Cara Membuat Rencana Karier Bagi Fresh Graduate | Qerja

Begini Cara Membuat Rencana Karir Bagi Fresh Graduate Di 2020

Eka Utami, 9 months ago
Begini Cara Membuat Rencana Karir Bagi Fresh Graduate Di 2020

Rencana karir adalah strategi yang disusun berdasarkan tujuan, minat dan prioritas seseorang di dunia kerja, serta rencana tindakan yang akan dilakukan untuk mencapainya. Rencana karir akan membantu kita memahami kelebihan dan kekurangan diri, hingga menggapai pekerjaan impian.

Setidaknya dengan membuat rencana karir bisa membantu kita menjawab pertanyaan saat wawancara kerja. Buat pada fresh graduate yang baru lulus kuliah, cobalah menyusun rencana karir agar lebih siap menghadapi dunia kerja di tahun 2020. Apa saja rencana yang bisa kalian buat? Cek daftarnya di sini!

Membuat Pilihan

Fresh Graduate, Begini Cara Membuat Rencana Karier
Sumber: Pixabay

Pastikan tujuan karir yang Anda pilih realistis. Sesuaikan pilihan berdasarkan minat dan bakat, dan faktor lain seperti gaji, budaya perusahaan, jam kerja, hingga waktu perjalanan ke kantor. Rencana karir yang tersusun di dalam pikiran atau tertulis di kertas akan membantu fresh graduate fokus untuk mencapai tujuan.

Merinci Daftar Keterampilan

Berdasarkan daftar keterampilan dan pengalaman sebagai fresh graduate, Anda bisa memahami posisi diri saat ini. Dengan begitu, Anda jadi bisa menentukan rute menuju pekerjaan impian. Bila keterampilan Anda sudah cukup mumpuni, maka bisa memberanikan diri untuk melamar pekerjaan pertama di perusahaan. Kalau merasa kurang mampu, Anda dapat mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

Menetapkan Tujuan dan Tindakan

Setelah menentukan tujuan utama dan jalur karir, kini Anda perlu menyusun langkah-langkah yang lebih spesifik. Tuliskan beberapa aksi besar atau kecil untuk mencapai tujuan jangka panjang atau pendek. Setiap rencana aksi akan membuat Anda mencapai anak tangga yang lebih tinggi sehingga lebih dekat pada tujuan utama.

Buat Kerangka Waktu

Anda perlu memberikan tenggat waktu untuk setiap rencana aksi yang akan dilakukan. Deadline tersebut akan membuat Anda terpacu dan bersemangat untuk mencapai tujuan karir yang ditetapkan sejak awal.

Baca Juga: Tips Mendaki Tangga Karir di Perusahaan Besar

Usai membuat rencana karir, kini fresh graduate bisa melakukan langkah nyata untuk mewujudkannya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Menyusun CV

Untuk mendapat pekerjaan pertama, Anda tentu harus membuat CV yang mengesankan perekrut. Pada CV tersebut, Anda perlu menonjolkan pribadi yang menyenangkan dan bertanggungjawab, serta berbagai pencapaian sebelum masuk ke dunia kerja. Ingat, CV tidak akan langsung membuat Anda diterima kerja. Tetapi, CV yang baik akan memuluskan jalan Anda untuk dipanggil ke tahap wawancara.

Menambah Pengalaman

Sambil menunggu panggilan kerja, Anda harus mengisi waktu dengan kegiatan produktif. Anda dapat mengikuti pelatihan, magang, menjadi tenaga kerja lepas, sukarelawan dan sebagainya. Pengalaman baru akan memperkaya CV Anda berikutnya.

Manfaatkan Jaringan

Sebagai fresh graduate, Anda pasti masih dekat dengan dunia kampus. Coba cek layanan karir di universitas yang akan membantu Anda memberikan informasi tentang lowongan kerja hingga data alumni. Kemudian, Anda dapat mencari tahu cara berhubungan dengan alumni lewat berbagai acara, seminar, atau telepon langsung untuk berbagi tips sukses dalam karir. Jika cara membangun koneksi baik, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat tawaran kerja atau rekomendasi.

Pertimbangkan Sekolah Pascasarjana

Fresh Graduate, Begini Cara Membuat Rencana Karier
Sumber: Pixabay

Jika Anda belum berhasil mendapat pekerjaan yang sesuai rencana karir, maka cobalah untuk mencari beasiswa untuk sekolah pascasarjana. Atau, Anda dapat melakoni pekerjaan sementara di perusahaan yang memungkinkan cuti sekolah. Dengan sekolah pascasarjana, maka Anda akan mendapat keahlian khusus dan menjadi profesional di bidang yang dipilih.

Rencana karir adalah langkah awal masuk dunia kerja. Di dalam perjalanannya, pasti ada kendala yang akan membuat Anda perlu mengevaluasi, berpikir ulang, bahkan mengubah rute. Namun, Anda harus tetap berusaha disiplin untuk mematuhi deadline yang sudah ditetapkan. Anda dapat memberi hadiah untuk diri sendiri pada setiap pencapaian yang berhasil diwujudkan. –Qerja

Baca Juga: Tiga Langkah Menyusun Resolusi Karir 2020



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next