Besaran Gaji Presiden Indonesia dan wakilnya | Qerja

Berapa Besaran Gaji Presiden dan wakil Presiden Indonesia Periode 2019-2024?

Riyan Sugandy, 3 weeks ago
Berapa Besaran Gaji Presiden dan wakil Presiden Indonesia Periode 2019-2024?

Presiden Joko Widodo kembali terpilih menjadi Presiden Republlik Indonesia untuk periode 2019-2024. Tentunya besar harapan agar Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik selama lima tahun ke depan.

Dengan besarnya tanggung jawab dan tugas sebagai pemimpin negara, sebenarnya berapa besaran gaji dan tunjangan oleh Presiden dan wakilnya? Cek informasinya di bawah ini!

Besaran Gaji Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Peraturan mengenai gaji Presiden dan wakil Presiden diatur dalam peraturan UU No. 7 Tahun 1978 yang mengatur tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden. Peraturan ini sudah digunakan sejak tahun 1978 dan hingga saat ini belum ada perubahan.

karir-jakarta

Berdasarkan peraturan tersebut, disebutkan dalam pasal 2 UU No. 7 tahun 1978, besaran gaji Presiden adalah sebesar 6 kali gaji pokok pejabat tertinggi selain Presiden dan wakil Presiden. Sedangkan untuk jabatan wakil Presiden, mendapatkan gaji pokok sebesar 4 kali gaji pokok pejabat tertinggi selain Presiden dan wakil Presiden.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2000, gaji pokok pejabat tertinggi selain Presiden dan wakil Presiden adalah sebesar Rp5.040.000. Sehingga bila dijumlahkan maka besaran gaji per bulan untuk Presiden adalah sebesar Rp30.240.000,-. Sedangkan untuk wakil Presiden, gaji pokok per bulannya mencapai Rp20.160.000,-.

Tunjangan Presiden dan wakil Presiden

Selain mendapatkan gaji pokok, Presiden dan wakil Presiden mendapatkan tunjangan bulanan. Besaran tunjangan ini diatur dalam  Keputusan Presiden No. 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara.

Berdasarkan peraturan tersebut  Presiden mendapatkan tunjangan sebesar Rp32.500.000 per bulannya. Sedangkan untuk wakil Presiden mendapatkan tunjangan per bulan sebesar Rp22.000.000,-.

Sehingga bila dijumlahkan, gaji dan tunjangan yang didapatkan seorang Presiden Indonesia adalah sebesar Rp62.740.000. Sementara untuk jabatan wakil Presiden mendapatkan gaji dan tunjangan sebesar Rp42.160.000,-.

Hak Keuangan/Administratif Presiden dan wakil Presiden

Dengan tanggung jawab dan kewajiban yang sangat tinggi, tentunya seorang Presiden dan wakil Presiden tidak hanya mendapatkan gaji dan tunjangan saja. Ada berbagai macam fasilitas lainnya yang diberikan oleh negara sehingga Presiden dan wakilnya bisa bekerja secara maksimal.

Berdasarkan kepada UU No. 7 Tahun 1978, Presiden dan wakilnya mendapatkan seluruh biaya yang berkaitan dengan tugasnya, biaya rumah tangga serta pertanggunggan untuk biaya kesehatan anggota keluarga. Selain itu Presiden dan wakil Presiden, bila tidak menjabat lagi, maka akan mendapatkan gaji pensiun sebesar gaji pokok terakhir yang diterima.

Selain itu menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.05/2008, Presiden dan wakil Presiden juga mendapatkan dana operasional strategis. Penggunaan dana ini tidak diperuntukan untuk keperluan pribadi dan  hanya dapat digunakan berkaitan dengan program kerja yang dilakukan.

Nilai dana taktis ini besarannya disesuaikan dengan keperluan operasional Presiden dan wakilnya. Tetapi penggunaannya disesuaikan dengan anggaran yang sudah disetujui sebelumnya. Penggunaanya pun tidak bisa ditujukan untuk yang sifatnya pribadi.

Tentunya jumlah gaji dan tunjangan tersebut hanyalah sebagian kecil dari previlege seorang kepala negara. Karena uang sebanyak apapun mencukupi untuk membayar beban moral dan tanggung jawab memimpin sebuah negara.

Nah, semoga dalam lima tahun ke depan Indonesia bisa menjadi lebih baik dibandingkan periode sebelumnya. Setuju kan, Qolega? -Qerja

Baca juga : Berapa Gaji Anggota DPR Periode 2019-2024? Cek Di Sini!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next