Ini Lima Mitos Bekerja Dari Rumah Yang Salah | Qerja

Tidak Selalu Menyenangkan! Ini Lima Mitos Bekerja Dari Rumah

Eka Utami, 9 months ago
Tidak Selalu Menyenangkan! Ini Lima Mitos Bekerja Dari Rumah

Siapa bilang kerja dari rumah selalu menyenangkan? Jawabannya, tidak selalu. Di satu sisi, bekerja dari rumah bisa membuat kita menghemat tenaga dan waktu di perjalanan.

Di sisi lain, bekerja dari rumah seringkali membuat kita tidak bisa fokus dan menunda tugas-tugas yang menumpuk. Berikut ini beberapa mitos yang terkait dengan bekerja dari rumah.

Mitos #1: Boleh Pakai Baju Bebas

Memang, Anda tidak perlu berdandan rapi saat bekerja dari rumah. Tapi, bukan berarti Anda bisa memakai piyama atau kaus oblong saja saat mengerjakan tugas-tugas kantor. Pernyataan itu hanya mitos!

Anda tidak pernah tahu jika sewaktu-waktu atasan atau rekan kerja menghubungi dengan video call. Mereka tak akan nyaman melihat penampilan Anda yang berantakan seperti baru bangun tidur. Jadi, meski bekerja dari rumah, sebaiknya Anda tetap mandi dan memakai pakaian yang pantas. Bila Anda lebih nyaman bekerja dengan kaus, setidaknya siapkan blazer untuk jaga-jaga kalau perlu melakukan video call.

Mitos #2: Bisa Bekerja Kapan Saja

Jangan Percaya! Ini Lima Mitos tentang Bekerja Dari Rumah
Sumber: Pixabay

Anda pikir, bekerja dari rumah memungkinkan untuk memulai hari lebih lambat dari biasanya. Anda merasa bisa bebas bangun siang dan memilih waktu paling produktif.

Padahal, jika sedang terlibat mengerjakan satu proyek, maka Anda akan bekerja dalam tim. Kabar buruknya, tidak semua anggota tim Anda mendapat kesempatan bekerja dari rumah pada hari yang sama. Jadi, Anda tetap harus mengikuti rapat dengan video call dan mengecek setiap perkembangan pada saat jam kerja. Sementara buat Anda yang bekerja sendiri pun masih harus berhubungan dengan klien atau mitra kerja lainnya pada waktu kerja.

Baca Juga: Tiga Tips Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

Mitos #3: Lebih Mudah Mengatur Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Jangan Percaya! Ini Lima Mitos tentang Bekerja Dari Rumah
Sumber: Pixabay

Meski fisik Anda berada di rumah, tetapi pikiran tetap harus selalu terhubung dengan pekerjaan kantor. Jadi, Anda tidak bisa meladeni permintaan anak untuk bermain bersama setiap saat, memastikan memasak makan siang dan berbelanja.

Kenyataannya, orang yang bekerja dari rumah justru mengunci diri dalam ruang kerja selama beberapa waktu. Atau, ia memilih pergi ke kafe dan co-working space sehingga bisa lebih fokus bekerja. Jadi, pemikiran bahwa kerja dari rumah bisa mendukung keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan tidak sepenuhnya benar. Hal itu bisa saja diwujudkan jika Anda benar-benar bisa mengatur waktu dengan baik.

Mitos #4: Bekerja Jadi Lebih Mudah

Anda seringkali merasa kesulitan bekerja di kantor. Anda merasa ada tekanan dari atasan yang mondar-mandir di sekitar meja kerja. Belum lagi gangguan telepon dari klien, kebiasaan rekan kerja yang selalu mengetuk pulpen, hingga ajakan ngobrol dari teman lainnya. Jadi, Anda berpikir bahwa bekerja dari rumah akan membuat segalanya lebih mudah.

Saat Anda mengalaminya sendiri, ternyata bekerja dari rumah tidak segampang yang dibayangkan. “Lawan” Anda kali ini adalah diri sendiri yang sering tergoda untuk menunda pekerjaan. Jadi, Anda harus bersusah payah untuk disiplin dan bertanggung jawab pada pekerjaan.

Mitos #5: Bekerja dari Rumah Bisa Dilakukan Semua Orang

Hari ini, semakin banyak perusahaan yang memberi kesempatan karyawannya untuk bekerja dari rumah sekali waktu. Kebijakan tersebut dianggap menjadi salah satu fasilitas bernilai tinggi yang menguntungkan pekerja.

Namun, sebenarnya tidak semua karyawan bisa dan mendapat kenyamanan dengan bekerja dari rumah. Sebagian orang malah bisa lebih produktif jika bekerja di kantor dengan pengawasan dari atasan secara langsung. Jika demikian adanya, tentu fasilitas bekerja dari rumah tidak terlalu berpengaruh pada pekerja.

Jika perusahaan tempat bekerja memberlakukan kebijakan kerja dari rumah, Anda harus memilih waktu yang paling tepat untuk mengambil kesempatan itu. Bijaklah dalam memanfaatkan setiap fasilitas yang diberikan perusahaan. –Qerja

Baca Juga: Berencana Kerja dari Rumah Pekan Depan? Jangan Pilih Hari Jumat!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next