5 Tips Menjaga Kesehatan Musim Hujan dan Banjir | Qerja

Lima Tips Menjaga Kesehatan Musim Hujan dan Banjir

Eka Utami, 9 months ago
Lima Tips Menjaga Kesehatan Musim Hujan dan Banjir

Musim hujan disertai banjir melanda berbagai kota di Indonesia di awal tahun 2020. Pada kondisi seperti ini, kita rentan terkena penyakit. Kotoran yang ada di mana-mana ditambah dengan udara dingin, membuat virus dan bakteri merajalela.

Maka, kita harus senantiasa menjaga kesehatan agar bisa tetap bekerja, dan jika memungkinkan menyisihkan tenaga untuk membantu orang-orang yang mengalami bencana. Berikut tips menjaga kesehatan di musim hujan dan banjir.

Perhatikan Air Bersih yang Digunakan

Tips Jaga Kesehatan Musim Hujan dan Banjir
Sumber: Pixabay

Banjir yang datang membawa sampah dan air kotor yang mengandung kuman dan bakteri. Hal ini bisa saja mencemari sumber air minum yang biasa Anda gunakan.

Maka, Anda perlu merebus air hingga benar-benar mendidih sehingga layak untuk diminum dan tetap baik untuk kesehatan. Jika memungkinkan, pilihlah air mineral dalam kemasan daripada air tanah untuk kebutuhan sehari-hari. Air bersih tersebut juga bisa dipakai untuk mencuci dan mengolah makanan.

Jaga Pola Makan

Kesehatan tubuh akan selalu terjaga bila kita selalu menjaga pola makan teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Namun, pada musim hujan begini ditambah dengan kondisi daerah tempat tinggal yang dikepung banjir, kita seringkali kesulitan keluar rumah. Akibatnya, stok makanan di rumah berkurang, dan Anda terpaksa mengirit makanan.

Bila ada kesempatan menerobos banjir dan keluar rumah, maka kita harus memanfaatkannya dengan membeli makanan untuk persediaan. Beberapa makanan dan minuman yang cocok untuk stok saat musim hujan dan banjir antara lain mi instan, minuman hangat instan, aneka lauk kering, telur, dan biskuit. Selain itu, jangan lupa menyediakan sayur dan buah yang awet disimpan dan tak harus masuk kulkas seperti apel dan pir. Memang, beberapa jenis makanan yang dianjurkan tidak bisa memberi nutrisi terbaik, namun cocok untuk keadaan darurat seperti ini.

Baca Juga: Lima Cara Cegah Wabah Demam Berdarah Di Musim Hujan

Selalu Jaga Kebersihan Tubuh

Tips Jaga Kesehatan Musim Hujan dan Banjir
Sumber: Pixabay

Terkadang, Anda terpaksa harus menerobos banjir untuk menuju tempat kerja atau lokasi lainnya. Maka, Anda perlu melindungi kaki dengan sepatu bot dan memakai sarung tangan agar bagian tubuh yang bersentuhan dengan air kotor terhindar dari kemungkinan terluka dan infeksi. Namun, bila Anda sudah berhati-hati, tetapi tetap tergores sehingga ada luka terbuka yang menganga, maka harus segera dibersihkan dengan air bersih dan cairan disinfeksi lalu ditutup dengan perban.

Setelah terpapar air banjir, sebaiknya Anda langsung mencuci tangan atau kaki dengan sabun hingga bersih demi menjaga kesehatan. Kebiasaan mencuci tangan harus diteruskan setiap kali akan makan, minum, mengolah makanan, dan setelah buang air.

Tidur Harus Cukup

Buat sebagian orang, tinggal di daerah langganan banjir pada saat musim hujan selalu bikin tidur tak tenang. Anda seringkali harus berjaga malam karena takut kalau air menerobos ke dalam rumah pada waktu yang tak disangka. Namun, Anda tetap harus memerhatikan kesehatan dengan tidur yang cukup, tidak kurang atau lebih. Kurang istirahat akan membuat Anda kelelahan, sementara kelebihan tidur justru membuat tubuh menjadi lemas dan otot kaku.

Jadi, kalau memang harus siaga banjir setiap saat, sebaiknya Anda bekerjasama dengan keluarga atau tetangga agar berjaga bergantian. Sementara kalau udara dingin membuat sering mengantuk, Anda bisa tidur secukupnya, tapi jangan sampai kebablasan. Adapun porsi tidur yang pas akan memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Pastikan Kebersihan Lingkungan

Selama musim hujan seperti ini, Anda harus memastikan kebersihan lingkungan sekitar. Jangan sampai ada sampah atau wadah terbuka yang menampung air hujan sehingga menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Anda juga harus menghindari kontak dengan hewan pembawa penyakit lainnya seperti tikus dan serangga. Selain itu, usahakan agar sirkulasi udara di dalam rumah selalu terjaga agar tidak terlalu lembab di dalam ruangan.

Sementara itu, buat Anda yang terdampak banjir, harus bekerja keras untuk membersihkan rumah hingga ke sudut di saat air sudah surut. Setelah musim hujan dan banjir mereda, Anda harus memastikan lingkungan sekitar rumah terbebas dari kotoran. Pertahankan gaya hidup bersih tersebut.

Anda harus senantiasa menjaga kesehatan selama musim hujan dan banjir. Dengan demikian, Anda tetap bisa menjalani aktivitas sehar-hari dengan kondisi prima. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next