dengan hadiah jutaan dolar!

The International

Lima Kompetisi Esport Terbesar Dunia
Sumber: Dota2.com

The International adalah turnamen Dota 2 terbesar di dunia yang diadakan oleh Valve, pengembang Dota 2. Hadiah yang disiapkan untuk pemenang kompetisi ini mencapai US$ 34,3 juta atau sekitar Rp480 miliar.

Tahun 2019, The International diadakan di Mercedes-Benz Arena di Shanghai, China pada 15-20 Agustus lalu. Pemenang kompetisi The International 2019 adalah tim OG.

Tim Dota 2 dari seluruh dunia bisa mengikuti ajang ini dengan mendaftarkan diri pada open qualifier. Pendaftaran dibuka dalam jangka waktu tertentu, sekitar sebulan sebelum pertandingan utama.

Kualifikasi terbuka untuk wilayah South-East Asia, CIS, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dimainkan di server FaceIT, sementara kualifikasi Cina di platform Perfect World. Jika lolos kulaifikasi terbuka, tim Dota 2 bisa masuk ke kualifikasi tertutup pada masing-masing regional.

Evolution Championship Series

Evolution Championship Series atau yang disingkat dengan Evo adalah turnamen game bergenre pertarungan. Turnamen ini digelar di Las Vegas, Amerika Serikat sejak 2005.

EVO 2019 telah selesai dilaksanakan pada 2-4 Agustus lalu. Beberapa jenis game yang dipertandingkan dalam EVO 2019 antara lain Tekken 7, Street Fighter Arcade Edition, Super Smash Bros Ultimate, Mortal Kombat 11, Soul Calibur VI, Under Night In-Birth Exe:Late[st], Dragon Ball Z, BlazBlue Cross Tag Battle, and Samurai Shodown.

Buat Anda yang tertarik menjadi peserta EVO, bisa mendaftarkan diri secara online sebelum tanggal turnamen. Tahun ini, penyelenggara bermitra dengan Smash.gg untuk menangani pendaftaran online.

Link pendaftaran hingga regulasi bisa ditemukan di situs Evo.shoryuken.com. Setiap peserta hanya bisa mendaftar satu kali untuk setiap permainan.

Baca Juga: 10 Gamer dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia

PUBG Global Championship

Player Unknown Battleground (PUBG) adalah salah satu game esports bergenre battle royale yang paling populer. Turnamen terbesar dari permainan ini adalah PUBG Global Championship yang diselenggarakan oleh PUBG Corporation.

Turnamen ini diikuti oleh 32 terbaik berbagai kompetisi. Pemenang dari PUBG Global Championship dijanjikan hadiah sebesar US$ 2 juta ditambah bonus lainnya.

Jika ingin mengikuti kompetisi ini, Anda harus memiliki tim atau bergabung dengan tim. Kemudian, tim Anda mesti bertanding di PUBG SEA Championship yang terdiri dari 3 fase.

Kemudian, pemenang fase akan dikirim sebagai perwakilan dari Asia Tenggara. Berdasarkan catatan Pubgesports.com, tim yang lolos kualifikasi dari PUBG SEA Championship 2019 adalah Aerowolf T1 dan Armory Gaming.

Fortnite World Cup

Fortnite World Cup adalah turnamen terbesar game Fortnite yang diselenggarakan oleh Epic Games. Kejuaraan ini menampilkan mode permainan solo dan duo. Penyelenggara telah menyiapkan hadiah sebesar US$ 30 juta atau sekitar Rp 425 milyar.

Fortnite World Cup 2019 telah dilaksanakan pada 26 – 28 Juli lalu di New York, dan pemenangnya adalah Kyle Giersdorf untuk mode solo, serta duo David W dan Emil Bergquist Pedersen.

Jika Anda tertarik mendaftarkan diri pada turnamen ini, maka tunggu saja mode Fortnite World Cup Open Qualifiers, sekitar dua bulan sebelum pertandingan utama. Kemudian, Anda akan menemukan data region yang mendapatkan slot untuk babak kualifikasi selanjutnya.

Partisipan dapat lolos ke semifinal open qualifier setiap Sabtu, dan top 3000 akan bertanding lagi di open final setiap Minggu. Babak kualifikasi Fortnite World Cup bisa diikuti dari PC, konsol, dan mobile.

CS: GO Major Championships

CS:GO Major Championships adalah turnamen bergengsi tingkat internasional di kalangan para pemain Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO). Kejuaraan ini telah diselenggarakan sejak 2013.

Pemenang turnamen adalah tim terbaik dunia yang bisa menyabet hadiah sebesar US$ 1 juta. Hadiah tersebut disponsori oleh Valve, salah satu pengembang permainan CS: GO selain Hidden Path Entertainment.

Pemain yang tertarik ntuk mengikuti turnamen ini harus tergabung dalam tim yang terdiri dari 5 pemain inti dan satu orang anggota tim lainnya (pelatih atau pemain cadangan).

Semua tim yang berpartisipasi bisa mendaftarkan diri secara gratis, kemudian mengikuti kualifikasi wilayah yang dimainkan secara online. Jika lolos kualifikasi wilayah, maka akan masuk ke closed qualifier dan berkesempatan melawan dengan tim undangan. Tim yang melewati setiap proses dengan mulus akan melaju ke minor stage dan major stage.

Jika Anda punya hobi bermain game online, maka bisa mencoba menekuninya dan mengikuti berbagi kompetisi yang telah disebutkan di atas. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Lima Perusahaan Game Asal Indonesia Yang Mendunia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next