Lima Cara Cegah Wabah Demam Berdarah | Qerja

Lima Cara Cegah Wabah Demam Berdarah Di Musim Hujan

Eka Utami, 6 months ago
Lima Cara Cegah Wabah Demam Berdarah Di Musim Hujan

Penyakit demam berdarah seringkali menyerang pada musim hujan seperti sekarang ini. Air yang turun dan tertampung di wadah atau sampah adalah tempat berinduk nyamuk Aedes aegypti. Akibatnya, populasi nyamuk demam berdarah meningkat dan berpotensi menggigit manusia.

Demam berdarah dengue (DBD) atau biasa dikenal dengan sebutan demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus tersebut disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang menggigit manusia.

Orang yang terjangkit penyakit demam berdarah akan merasakan demam tinggi mencapai 40 derajat Celcius, ruam kemerahan 2-5 hari setelah demam, mual dan muntah, pendarahan serta nyeri kepala, sendi, otot, tulang, hingga bagian belakang kepala. Penyakit ini harus ditangani dengan cepat sehingga tidak menimbulkan gangguan fungsi organ tubuh yang berujung kematian.

Fakta mengerikan mengenai demam berdarah cukup membuat kita bergidik. Maka, kita sebisa mungkin menghindari penyakit ini.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Virus demam berdarah akan lebih mudah menjangkiti tubuh manusia yang sedang lemah. Maka, untuk menghindari penyakit demam berdarah pada saat musim hujan yang dingin ini, Anda harus senantiasa menjaga daya tahan tubuh. Anda mesti menjaga pola makan seimbang, jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah mengandung vitamin C, kalau perlu tambahkan asupan suplemen.

Mengenakan Pakaian Tertutup

Pakaian tertutup cocok dikenakan pada saat musim hujan dan udara dingin seperti ini. Selain itu, kemeja panjang yang dipadu dengan celana panjang, dan dilengkapi kaus kaki, berguna untuk menghindari kulit  dari serangan gigitan nyamuk. Selain itu, pakaian berwarna terang juga membuat Anda tidak menarik perhatian nyamuk.

Menjadwalkan Kegiatan di Luar Rumah

Ternyata, nyamuk lebih banyak beredar di pada waktu subuh, sore, dan senja. Jadi, jika tidak ada urusan penting, sebaiknya Anda menghindari keluar rumah pada waktu-waktu tersebut.

Baca Juga: Tujuh Cara Menghindari Tertular Flu di Kantor

Pasang Penghalang Nyamuk

Mungkin Anda sudah memasang jaring di jendela untuk menghalangi masuknya nyamuk ke dalam rumah. Pada musim hujan ini, sebaiknya Anda memeriksa kondisi jaring tersebut apakah masih baik atau sudah ada bagiang yang bolong. Anda mesti segera memperbaikinya bila ada yang rusak. Selain itu, apabila banyak nyamuk yang masuk ke rumah, Anda bisa memasang kelambu di sekitar ranjang untuk melindungi diri saat tidur.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Agar nyamuk Aedes aegypti tidak bisa berkembang biak lebih banyak, maka Anda harus selalu memastikan lingkungan sekitar bersih. Pemerintah mengimbau masyarakat melakukan gerakan hidup sehat 3M. Gerakan tersebut adalah menguras tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang masih bernilai ekonomis.

Gunakan Lotion atau Semprotan Anti-Nyamuk

Jika perlu, Anda bisa menggunakan lotion atau semprotan anti-nyyamuk di bagian kulit yang terbuka. Tapi, Anda harus membaca aturan pemakaian lotion atau semprotan anti-nyamuk yang benar agar bisa melindungi dengan optimal. Beberapa panduan penggunan semprotan anti-nyamuk antaara lain: menyemprot dengan gerakan sapuan perlahan dari jarak 15-20 sentimeter, dan menyemprotkan ke tangan sebelum mengaplikasikan pada area wajah.

Dengan mengaplikasikan tips di atas, Anda bisa terhindar dari penyakit demam berdarah. Semoga Anda dan keluarga sehat selalu. –Qerja

Baca Juga: Penyakit Yang Sering Melanda Pekerja Kantoran. Apa Saja Daftarnya?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next