Empat Hari Kerja Bikin Produktivitas Meningkat | Qerja

Empat Hari Kerja Bikin Produktivitas Meningkat? Ini Alasannya

Eka Utami, 4 days ago
Empat Hari Kerja Bikin Produktivitas Meningkat? Ini Alasannya

Wacana empat hari kerja dalam sepekan sudah digaungkan sejak lama. Berbagai penelitian telah membuktikan adanya keuntungan dari penerapan kebijakan empat hari kerja. Bagi pekerja, waktu kerja yang lebih pendek akan meningkatkan kesejahteraan. Pekerja yang bahagia akan menunjukkan kemajuan dalam hal produktivitas dan kualitas kerja.

Namun, sebagian ahli masih meragukan efektivitas empat hari kerja. Beberapa pendapat yang kontra terhadap kebijakan tersebut beragumen bahwa dengan empat hari kerja, maka pegawai harus menambah jam kerja di kantor. Pekerja yang menghabiskan waktu lebih lama di kantor akan menghadapi ancaman kesehatan jangka panjang dan risiko kecelakaan kerja.

Di tengah pro dan kontra kebijakan empat hari kerja, baru-baru ini Microsoft Jepang membuktikan dengan data bahwa kebijakan empat hari kerja benar-benar bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Berdasarkan laporan CNBC, pada Agustus 2019 lalu, Microsoft mengadakan program “Work Life Choice Challange”.

karir-jakarta

Perusahaan tersebut memberikan jatah libur tiga hari sepekan kepada 2.300 karyawan. Selama periode tersebut, penjualan per karyawan naik 39,9 persen dibandingkan dengan Agustus 2018.

Jika data dan fakta belum bisa membuat Anda percaya bahwa kebijakan empat hari kerja baik untuk kemajuan perusahaan, berikut alasan pemotongan hari kerja bisa meningkatkan produktivitas.

Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Akui saja, di dalam diri kita ada kecenderungan besar untuk menunda pekerjaan. Misalnya, jika batas waktu pengumpulan laporan masih jauh, Anda akan menggunakan alasan tersebut untuk mendalami materi lagi dan mencari bahan tambahan dari sumber di internet yang begitu luas.

Anda akan berusaha membuat analisis laporan lebih baik dari sebelumnya. Anda tidak sadar bahwa ada garis tipis yang memisahkan hasrat untuk menjadi perfeksionis dan kebiasaan menunda pekerjaan.

Jika waktu kerja diperpendek menjadi empat hari, maka Anda tidak punya ruang untuk menunda pekerjaan. Anda akan berusaha menyelesaikan target pekerjaan dalam waktu yang sempit.

Akhirnya, Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas –atau setidaknya sama dengan jumlah pekerjaan yang berhasil dirampungkan dalam waktu lima hari kerja-. Bila banyaknya jumlah tugas dibagi hari kerja yang sedikit, tentu nilai produktivitas Anda semakin tinggi.

Baca Juga: Siapkan Diri Anda untuk Kerja Empat Hari Seminggu

Pekerja Diberi Batasan Lebih Sempit

Saat penerapan empat hari kerja di Microsoft Jepang, perusahaan membuat berbagai aturan turunan. Salah satunya dengan mengurangi standar durasi rapat dari 60 menit menjadi 30 menit, dan membatasi peserta meeting hanya lima orang saja. Menurut Microsoft, tidak ada alasan untuk melaksanakan rapat sampai satu jam dan melibatkan banyak orang dari tim yang sama.

Ketika mendapat batasan waktu lebih sempit, orang terdorong memikirkan cara kerja lebih efisien. Pekerja akan lebih disiplin dan datang ke ruang rapat tepat waktu, kemudian membahas inti masalah saja.

Dengan demikian, setiap rapat akan menghasilkan keputusan berkualitas yang bisa langsung diaplikasikan pada pekerjaan sehari-hari. Hal ini tentu mendorong produktivitas kerja secara keseluruhan.

Kesejahteraan Pekerja Meningkat

Pada sebuah penelitian Universitas Standford menunjukkan bahwa Ini produktivitas pekerja yang bertugas selama 60 jam per pekan kurang dari dua pertiga dari pekerja yang hanya masuk 40 jam per pekan.

Artinya, secara umum, produktivitas akan lebih baik dalam waktu kerja yang tidak terlalu lama. Hal ini juga dapat berlaku pada penerapan empat hari kerja yang diimbangi tiga hari libur.

Lebih lanjut peneliti Standford menjelaskan bahwa terlalu lama bekerja akan menyebabkan stres dan kelelahan sehingga membuat hasil kerja tidak sesuai harapan. Apalagi, jika pekerja tidak punya banyak waktu untuk berlibur di akhir pekan. Akibatnya, butuh waktu tambahan untuk perbaikan sehingga target produktivitas tidak tercapai.

Jadi, peningkatan produktivitas kerja bukan tentang jam kerja yang lama. Kita harus bisa kerja cerdas dan efisien sehingga dapat memberikan hasil optimal. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Persiapan Jelang Hari Pertama Kerja Yang Bisa Kamu Lakukan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next