Ini Lima Tren Rekrutmen Tahun 2020, Sudah Cek? | Qerja

Ini Lima Tren Rekrutmen Tahun 2020, Sudah Cek?

Eka Utami, 2 weeks ago
Ini Lima Tren Rekrutmen Tahun 2020, Sudah Cek?

Tren rekrutmen terus berkembang dari tahun ke tahun. Dinamika yang terjadi di dunia kerja ini perlu dipahami oleh karyawan yang berencana “pindah kapal” atau fresh graduate yang bersiap lulus pada 2020 mendatang.

Dengan demikian, kita bisa membaca bagaimana usaha perekrut menarik talenta unggul. Sementara itu, pelamar kerja seperti kita bisa mempersiapkan diri agar bisa memenuhi ekspektasi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tren rekrutmen 2020 yang perlu Anda tahu.

Pengalaman Seleksi yang Berkesan

Saat ini, bukan hanya calon tenaga kerja yang bersaing mendapatkan pekerjaan. Tapi, perusahaan juga beradu strategi agar bisa menggaet kandidat tebaik. Maka, pada 2020, perusahaan akan mencoba mencari cara agar pelamar kerja terkesan dengan proses seleksi kerja.

Perusahaan berusaha memadukan teknologi dengan sentuhan personal yang kuat. Perusahaan akan menjaring calon tenaga kerja dengan gaya modern, seperti melalui situs karier, dan cara mengisi aplikasi otomatis. Selain itu, perusahaan juga akan mengutus perekrut yang akan menyapa kandidat dengan hangat, memberikan masukan pada resume, hingga membuat wawancara kerja lebih baik.

Perusahaan Merekrut Berdasarkan Soft Skill

Keahlian yang mumpuni di bidang yang ditekuni, serta pengalaman dan prestasi merupakan modal penting yang harus dimiliki seorang calon tenaga kerja. Namun, hal tersebut tidak cukup. Tren rekrutmen 2020 yang berkembang, perusahaan juga mengutamakan kandidat dengan soft skill terbaik.

Soft skill yang dibutuhkan perusahaan terutama kemampuan sosial dan emosional seperti komunikasi dan empati. Perusahaan membutuhkan kandidat dengan dua soft skill ini agar tenaga kerja bisa beradaptasi dengan peran yang berubah dalam struktur organisasi yang fleksibel di masa mendatang.

Baca Juga: Hal yang Diinginkan Perekrut dari Kandidat Fresh Graduate

Rekrutmen Internal

Mau Cari Kerja di Tahun Depan? Simak Tren Rekrutmen 2020 Ini
Sumber: Pixabay

Tren rekrutmen 2020 yang akan berkembang adalah mencari talenta dari dalam perusahaan. Ide ini bisa saja datang dari perekrut yang mulai lebih proaktif mencari talenta yang tepat, baik dari dalam atau luar perusahaan. Alasan lain perekrutan internal adalah biaya besar untuk open recruitment, sementara perusahaan sudah menyadari banyak talenta yang masih bisa diasah di dalam organisasi.

Nah, tren ini mesti dipahami oleh Anda yang sedang bimbang karena ingin pindah kerja. Sebelum keluar dari perusahaan, cobalah mencari kesempatan untuk mendapat peran dan tanggung jawab di departemen lain. Anda bisa bicara dengan tim SDM di kantor, siapa tahu mereka memang sudah punya strategi perekrutan internal.

Citra Perusahaan Menarik Kandidat

Salah satu alasan yang membuat kandidat tertarik melamar satu pekerjaan adalah citra perusahaan yang baik. Sebelum mengirim surat lamaran, calon tenaga kerja akan melakukan riset mendalam mengenai perusahaan. Beberapa poin yang diteliti bukan hanya gaji dan tunjangan, tetapi pengalaman karyawan dan budaya kerja perusahaan. Maka, setiap situs karir pasti menyediakan review perusahaan yang berisi testimoni pekerja.

Oleh karena itu, pada tren rekrutmen 2020, karyawan adalah duta perusahaan. Perusahaan akan berusaha membuat karyawan betah dengan berbagai fasilitas dan lingkungan kerja yang kondusif. Kemudian, karyawan akan berbagi pengalaman di berbagai platform media sosial dengan sendirinya.

AI Masih Terbatas

Mau Cari Kerja di Tahun Depan? Simak Tren Rekrutmen 2020 Ini
Sumber: Pixabay

Teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah mulai digunakan pada proses perekrutan. Salah satunya untuk mengevaluasi kandidat menggunakan data, hingga pemrosesan bahasa alami untuk mendapatkan gambaran awal tentang profil pelamar. Dengan adanya AI, maka perekrut akan terbebas dari pekerjaan membosankan menyeleksi berkas kandidat secara manual. AI akan merekomendasikan calon tenga kerja terbaik berdasarkan kriteria yang diinginkan perusahaan.

Meski begitu, ternyata AI tidak akan terlalu berkembang pada tren rekrutmen 2020. Sebagian perusahaan mungkin akan menggunakan AI untuk mendeteksi kata kunci pada berkas lamaran. Namun, sejumlah profesional di bidang perekrutan justru khawatir kalau AI akan meningkatkan bias dalam perekrutan dan pengembangan bakat. Jadi, pelamar kerja tidak perlu takut gagap teknologi untuk mengikuti proses seleksi kerja yang menggunakan AI, sebaiknya tetap fokus meningkatkan kemampuan untuk mengesankan perekrut.

Dengan memahami tren rekrutmen 2020, Anda bisa punya gambaran ddinamika dunia kerja yang akan dihadapi di masa depan. Semoga sukses dalam pencarian kerja di tahun mendatang! –Qerja

Baca Juga: Tips Melakukan Negosiasi Gaji Pertama Bagi Fresh Graduate!

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next