Cara Membuat SKCK Online untuk Syarat CPNS 2019 | Qerja

Cara Membuat SKCK Online untuk Syarat CPNS 2019

Eka Utami, 4 weeks ago
Cara Membuat SKCK Online untuk Syarat CPNS 2019

Calon tenaga kerja yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2019 perlu mempelajari cara membuat SKCK online. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) ini adalah salah satu berkas penting yang dibutuhkan ketika calon Aparatur Sipil Negara dinyatakan lulus ujian CPNS 2019.

Surat tersebut merupakan tanda bahwa seseorang tidak memiliki catatan yang bersangkutan dengan kegiatan kriminalitas atau kejahatan. Meski panitia tidak meminta dokumen tersebut pada saat pendaftaran, namun pelamar kerja mesti mengurus surat ini sejak awal, sebelum disibukkan dengan tahapan tes berikutnya.

Menyadari pentingnya pengurusan SKCK sejak awal, maka calon pelamar kerja “menyerbu” kantor polisi terdekat tak lama setelah pengumuman lowongan CPNS 2019 beberapa waktu lalu. Menurut laporan Liputan6.com, satu Polres Jakarta Selatan saja melayani pembuatan SKCK lebih awal yaitu jam 07.00 pagi. Bahkan, sebelum kantor dibuka, sudah ada 100 warga yang mengantre karena ingin mengurus SKCK.

Antrean yang panjang dan proses pembuatan SKCK yang butuh waktu membuat pihak kepolisian membatasi masa pendaftaran dalam satu hari. Akibatnya sebagian orang yang sudah menunggu lama, tetap tidak sempat mengurus SKCK karena jam pendaftaran sudah berakhir, sehingga harus datang keesokan harinya.

Maka, warga yang belum sempat membuat SKCK disarankan mempelajari cara membuat SKCK online terlebih dahulu sebelum mengambil SKCK fisik di polres. Berikut cara membuat SKCK online.

Persyaratan untuk Membuat SKCK Online

Pada panduan cara membuat SKCK online, Anda akan diminta untuk mengunggah sejumlah dokumen. Jadi, sebelum masuk ke situs resmi polri, Anda harus memindai beberapa dokumen berikut.

  1. Kartu Tanda Penduduk.
  2. Kartu Keluarga.
  3. Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir.
  4. Pas foto berukuran 4×6 dengan latar belakang merah.
  5. Paspor bagi warga Negara Indonesia yang akan keluar negeri dalam rangka kunjungan, sekolah, atau untuk keperluan penerbitan Visa.
  6. Rumus sidik jari.

Persyaratan Rumus Sidik Jari untuk Membuat SKCK Online

Salah satu kelengkapan dokumen SKCK yang terbilang rumit adalah rumus sidik jari. Berkas tersebut bisa didapatkan di polres dengan surat rekomendasi polsek. Berikut syarat dokumen untuk perekaman rumus sidik jari yang merupakan salah satu bagian dari cara membuat SKCK online.

  1. Fotokopi KTP sebanyak satu lembar.
  2. Foto tampak depan berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak dua lembar.
  3. Foto samping kiri berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak satu lembar.
  4. Foto samping kanan berukuran 4×6 dengan latar belakang merah sebanyak satu lembar.
  5. Melengkapi form sidik jari (nama, bentuk wajah, rambut, dan ciri fisik lainnya).

Baca Juga: Seleksi CPNS 2019 Sudah Dibuka, Cek Cara Pendaftarannya Di Sini!

Langkah-langkah Membuat SKCK Online

Bila semua berkas sudah lengkap dan dipindai, maka Anda bisa mulai mengikuti cara membuat SKCK online berikut ini.

  1. Buka situs SKCK di https://skck.polri.go.id
  2. Pada halaman muka, pilih menu “FORM. PENDAFTARAN” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Lalu, Anda akan diminta mengisi kolom keperluan pembuatan SKCK. Pada laman tersebut terdapat petunjuk Informasi Keperluan Pembuatan SKCK dan Tingkat Kewenangan Kesatuan Wilayah. Buat Anda yang membutuhkan SKCK untuk pendaftaran CPNS, harus memilih “Polres- melamar sebagai PNS”.
  4. Kemudian Anda perlu mengisi Polda dan Polres wilayah yang sesuai dengan alamat di KTP, serta alamat lengkap.
  5. Setelah selesai melengkapi keterangan domisili, Anda bisa memilih metode pembayaran. Sebagai informasi, tarif membuat SKCK online sebesar Rp 30.000. Pembayaran bisa dilakukan di loket polres yang dituju. Namun, bila Anda punya rekening BRI, maka bisa menggunakan BRI virtual account (BRIVA).
  6. Laman pertama selesai, lalu Anda klik ‘lanjut’ dan isi data pribadi.
  7. Unggah pas foto berlatar belakang merah dengan ukuran 4×6.
  8. Usai foto terunggah sempurna, klik ‘lanjut’ lagi, dan isi data keluarga. Bagi pendaftar yang sudah menikah, ini keterangan pasangan suami atau istri. Sementara pelamar kerja yang belum berumah tangga, isi nama ayah serta ibu.
  9. Klik ‘lanjut’ dan isi riwayat pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar hingga universitas.
  10. Klik ‘lanjut’ dan isi pertanyaan soal perkara pidana atau pelanggaran.
  11. Klik ‘lanjut’ dan isi ciri fisik mulai dari rambut, wajah, kulit, tinggi dan berat badan, hingga tanda istimewa. Setelah itu, lengkapi isian rumus sidik jari juga.
  12. Klik ‘lanjut’ ke halaman lampiran. Unggah lampiran KTP, paspor, kartu keluarga, dan akta     lahir atau ijazah. Lampiran sidik jari.
  13. Isi bagian keterangan, yaitu riwayat pekerjaan, hobi, alamat yang bisa dihubungi, dan alamat email.
  14. Centang pernyataan kebenaran data lalu klik ‘proses’.

Setelah semua proses selesai, Anda akan mendapat resi pendaftaran dengan keterangan pembayaran dan pengambilan SKCK di polres. Dengan mengikuti panduan cara membuat SKCK online, maka akan memperpendek proses pengambilan SKCK di kantor polres. SKCK dapat diperoleh pada hari yang sama hingga batas waktu tiga hari berikutnya. –Qerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next