Panduan Teknik Pertahanan Diri Untuk Pekerja | Qerja

Jangan Sampai Lengah! Berikut Ini Panduan Teknik Pertahanan Diri Untuk Pekerja Di Jakarta

Eka Utami, 2 weeks ago
Jangan Sampai Lengah! Berikut Ini Panduan Teknik Pertahanan Diri Untuk Pekerja Di Jakarta

Kejahatan jalanan bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja dan di mana saja termasuk kepada para pekerja di Jakarta. Ancaman penyerangan, pencopetan, penjambretan, pemalakan, dan lainnya bisa terjadi pada kita semua tanpa peringatan.

Untuk melindungi diri kita dari kejahatan, rasanya tidak salah bila kita mulai untuk Oleh karena itu, kita harus membekali diri dengan teknik pertahanan diri untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Kejahatan terjadi karena ada kesempatan.

Maka, cara mempertahankan diri yang pertama adalah dengan pencegahan terjadinya tindak kejahatan. Tips umum yang bisa dilakukan yaitu melewati jalan yang ramai, selalu waspada pada lingkungan sekitar, dan menyimpan barang berharga di tempat yang baik.

karir-jakarta

Namun, jika kejahatan tidak bisa dihindari, berikut beberapa teknik pertahanan diri yang bisa Anda terapkan.

Menjaga Jarak

Jika Anda bertemu dengan seseorang yang berniat menyerang, maka, usahakan untuk menjaga jarak. Sebelum penyerang maju, Anda bisa langsung memasang posisi kaki kiri di depan, dan kedua tangan maju. Gestur tersebut menunjukkan bahwa Anda menolak disakiti dan siap mempertahankan diri. Setelah itu, Anda bisa mundur satu langkah.

Ketika lawan memperlihatkan gelagat mencoba mendekati Anda, maka berteriaklah: “Mundur!” atau “Jangan ganggu saya!” Teriakan Anda akan membuat gerakannya terhenti sesaat. Selain itu, teriakan Anda merupakan sinyal untuk minta tolong pada warga sekitar. Sementara penyerang akan menganggap Anda sebagai lawan yang tidak mudah.

Menyerang Titik Lemah

Panduan Teknik Pertahanan Diri untuk Pekerja
Sumber: Pixabay

Kalau konfrontasi tidak terhindarkan lagi, maka Anda harus bergerak cepat untuk mencederai penyerang. Kumpulkan tenaga Anda untuk memukul, meninju, atau menendang titik lemah lawan seperti mata, hidung, telinga, leher, selangkangan, lutut, tulang kering pada kaki. Titik lemah yang Anda serang adalah bagian tubuh lawan yang terdekat.

Mata. Teknik melukai mata penyerang adalah dengan mencolok atau menggaruk bagian mata dengan jari atau buku jari. Hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit dan mengganggu penglihatan lawan untuk sementara, sehingga Anda bisa melarikan diri.

Hidung. Jika wajah penyerang sudah terlalu dekat, Anda bisa gunakan bagian bawah telapak tangan untuk mendorong hidungnya dengan sekuat tenaga. Dengan demikian, wajahnya akan terdorong sampai mendongak dan mundur. Sementara itu, bila penyerang datang dari belakang, Anda dapat memukul hidungnya menggunakan siku dengan harapan bisa mematahkan tulang hidungnya.

Leher. Cara menyerangnya dengan meluruskan semua jari, kemudian ayunkan sekuat tenaga ke bagian sisi leher penyerang. Di dalam leher ada pembuluh darah, sehingga ia akan kesakitan. Setelah itu, Anda bisa menambahkan serangan dengan menusukkan siku ke tenggorokan penyerang sambil melempar beban tubuh ke depan.

Lutut. Kalau tangan Anda sudah dicengkeram, maka cobalah serang lutut lawan dengan menggunakan kaki. Tendangan ke sisi lutut akan menyebabkan lawan cedera. Tendangan ke depan lutut dapat menimbulkan rasa sakit lebih besar.

Memaksimalkan Serangan

Panduan Teknik Pertahanan Diri untuk Pekerja
Sumber: Pixabay

Bila Anda mendapat ancaman di tempat sepi, maka butuh banyak waktu untuk kabur menuju keramaian. Jadi, teknik pertahanan diri yang digunakan sebisa mungkin membuat penyerang mengalami cedera agak berat sehingga sulit mengejar Anda. Jadi, setelah melukai titik terlemah lawan, Anda bisa memaksimalkan serangan selanjutnya.

Tips memaksimalkan serangan adalah dengan menggunakan bagian tubuh yang akan menimbulkan cedera lebih berat pada lawan, yaitu: siku, lutut dan kepala. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar untuk melukai lawan. Misalnya, pulpen atau kunci untuk menusuk, dan parfum untuk disemprotkan ke mata lawan. Anda juga bisa memanfaatkan beban tubuh untuk mendorong lawan sekuat tenaga.

Dorong ke Bawah

Apabila lawan sudah mengalami kesakitan, dorong ke bawah sampai ia tersungkur. Secara psikologis, orang yang berada di posisi bawah akan merasa tidak kuat.

Kemudian Anda dapat melarikan diri ke arah keramaian untuk bersembunyi di tengah kerumunan. Selain itu, Anda juga bisa berlari sambil  bisa meminta pertolongan.

Baca Juga: Pilihan Olahraga Bela Diri untuk Wanita Karir

Selain teknik dasar di atas, Anda juga bisa memperdalam ilmu bela diri. Pilihlah jenis bela diri yang menekankan  pada pertahanan diri, yang mengajarkan teknik melumpuhkan lawan secepat mungkin. Beberapa jenis bela diri pertahanan diri yaitu Krav Maga, Jiujitsu, Tae kwon do, Muay Thai dan jet kun po. Dengan mempelajari ilmu bela diri tersebut, Anda bisa meningkatkan reflek menangkis serangan, melepaskan diri dari cengkeraman, hingga menghadapi lawan dengan senjata.

Berikut beberapa tempat latihan bela diri pertahanan diri di Jakarta.

Syena Martial Art Center

Syena Martial Art Center adalah pusat latihan bela diri yang didirikan sejak 2010. Anda bisa mengikuti berbagai seni bela diri tradisional hingga modern di gym yang terletak di Jalan Barito II nomor 17, Jakarta ini. Beberapa kelas bela diri pertahanan diri yang bisa Anda ikuti yaitu kelas Brazilian Jiujitsu,  Krav Maga, dan Muay Thai.

Tempat latihan bela diri ini memiliki reputasi yang cukup baik. Berdasarkan review dari peserta latihan mengakui bahwa Syena Martial Art Center memiliki jajaran instruktur yang baik. Para instruktur merupakan seniman bela diri yang berpengalaman, atlet, profesional keamanan yang memiliki keahlian mumpuni.

Arena MMA

Arena Mixed Martial Art (Arena MMA) juga salah satu tempat latihan bela diri pertahanan diri yang populer di bilangan Jakarta Selatan. Pusat pelatihan ini membuka kelas Brazilian Jiujitsu, MMA, Muay Thai dan boxing. Arena MMA dipercaya peserta latihan karena menyediakan instruktur yang telah menjuarai World’s Campion MMA yang berasal dari Brazil, Amerika Serikat, dan Thailand.

Selain menyediakan tempat latihan, Arena MMA juga aktif menyelenggarakan kompetisi bela diri untuk memajukan olahraga Indonesia.

Kemang Fight Gym

Kemang Fight Gym adalah tempat pelatihan bela diri modern yang berlokasi di Kemang Selatan, Jakarta Selatan. Gym ini menawarkan kelas-kelas bela diri untuk semua kalangan baik pria, wanita maupun anak-anak. Kemang Fight Gym menjanjikan lingkungan latihan yang bersih dengan suasana pelatihan yang ramah dan profesional. Dengan fasilitas bagus dan lokasi strategis, maka biaya membership di Kemang Fight Gym pun terbilang mahal, mulai Rp 450 ribuan.

Dalam beberapa ulasan, Kemang Fight Gym lebih dikenal dengan latihan boxing karena para intrukstur atlet-atlet profesional. Namun, Anda juga bisa belajar ilmu bela diri yang menekankan pertahanan diri Muay Thai di tempat ini.

Jakarta Muay Thai & MMA

Panduan Teknik Pertahanan Diri untuk Pekerja
Sumber: Jakartamuaythai.com

Jakarta Muay Thai & MMA adalah tempat latihan seni bela diri campuran yang terkenal hingga mancanegara. Fox Sports memberi predikat Jakarta Muay Thai & MMA sebagai salah satu dari 10 Gym MMA Terbaik di Asia. Keunggulan tempat latihan ini terlihat dari fasilitasnya yang terbilang luas, bahkan menyediakan area khusus wanita. Selain itu, Anda juga bisa berlatih dengan instruktur berkualitas seperti atlet nasional Muay Thai yang berada di bawah bimbingan Juara Dunia Muay Thai dari Thailand.

Jakarta Muay Thai & MMA ini terletak di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Daksa I nomor 1A. Lokasi yang dekat dengan kawasan perkantoran sehingga mudah dijangkau untuk karyawan yang ingin latihan pertahanan diri seperti Muay Thai dan Brazilian Jiujitsusetelah pulang kerja.

Dengan bekal ilmu bela diri, Anda bisa menjaga diri dari ancaman tak terduga. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next