Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja Introvert | Qerja

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja Untuk Introvert

Eka Utami, 2 weeks ago
Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja Untuk Introvert

Hari pertama kerja seringkali bikin kita grogi. Alasannya karena kita belum benar-benar tahu lingkungan yang akan dihadapi, rekan kerja yang akan ditemui, hingga tingkat kesulitan pekerjaan. Kondisi ini akan lebih sulit dihadapi oleh orang-orang yang memiliki kepribadian tertutup.

Para introvert harus berjuang keras untuk mencari cara agar hari pertama kerja berjalan mulus, sehingga bisa beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan dengan baik. Oleh karena itu, kami bagikan tips menghadapi hari pertama kerja untuk para introvert berikut ini.

Latihan Perkenalan Diri

Pada hari pertama kerja, Anda mungkin akan diminta untuk memperkenalkan diri di depan rekan kerja pada saat rapat besar. Hal ini akan membuat seorang introvert seperti Anda merasa tidak nyaman. Anda bisa saja tergagap karena tidak siap berbicara di depan umum.

karir-jakarta

Maka, Anda perlu berlatih untuk memperkenalkan diri pada hari pertama kerja. Anda bisa menuliskan beberapa hal penting tentang diri yang perlu disampaikan saat perkenalan, mulai dari beberapa detail pribadi, riwayat singkat pekerjaan hingga hobi. Kemudian, Anda dapat berlatih untuk mengungkapkannya di depan banyak orang.

Datang Lebih Awal

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja untuk Introvert
Sumber: Pixabay

Jika datang lebih awal dari jam kerja yang ditentukan, maka Anda akan mendapati kantor dalam keadaan sepi. Paling-paling Anda hanya akan menemukan office boy, petugas cleaning service, atau satu-dua orang karyawan. Pada saat itu, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk berbasa-basi dengan satu orang, tanpa harus menguras energi karena harus bertemu banyak orang. Pembicaraan awal ini biasanya akan berlangsung singkat, kemudian mereka akan membiarkan Anda sendiri dan menunggu di ruang tamu.

Sementara itu, jika Anda datang tepat pada jam kerja, ada kemungkinan kondisi kantor sudah lebih ramai. Bayangkan, ketika masuk melewati pintu, maka semua mata akan tertuju pada Anda. Kemudian, Anda mungkin akan didatangi beberapa orang untuk bertanya. Hal itu pasti membuat seorang introvert merasa tidak nyaman.

Ungkapkan Gaya Kerja Anda

Anda tidak harus mengakui jika memiliki kepribadian introvert pada orang yang baru dikenal. Tapi, Anda dapat mengungkapkan kecenderungan gaya kerja pada atasan dan rekan kerja. Hal ini seperti mengatakan bahwa Anda introvert dengan cara yang profesional.

Jadi, pada saat perkenalan dan bimbingan tugas-tugas pertama, Anda bisa mengatakan bahwa membutuhkan suasana yang sepi agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Selain itu, beri tahu atasan kalau Anda biasanya cenderung diam saat rapat, tapi lebih banyak mengamati. Jadi, manajer bisa memberikan porsi pekerjaan dan peran yang lebih tepat. Sementara kolega juga dapat memaklumi cara kerja Anda.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja untuk Kandidat Introvert

Memilih Pertemuan One-on-One

Menjalin pertemanan dengan rekan kerja di kantor adalah hal penting. Meskipun introvert, Anda harus membangun hubungan baik dengan kolega demi kelancaran pekerjaan. Namun, Anda tidak perlu mengiyakan semua ajakan makan siang dalam grup besar atau nongkrong di kafe sepulang kerja.

Anda bisa menginisasi pertemuan kecil dengan satu atau dua orang. Misalnya, Anda dapat mengajak seorang teman untuk minum kopi sehingga bisa bertanya lebih banyak tentang lingkungan kerja dan kebiasaan-kebiasaan di kantor. Atau, Anda dapat bertanya tentang tempat makan favorit teman kerja di sebelah meja dan pergi berdua bersamanya saat jam istirahat.

Temukan Tempat Buat Menyendiri

Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja untuk Introvert
Sumber: Pixabay

Hampir semua kantor punya sudut yang sepi atau ruang yang cukup tenang yang jarang didatangi banyak orang. Anda bisa menemukannya di kantor berkonsep terbuka sekali pun. Tempat ini penting buat introvert untuk “bernapas” sejenak dari keramaian.

Jadi, pada hari pertama kerja, Anda bisa meluangkan waktu untuk menjelajahi kantor dan menemukan tempat paling nyaman tersebut. Anda tidak harus berjuang sendiri untuk mendapatkannya. Anda dapat meminta bantuan rekan kerja untuk menunjukkan area yang tenang. Katakan saja kalau Anda terkadang butuh tempat sepi agar bisa fokus menyelesaikan pekerjaan.

Cari Tahu Aturan Kantor yang Menguntungkan

Pada hari pertama kerja, Anda juga dapat mempelajari aturan tertulis dan tak tertulis di kantor yang bisa menguntungkan bagi orang berkepribadian introvert. Misalnya, aturan yang memperbolehkan semua karyawan –termasuk karyawan baru- bekerja di luar kantor sehari dalam sepekan. Atau, Anda juga bisa mendapat informasi tentang atasan yang fleksibel sehingga memperbolehkan karyawan pulang lebih awal asalkan sudah memenuhi 9 jam kerja.

Setelah memahami berbagai aturan dan kebijakan, Anda bisa mengatur strategi kerja di kemudian hari sehingga bisa lebih banyak waktu untuk sendiri. Jadi, Anda bisa langsung memilih hari untuk bekerja di luar kantor pada pekan pertama. Anda juga dapat membiasakan diri untuk datang lebih awal agar bisa fokus bekerja sebelum teman-teman kantor berdatangan.

Beberapa tips di atas, karyawan baru berkepribadian introvert bisa menghadapi hari pertama kerja dengan lebih baik. Dengan demikian Anda bisa menjalani hari-hari berikutnya dengan lebih lancar. –Qerja

 Baca Juga: Delapan Pekerjaan Terbaik Untuk Kepribadian Introvert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next