7 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh | Qerja

Tujuh Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Eka Utami, 6 months ago
Tujuh Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Musim hujan telah datang, dan udara menjadi lebih dingin. Saat temperatur rendah dan lembab, maka tubuh akan lebih mudah terkena penyakit. Berbagai studi menyebutkan bahwa kondisi ini menyebabkan Rhinovirus penyebab pilek lebih mudah masuk ke tubuh, dan virus influenza lebih stabil.

Oleh karena itu, kita perlu berusaha meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu fit, dan bisa mengerjakan setiap tugas di tempat kerja. Berikut ini adalah tujuh makanan untuk meningkat daya tahan tubuh saat musim hujan yang bisa kamu konsumsi.

Bawang Putih

Sejak dulu, bawang putih dipercaya sebagai salah satu makanan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sifat antiseptik dan anti jamur, bawang putih dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan nutrisi di dalam bawang putih dapat melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus tanpa efek samping seperti pada antibiotik.

Berdasarkan penelitian, bawang putih mentah merupakan obat yang manjur untuk mencegah batuk dan pilek selama musim hujan yang dingin. Bawang putih juga bisa menjadi antibiotik yang bekerja cepat jika ada infeksi. Namun, jika tidak terbiasa memakan bawang putih mentah, maka Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu sup atau makanan lainnya. Sup ayam hangat yang dibumbui dengan bahan putih dan jahe akan menghidrasi tubuh, meningkatkan suhu badan, dan membantu melawan bakteri dan virus.

Jahe

Tujuh Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kala Musim Hujan
Sumber: Pixabay

Jahe bersifat antibakteri sehingga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan dalam jahe dapat membantu mencegah mual dan meredakan sakit perut. Jahe juga merupakan pengencer darah alami dan mengandung senyawa anti-inflamasi disebut gingerol yang bisa merelaksasi pembuluh darah.

Mengonsumsi jahe di musim hujan bisa dengan berbagai cara. Anda bisa menjadikan jahe sebagai salah satu bumbu dalam sup. Selain itu, minuman jahe juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yogurt

Yogurt merupakan sumber probiotik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Probiotik meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, dan melawan penyakit. Di samping itu, yogurt juga tinggi protein, serta mengandung vitamin A dan zinc. Yogurt bisa dikonsumsi bersama dengan potongan buah segar.

Selain itu, yogurt juga diperkaya dengan vitamin D. Menurut sebuah penelitian, dengan asupan vitamin D yang cukup, baik dari makanan atau paparan sinar matahari, dapat membantu menurunkan risiko terkena flu yang sering melanda di saat musim hujan seperti ini.

Baca Juga: Pilihan Makanan untuk Mengatasi Stres Kerja

Daging

Daging adalah makanan yang mengandung protein, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringannya. Protein juga merupakan komponen vital sel darah putih yang bertanggung jawab untuk memerangi infeksi. Selain itu, daging juga mengandung vitamin B, zinc, dan zat besi, yaitu nutrisi yang baik untuk mekanisme pertahanan tubuh.

Jadi, jangan lewatkan lauk yang kaya protein ini pada setiap kali makan. Dengan mengonsumsi 1-2 porsi daging per hari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh di kala musim hujan.

Telur

Kuning telur mengandung zinc dan selenium yang merupakan mineral penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, di dalam telur juga ada vitamin D dan vitamin B kompleks yang berfungsi memberantas penyakit dan memperlancar aliran darah.

Telur bisa disajikan sebagai sarapan untuk membuka hari di musim hujan. Namun, jika Anda khawatir dengan kandungan kolesterol pada telur, cobalah buat telur orak-arik dengan dua putih telur dan satu kuning telur.

Jeruk

Tujuh Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kala Musim Hujan
Sumber: Pixabay

Berbagai jenis jeruk, seperti lemon, jeruk keprok, jeruk nipis, dan jeruk bali, adalah sumber vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Maka, buah ini banyak dikonsumsi orang di saat musim hujan untuk menghindari flu. Penelitian membuktikan bahwa vitamin C di dalam jeruk bisa mempersingkat durasi pilek sekitar satu hari.

Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan dengan makanan. Anda dapat menemukan berbagai jenis kue atau puding yang dicampur jeruk atau dengan topping jeruk. Anda pun dapat mengonsumsi infused water dari lemon. Cara membuatnya dengan memasukkan irisan buah ke dalam air putih, biarkan beberapa saat, dan nikmati selagi hangat.

Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang tak boleh dilewatkan. Kaya akan kandungan vitamin A, C, E, antioksidan, dan serat, brokoli jadi salah satu sayuran paling menyehatkan. Bahan kimia yang terkandung pada brokoli itu baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat peningkatan daya tahan tubuh saat musim hujan, Anda dapat mengonsumsi brokoli pada capcay kuah. Selain itu, brokoli juga bisa dikukus dan dimakan begitu saja.

Dengan upaya meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat melalui hari dengan lebih baik di tengah musim hujan yang dingin. Semoga Anda sehat selalu! –Qerja

Baca Juga: Enam Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next