Bagaimana Teknologi 5G Mengubah Dunia Kerja | Qerja

Bagaimana Teknologi 5G Mengubah Dunia Kerja

Eka Utami, 9 months ago
Bagaimana Teknologi 5G Mengubah Dunia Kerja

Teknologi internet generasi kelima 5G adalah jaringan paling mutakhir yang akan semakin banyak digunakan di dunia pada 2020. Menurut informasi dari berbagai sumber, teknologi 5G memiliki keunggulan yaitu kecepatan jaringan yang 10 kali lipat dari 4G. Lebih detailnya, kecepatan transfer data 5G mencapai 800 gigabyte per detik (Gbps), dan jeda pada proses transfer data yang hanya 1 milidetik.

Meski penerapan teknologi 5G di Indonesia masih dalam tahap persiapan, namun kita perlu mengenal jaringan generasi baru tersebut. Berdasarkan sekilas informasi tentang teknologi 5G yang telah disebutkan sebelumya, kita sudah membayangkan bagaimana jaringan termutakhir tersebut dapat mengubah kehidupan manusia, salah satunya di dunia kerja. Berikut ulasannya.

Penggunaan AI di Dunia Kerja Semakin Umum

Bagaimana Teknologi 5G Mengubah Dunia Kerja
Sumber: Pixabay

Kecepatan jaringan 5G akan mendukung penerapan teknologi dengan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) di dunia kerja. Jaringan yang kuat bisa membuat pemrosesan dari kumpulan data besar serta visualisasi di cloud semakin mudah. Dengan demikian, perusahaan bisa memanfaatkannya untuk otomatisasi di pabrik, operasi asisten virtual, dokumen otomatis, pengolahan hasil survei karyawan dengan cepat, dan sebagainya.

Pergeseran Permintaan Tenaga Kerja

Seiring dengan perkembangan AI di dunia kerja, maka permintaan calon tenaga kerja. Dengan adanya jaringan 5G, maka perusahaan tidak lagi memerlukan karyawan yang melakukan tugas berulang seperti pemrosesan data hingga akuntansi. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan oleh mesin. Sementara itu, kandidat pegawai dengan kemampuan kognitif tingkat tinggi yang memiliki soft skill seperti problem solving dan pemikiran kritis semakin dicari.

Kolaborasi Kerja Lebih Efisien

Saat ini, kita masih bekerja dalam rantai yang cukup panjang. Ketika ada beberapa orang berada dalam satu proyek, maka masing-masing akan mengerjakan satu file, kemudian membagikannya lewat email, sampai semua pemangku kepentingan selesai mengeceknya. Dengan dukungan 5G di dunia kerja, file desain data yang berat, potongan kode, hingga editing video bisa dikerjakan bersama secara real-time. Rapat melalui live video dan webinar pun semakin umum.

Baca Juga: Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini

Pengambilan Keputusan Lebih Cepat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jaringan 5G membuat kita bisa mendapat data real time dari berbagai lokasi terpisah. Dengan materi yang lengkap, maka pemangku kebijakan di perusahaan bisa mengambil keputusan strategis lebih cepat. Hal ini membuat perusahaan bisa bekerja dengan efektif dan efisien.

Pemisahan Jaringan Mendukung Produktivitas

Ketika teknologi 5G diterapkan, operator seluler bisa memisahkan jaringan untuk aplikasi, layanan, atau perangkat tertentu yang menjadi prioritas pengguna di dunia kerja. Jadi, perusahaan bisa saja meminta agar jaringan diutamakan untuk keperluan pertemuan penting, sesi kolaborasi, platform pelatihan dan pengembangan, dan aplikasi lain terkait pekerjaan. Urusan kantor yang utama tidak akan terganggu dengan kepentingan pribadi satu orang yang mengunduh file besar atau streaming video.

Kerja Jarak Jauh Semakin Mudah

Bagaimana Teknologi 5G Mengubah Dunia Kerja
Sumber: Pixabay

Dengan teknologi 5G, perusahaan bisa mengoptimalkan kolaborasi dengan karyawan yang berada di kantor cabang di kota lain, pekerja paruh waktu, hingga pegawai yang mendapat jatah work from home. Jaringan yang cepat memungkinkan video call tanpa hambatan, pengiriman data cepat, hingga alat absen jarak jauh tanpa gangguan. Bahkan, definisi kantor di masa depan bisa saja berubah, bukan lagi sebuah ruang fisik.

Dunia kerja di masa depan akan bergerak lebih dinamis, cepat, dan efisien dengan dukungan 5G. Perubahan yang didasari dengan kemajuan teknologi ini tidak bisa ditolak. Kita hanya perlu bersiap dan beradaptasi. –Qerja

Baca Juga: Kecerdasan Buatan Merevolusi Cara Kerja Departemen SDM



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next