Strategi Menabung Untuk Liburan Akhir Tahun | Qerja

Strategi Menabung Untuk Liburan Akhir Tahun Dalam Sebulan

Eka Utami, 4 weeks ago
Strategi Menabung Untuk Liburan Akhir Tahun Dalam Sebulan

Liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi. Namun, sayangnya pundi-pundi uang buat jalan-jalan di akhir Desember belum terisi. Lalu harus bagai mana lagi? Apakah kita mesti menghabiskan akhir tahun di rumah saja?

Jangan menyerah dulu! Kita masih punya waktu setidaknya satu bulan untuk mengumpulkan uang. Berikut tips menabung buat liburan dalam waktu singkat.

Buat Perkiraan Anggaran

Sebelum menyusun anggaran tahun ini, Anda perlu mengingat kembali pengeluaran tahun lalu. Anda bisa melihat laporan kartu kredit dan melacak ke mana saja uang pergi pada tahun lalu. Selain itu, Anda juga harus tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung uang untuk membiayai liburan akhir tahun lalu.

Nah, untuk tahun ini, Anda dapat  membuat anggaran yang lebih realistis. Misalnya, jika tahun lalu Anda menabung Rp 1 juta sebulan , maka anggaplah kemampuan menyimpan uang tahun ini juga sebesar nominal tersebut. Jadi, Anda bisa mulai menyusun anggaran bulanan dengan target bisa menabung setidaknya Rp 1 juta.

Disiplin

Kunci sukses penerapan anggaran adalah kedisiplinan. Jadi, Anda harus patuh pada rencana keuangan yang dibuat sendiri agar bisa menabung sesuai target.

Anda bisa mengatur pengingat mingguan di telepon seluler untuk mengecek keselarasan penerapan anggaran dengan kenyataan. Jika menggunakan uang lebih banyak dalam minggu ini, berarti Anda harus mengencangkan ikat pinggang pada pekan mendatang.

Baca Juga: Tips Liburan Hemat Dengan Budget Di Bawah Rp1 juta

Menambah Pundi-pundi Uang

Oke, Anda sudah tahu target nominal tabungan yang disamakan dangan tahun lalu. Kali ini Anda mesti berusaha agar tabungan liburan melebihi harapan. Caranya dengan mencari pemasukan tambahan untuk mengisi pundi-pundi uang.

Tahukah Anda jika ada banyak yang membuka lowongan kerja musiman untuk membantu pekerjaan di saat high season?  Jika Anda punya banyak waktu setelah pulang kantor, tentu bisa mengambil pekerjaan sampingan ini. Selain itu, Anda juga harus jeli melihat peluang usaha menjelang musim liburan dengan menyewakan kamar untuk para pelancong. Atau, Anda pun dapat menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Berhemat

Strategi Menabung buat Liburan Akhir Tahun dalam Sebulan
Sumber: Pixabay

Di satu sisi, Anda berusaha menambah pemasukan. Di sisi lain, Anda juga perlu berusaha untuk lebih menghemat anggaran. Kalau bisa, uang yang Anda belanjakan lebih sedikit dari pada yang direncanakan. Jadi, meski Anda sudah menganggarkan sejumlah dana untuk makan siang di kantin, usahakan sesekali membawa bekal dari rumah yang lebih murah.

Anda juga bisa melakukan penghematan lebih besar dengan cara memangkas salah satu pengeluaran bulanan. Misalnya, dengan berhenti menggunakan televisi berbayar untuk sementara. Uang yang biasa Anda gunakan untuk iuran berlangganan dapat dimasukkan ke dalam tabungan liburan.

Menyusun Strategi Liburan Low Budget

Strategi Menabung buat Liburan Akhir Tahun dalam Sebulan
1 Sumber: Pixabay

Di tengah bulan, Anda sudah bisa melihat secercah harapan untuk mewujudkan rencana liburan akhir tahun. Tetapi, jangan berharap terlalu banyak. Bagaimana pun uang Anda tidak cukup untuk liburan mewah seperti tahun lalu. Anda mesti menyesuaikan tempat tujuan liburan, akomodasi, dan lain sebagainya dengan anggaran terbatas.

Tetapi, tidak semua biaya liburan Anda harus dibiayai dengan tabungan yang hanya dikumpulkan dalam sebulan. Anda bisa mulai mengecek poin dan reward dari kartu kredit untuk mendapatkan diskon moda transportasi dan penginapan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur “bayar belakangan” dari penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel. Hanya saja, Anda mesti memastikan bisa membayar “pinjaman” itu bulan depan kalau bonus sudah turun.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera menabung dari sekarang agar Anda bisa menikmati liburan akhir tahun. –Qerja

Baca Juga: Panduan Membuat Itinerary Liburan Sesuai Budget



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next