Lima Pertanyaan Wawancara Kerja Tersulit | Qerja

Lima Pertanyaan Wawancara Kerja Tersulit Bagi Fresh Graduate

Eka Utami, 3 weeks ago
Lima Pertanyaan Wawancara Kerja Tersulit Bagi Fresh Graduate

Setiap orang pernah mendapat pertanyaan sulit saat wawancara kerja. Pada saat pertanyaan dilontarkan, seketika hati diliputi dilema, lidah menjadi kelu, dan terkadang bicara sampai tergagap-gagap. Untuk mengatasi hal tersebut, para pelamar kerja berlatih keras untuk menghadapi sesi wawancara.

Tapi, mengapa pertanyaan sulit selalu muncul di setiap sesi wawancara kerja? Apakah pewawancara sengaja menjebak kandidat pegawai agar tidak banyak orang yang lolos seleksi? Apakah pewawancara hanya ingin menggali informasi tentang calon pekerja?

Inilah pertanyaan wawancara kerja yang dianggap paling sulit berikut dengan alasannya.

karir-jakarta

Apa Kelemahan terbesar Anda?

Pertanyaan sulit ini seringkali diajukan oleh pewawancara. Pertanyaan ini akan membuat pelamar kerja bingung dan terjebak dalam dilema. Kandidat tentu tidak mau membuka aib sendiri yang akhirnya malah akan membuat kehilangan kesempatan kerja.

Sebenarnya, pewawancara ingin mengetes kejujuran Anda dengan pertanyaan ini karena memang tidak ada orang yang sempurna. Pewawancara juga mau tahu bagaimana cara Anda mengatasi kelemahan tersebut.

Setelah mengetahui kekurangan di diri pelamar kerja, pewawancara bisa menimbang apakah Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang ditawarkan, mampu mempelajari keahlian baru, dan menghadapi tantangan.

Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Saat Ini?

Setiap orang punya alasan pindah kerja. Salah satunya adalah ketidakpuasan pada pekerjaan yang dijalani saat ini. Kekecewaan bisa bersumber dari atasan, kolega, kebijakan perusahaan, dan lingkungan kerja. Semua alasan tersebut masih manusiawi.

Lewat pertanyaan sulit ini, pewawancara ingin tahu cara pandang Anda terhadap tempat kerja saat ini dan pendapat tentang teman sekantor. Kemudian, pewawancara mau mengulik tentang cara Anda menghadapi situasi yang tidak ideal di tempat bekerja.

Dari jawaban yang dilontarkan, pewawancara juga bisa menilai apakah Anda orang yang terlalu banyak mengeluh, bagaimana Anda bisa melihat sisi positif dari situasi yang tidak kondusif atau atasan yang buruk, dan mencari solusinya.

Baca Juga: Kata Anda: Pertanyaan Tersulit Saat Wawancara

Bagaimana Anda Mendeskripsikan Diri Sendiri?

Ketika pewawancara meminta pelamar kerja  untuk berbicara tentang diri sendiri, mereka ingin mencari informasi tentang kualitas Anda. Apakah keahlian Anda memang cocok dengan pekerjaan, tantangan, dan budaya perusahaan?

Saat menjelaskan tetang dirinya, pelamar kerja akan bicara panjang lebar –walaupun sebagian orang juga ada yang memberikan jawban singkat, jelas, dan padat-. Dari cara menjawab pertanyaan sulit ini, pewawancara bisa menilai karakteristik kandidat pegawai. Mereka akan melihat bagaimana cara menjawab, struktur kalimat dan runutan penjelasan, tingkat kepercayaan diri, dan sikap yang ditunjukkan pelamar kerja.

Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Lima Pertanyaan Wawancara Kerja Tersulit
Sumber: Pixabay

Satu lagi pertanyaan yang diajukan untuk menilai apakah pelamar kerja bisa memenuhi kualifikasi yang diminta perusahaan. Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu apakah calon pegawai bisa menawarkan solusi, atau bahkan ide yang mendobrak kebiasaan untuk menangani masalah perusahaan. Jawaban yang dilontarkan juga akan menunjukkan sejauh mana kandidat melakukan riset terhadap kebutuhan perusahaan.

Selain itu, pertanyaan sulit ini juga bisa menjadi kesempatan agar kandidat bisa membangun “personal brand”. Untuk mempromosikan diri, kandidat harus punya kepercayaan diri tinggi dan keyakinan penuh atas keahlian yang dimiliki. Jadi, lewat pertanyaan ini, pewawancara juga mau mengukur tingkat kepercayaan diri pelamar kerja.

Apa yang Anda Cari dalam Sebuah Pekerjaan?

Semua orang menyimpan harapan pada pekerjaan baru. Motivasi yang mendasari seseorang seaat memutuskan melamar kerja di satu perusahaan bisa berupa materi atau passion yang ada dalam diri. Nah, lewat pertanyaan sulit ini, pewawancara mau tahu apakah harapan calon pegawai sudah sejalan dengan perusahaan.

Dari jawaban yang diberikan, pewawancara juga bisa menilai apakah kandidat pekerja adalah orang yang mau tumbuh dan berkembang bersama perusahaan dan akan bertahan dalam waktu yang lama.  Sebaliknya, pewawancara juga bisa menangkap sinyal jika pelamar kerja hanyalah orang yang akan hengkang ke perusahaan lain dalam waktu dekat.

Jadi, jika Anda mendapat pertanyaan sulit saat wawancara kerja, maka jawablah dengan jujur dan positif. Sebab, pewawancara ingin tahu tentang diri Anda lebih dalam. –Qerja

Baca Juga: Pertanyaan Wawancara Kerja untuk Generasi Milenial



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next