Lima Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Tubuh | Qerja

Ternyata Ini Lima Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Tubuh!

Eka Utami, 3 weeks ago
Ternyata Ini Lima Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Tubuh!

Kesehatan tubuh bisa didapat dengan cara yang mudah dan sederhana. Salah satunya adalah dengan tertawa. Ternyata, kebahagiaan yang kita alami tidak hanya baik untuk rohani, tapi juga kesehatan jasmani.

Berikut ini adalah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh yang kita miliki.

Meredakan Stres

Ternyata, Tertawa Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh. Ini Alasannya
Sumber: Pixabay

Tertawa mengurangi hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin. Berdasarkan sebuah penelitian yang dikutip dari Sciencedaily.com, tawa mengurangi 39 persen hormon kortisol, menurunkan pelepasan epinefrin hingga 70 persen, dan mengurangi 38 persen dopamin. Pengurangan hormon stres baik untuk tubuh karena kelebihan hormon stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

karir-jakarta

Sementara hormon stres berkurang, tertawa justru memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah zat kimia yang diproduksi tubuh yang menghasilkan efek seperti morfin yaitu memicu perasaan senang, tenang, dan bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu.

Menyehatkan Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian di Maryland School of Medicine, tertawa menyebabkan sel yang melapisi pembuluh darah bagian dalam (endotelium) meluas sehingga meningkatkan aliran darah. Endotelium ini berfungsi mengatur aliran darah, hingga mengeluarkan zat kimia sebagai respons terhadap luka, infeksi, atau iritasi. Pada akhirnya, endotelium yang sehat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke.

Selain itu, saat tertawa, kita juga akan melepaskan nitrogen oksida. Zat kimia tersebut mampu melindungi jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan plak kolesterol.

Baca Juga: 4 Cara Agar Hari Kerja Anda Selalu Berakhir Bahagia

Menurunkan Tekanan Darah

Ketika Anda tertawa, aliran darah meningkat dan tekanan darah naik, saat berhenti tertawa, tekanan darah turun kembali ke batas awalnya. Efek relaksasi ini membantu menurunkan tekanan darah sehingga menghasilkan pernapasan yang lebih dalam. Pada akhirnya gilirannya mengirimkan lebih banyak darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Hubungan antara tertawa dan tekanan darah juga terkait dengan tingkat hormon kortisol. Jika Anda stres, maka hormon kortisol meningkat dan menyulitkan distribusi darah yang mengandung oksigen dan meningkatkan tekanan dalam pembuluh. Sementara jika tertawa bisa mengurangi pelepasan hormon kortisol berkurang, maka aliran darah akan lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Imun

Saat tertawa, maka diafragma naik dan turun dengan cepat sehingga menciptakan tekanan dalam pembuluh limfatik. Seperti dipompa, kecepatan alir cairan limfatik meningkat 10-15 kali. Cairan limfatik beredar ke seluruh tubuh lalu menghilangkan produk limbah, sel-sel mati, dan mikroorganisme yang tidak diinginkan.

Peningkatan aliran limfatik artinya lebih banyak getah bening yang menghasilkan limfosit dan antibodi. Akhirnya kekebalan tubuh lebih baik, dan Anda menjadi lebih sehat.

Membakar Kalori

Berdasarkan studi International Journal of Obesity tahun 2014 yang dikutip dari Mentalfloss.com, ternyata tertawa juga dapat membakar kalori. Para peneliti mengungkapkn bahwa orang yang tertawa saat menonton tayangan selama 10 menit, dapat membakar 10 kalori dalam 10 menit.

Selain itu, tertawa membuat otot-otot di perut Anda mengembang dan berkontraksi seperti sedang olahrga. Sementara itu, otot-otot yang tidak berpengaruh pada aktivitas tertawa justru mendapatkan kesempatan untuk relaksasi. Jadi, jika Anda sering tertawa, maka kalori akan terbuang, memiliki perut kencang, sehat dan ramping.

Jadi, Anda harus bisa menemukan cara untuk bisa tertawa setiap hari. Anda dapat bertemu dengan teman dan bercanda, atau menonton video lucu. Semoga Anda selalu bahagia. –Qerja

Baca Juga: Tips Mengurangi Stres untuk Tim Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next