7 Keahlian IT Yang Harus Dimiliki Saat Ini | Qerja

7 Keahlian IT Yang Wajib Dikuasai Saat Ini Untuk Bekerja

Eka Utami, 10 months ago
7 Keahlian IT Yang Wajib Dikuasai Saat Ini Untuk Bekerja

Keahlian di bidang teknologi semakin dibutuhkan di dunia kerja dewasa ini. Ada berbagai posisi dan jenis pekerjaan yang ditawarkan perusahaan untuk calon tenaga kerja yang menguasai bermacam bahasa pemrograman dan plaform.

Kalau Anda tertarik untuk bekerja di bidang teknologi, lengkapi diri dengan keahlian berikut ini. Dijamin, kesempatan Anda akan terbuka lebar.

SQL (Structured Query Language)

Mau Dapat Kerja di Bidang Teknologi? Kuasai Tujuh Keahlian Ini!
Sumber: Pixabay

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses data. Khususnya dalam sistem manajemen basis data relasional seperti Oracle MySQL atau Microsoft SQL Server.

Keahlian SQL diperlukan untuk mendukung pekerjaan seperti Developer, Programmer, atau Analyst. Dengan menguasai bahasa pemrograman ini, kesempatan Anda untuk bekerja di bidang teknologi terbuka lebar. Untuk para pemula yang baru masuk dunia kerja bisa mencoba melamar pekerjaan menjadi programmer dengan tawaran gaji sekitar Rp5 juta.

Namun, bila Anda sudah senior dan lebih percaya diri dengan pengalaman, maka bisa mengajukan diri sebagai System Analyst dengan gaji hingga Rp25 juta.

Python

Python adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat berbagai macam program. Bahasa pemrograman ini bisa dipelajari oleh pemula yang belum familiar dengan coding. Struktur sintaknya yang rapi membuat Python mudah dipelajari.

Di situs Jobs.id, Anda bisa menemukan lowongan kerja Python Programmer. Orang yang bekerja pada posisi ini diminta untuk mendesain dan mengembangkan aplikasi. Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini berkisar antara Rp7,5 juta sampai Rp15 juta.

Machine Learning

Machine learning adalah salah satu cabang aplikasi dari kecerdasan buatan (Artificial Inteligence). Seseorang harus punya dasar pemahaman tentang algoritma dan model statistik yang kuat untuk bisa menguasai machine learning. Dengan keahlian machine learning, seseorang bisa mengembangkan sistem yang mampu “belajar sendiri” tanpa harus diprogram ulang oleh manusia.

Berdasarkan pencarian di Jobs.id, keahlian ini dibutuhkan untuk profesi seperti Programming Staff, Data Scientist, dan Data Engineer. Gaji yang ditawarkan untuk posisi Programming Staff berkisar antara Rp4,5 juta sampai Rp6 juta. Sementara, Senior Data Engineer dan Senior Data Scientist dijanjikan pendapatan hingga Rp50 juta.

Baca Juga: Enam Pilar Teknologi Sebagai Modal Kesuksesan di Era Digital

Docker

Mau Dapat Kerja di Bidang Teknologi? Kuasai Tujuh Keahlian Ini!
Sumber: Pixabay

Docker merupakan platform terbuka yang digunakanuntuk membuat paket perangkat lunak yang disebut container. Dengan Docker, developer dapat membangun, mengemas, menyebarkan dan menjalankan aplikasi dengan ringan.

Pada lowongan pekerjaan di bidang teknologi untuk level senior seperti Database Engineer, Java Developer, hingga Technical Architect, pelamar diminta memahami atau setidaknya familiar dengan Docker. Gaji yang ditawarkan perusahaan untuk posisi-posisi tersebut tak tanggung-tanggung, berkisar antara Rp20 juta hingga Rp50 juta.

Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud yang menawarkan lebih dari 175 layanan unggulan lengkap dari pusat data secara global. AWS umum digunakan di berbagai perusahaan besar, startup, hingga lembaga pemerintahan. Dengan menggunakan platform ini, perusahaan bisa memangkas biaya, lebih sigap, dan menerapkan inovasi lebih cepat.

Pengalaman menggunakan AWS dibutuhkan untuk profesi di bidang teknologi seperti Database and Network Administrator. Orang yang menduduki posisi tersebut bertanggungjawab pada implementasi, pengembangan, dan pemeliharaan database proyek, detail konfigurasi hingga buku panduan produksi. Dengan peran tersebut, seorang Database and Network Adminisrator dijanjikan penghasilan bulanan Rp8 juta sampai Rp 15 juta.

.NET

Microsoft .NET adalah kerangka kerja untuk mengembangkan perangkat lunak. .NET digunakan pada sebagian besar aplikasi yang dibuat untuk platform Windows, situs web, game, dan lain-lain. Jika sudah menguasai .NET, Anda juga perlu menambah pengetahuan tentang C#, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan kerangka .NET.

Melihat dari definisi .NET, sudah jelas bahwa orang yang memiliki keahlian ini dibutuhkan perusahaan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi. Selain penguasaan .NET, kandidat juga diharapkan memiliki soft skill untuk bisa beradaptasi dan bekerja dalam tim pengembang. Pekerjaan yang membutuhkan keahlian ini biasanya disebut .NET Developer atau .NET Programmer.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa yang digunakan untuk membantu membuat situs web interaktif. Selain untuk membangun halaman web, bahasa ini juga dapat digunakan untuk membuat game.

Dengan berbekal keahlian ini, Anda bisa melamar berbagai pekerjaan teknologi, mulai dari Programmer, Developer, dan Data Analyst. Malah, ada perusahaan yang membuka lowongan kerja khusus JavaScript Engineer. Selain memiliki keahlian dalam Bahasa JavaSript yang mumpuni, kandidat juga diharapkan memahami perilaku dan kinerja browser.

Jadi, bekali diri dengan keahlian tersebut, maka Anda akan siap terjun ke dunia kerja. Semoga Anda mendapat pekerjaan di bidang teknologi yang diinginkan. –Qerja

Baca Juga: Lima Trend Teknologi Di Dunia Kerja Saat Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next