Tips dan Trik Cara Membeli Saham Online | Qerja

Tips dan Trik Cara Membeli Saham Online

Eka Utami, 8 months ago
Tips dan Trik Cara Membeli Saham Online

Saham bisa dibeli dengan beberapa cara. Kita bisa menelepon  perusahaan sekuirtas agar dibantu dalam bertransaksi, atau membeli saham secara online menggunakan aplikasi di komputer atau smartphone. Cara membeli saham online direkomendasikan karena prosesnya yang terbilang cepat.

Namun, investor pemula tentu belum familiar dengan aplikasi dan sistem pembelian saham secara online. Berikut panduannya.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Sebelum memulai membeli saham online, Anda harus punya rekening efek di perusahaan sekuritas. Nah, Anda perlu cermat memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi online trading. Beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan agar nasabah bisa membeli saham secara online antara lain BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Mirae Sekuritas, MNC Sekuritas, dan Indo Premier Sekuritas.

Setelah memilih perusahaan sekuritas yang tepat, kini saatnya Anda membuka rekening efek dengan menyertakan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, buku tabungan, Kartu Keluarga, dan materai Rp 6000. Ketika rekening efek dan akun pada aplikasi siap digunakan, perusahaan sekuritas akan mengirim username dan password. Kemudian, Anda perlu mengisi setoran awal yang ditransfer ke rekening saham investor.

Unduh Aplikasi Online Trading

Perusahaan sekuritas yang Anda pilih sudah menyediakan fasilitas untuk nasabah agar bisa order jual-beli saham secara langsung. Layanan tersebut berupa sistem software yang harus di-install di perangkat Anda. Maka, Anda perlu mengunduh aplikasi online trading itu di komputer, laptop, atau smartphone. Selain itu, Anda juga bisa login di situs berbasis aplikasi milik perusahaan sekuritas.

Setelah login, Anda bisa melihat kondisi pasar terkini. Anda juga dapat mengecek status akun yang sudah bisa berinvestasi.

Baca Juga: Lima Tips Memulai Investasi Saham Bagi Investor Pemula

Memilih Saham

Cara Membeli Saham Online
Sumber: PIxabay

Perusahaans sekuritas siap melayani dengan riset atau ide trading yang membantu dalam memilih saham. Bahkan, sebagian perusahaan juga mengadakan training investasi yang akan membantu Anda memahami investasi pasar modal. Beberapa tips memilih saham yang bisa Anda terapkan yaitu analisa fundamental dengan mengamati perusahaan yang sehat, berkembang, selalu mengalami peningkatan keuntungan dan sebagainya. Selain itu, Anda juga perlu melihat grafik sehingga bisa menentukan timing pembelian saham sekarang atau menundanya.

Selain itu, ada pula yang menyarankan Anda memilih saham unggulan atau bluechip. Saham unggulan dikategorikan dalam index LQ45. Hal ini untuk meminimalisir risiko.

Beli Saham Online

Aksi pembelian saham secara online juga harus dilakukan pada jam buka bursa saham. Sesi I perdagangan saham berlangsung di jam 09.00-12.00. Sementara sesi II pada pukul 14.00-16.00.

Cara membeli saham online di berbagai aplikasi berbeda-beda. Tetapi, secara umum, langkah-langkah membeli saham secara online adalah seperti ini:

  1. Masuk ke aplikasi online trading dengan username dan password.
  2. Masukkan PIN untuk bertransaksi saham.
  3. Setelah berhasil masuk aplikasi, Anda akan dihadapkan pada daftar kode emiten. Cari perusahaan publik yang sahamnya Anda minati. Sementara untuk harganya, cek harga offer.
  4. Di beberapa aplikasi, Anda sudah bisa mendapati tombol “B” untuk “Buy” atau “S” untuk “Sell” di ujung baris dan keterangan emiten. Anda bisa langsung melakukan pembelian dengan mengetuk tombol “B”.
  5. Kemudian, aplikasi akan menampilkan kode emiten yang terpilih, dan harga sahamnya. Anda akan diminta memasukkan jumlah saham yang akan dibeli dalam lot. Sebagai informasi 1 lot sama dengan 100 lembar saham.
  6. Aplikasi akan melakukan kalkulasi, sehingga akan muncul total dana yang harus Anda bayarkan untuk membeli saham tersebut. Beberapa aplikasi akan menampilkan dana yang tersedia dalam Rekening Dana Investor, sehingga Anda bisa memastikan bahwa uang yang dimiliki cukup untuk membeli saham tersebut.
  7. Terakhir, aplikasi akan menampilkan kode emiten, lot, dan dana yang harus disetorkan. Kemudian Anda harus mengetuk tombol yang menandakan sudah mengkonfirmasi nilai tersebut.

Langkah-langkah membeli saham secara online tersebut juga berlaku saat Anda ingin menjual saham. Hanya saja, pada langkah pertama Anda hanya perlu mengetuk tombol “S” untuk “Sell” dan memerhatikan “harga bid”. Selamat bertransaksi! –Qerja

Baca Juga: Mau Belajar Investasi Saham? Daftar Sekolah Pasar Modal Aja!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next